Dengan mengunjungi KLM.com, berarti Anda menerima penggunaan cookie. Baca lebih lanjut mengenai cookie.

Menggunakan voucher KLM Anda

Apakah Anda mendapatkan voucher KLM (dokumen 'EMD', 'TCV' atau 'TDC')? Sebagian voucher dapat Anda gunakan sebagai kredit untuk pemesanan penerbangan Anda selanjutnya dan/atau untuk membeli pilihan tambahan. Sebagian voucher dapat ditukar dengan uang tunai.

Voucher KLM: TDC, TCV, dan EMD

Jika Anda meminta kompensasi di KLM.com, atau jika perjalanan Anda tidak sesuai dengan yang Anda rencanakan, Anda bisa mendapatkan kompensasi dalam bentuk voucher KLM. Voucher tersebut bisa merupakan salah satu dari 3 jenis:

  • Sertifikat Diskon Perjalanan (TDC) atau Voucher Kredit Transportasi (TCV). Ini adalah voucher dalam bentuk kertas yang dapat digunakan sebagai kredit untuk pemesanan penerbangan. 
  • Voucher EMD adalah voucher elektronik yang Anda dapatkan melalui e-mail. Jika voucher EMD Anda menampilkan 'dapat dikembalikan', voucher Anda bisa ditukar dengan uang tunai. Jika voucher menampilkan 'tidak dapat dikembalikan', Anda dapat menggunakannya di KLM.com sebagai kredit untuk pemesanan penerbangan atau membeli pilihan tambahan.
 

Menggunakan voucher TDC atau TCV

Sertifikat Diskon Perjalanan (TDC) dan Voucher Kredit Perjalanan (TCV) dapat digunakan sebagai kredit ketika memesan penerbangan dengan nomor penerbangan KLM, AIR FRANCE atau Delta Air Lines.

Cara menggunakan voucher TDC atau TCV Anda
Hubungi kami melalui telepon untuk memesan penerbangan Anda setidaknya 10 hari sebelum keberangkatan, dan kirim voucher asli melalui surat tercatat ke KLM dalam 24 jam setelah pemesanan. Jika Anda mau, atau jika Anda ingin memesan dalam kurang dari 10 hari kerja sebelum keberangkatan, atau jika salah satu penerbangan Anda adalah dengan AIR FRANCE, Anda dapat membawa voucher asli ke kantor penjualan tiket KLM.

Untuk mencairkan voucher TDC atau TCV Anda, hubungi:


Apabila jumlah yang harus dibayar lebih tinggi dari kredit pada voucher TDC atau TCV Anda, Anda harus membayar sisanya. Apabila jumlah yang harus dibayar lebih rendah dari kredit pada voucher TDC atau TCV Anda, Anda akan mendapatkan voucher 'EMD' untuk sisa kreditnya.

Voucher TDC berlaku untuk 2 tahun setelah tanggal penerbitan, sementara voucher TCV berlaku untuk 1 tahun. Kedua voucher ini tidak dapat ditukarkan dengan uang. Anda tidak dapat mencairkan voucher TDC atau TCV Anda di agen perjalanan KLM atau di KLM.com.

Baca Syarat dan Ketentuan voucher TDC dan TCV

 

Menggunakan voucher EMD Anda

Anda dapat menukarkan voucher 'EMD' Anda di KLM.com:

  • Dengan uang tunai di rekening bank Anda – Jika dokumen Anda menyebutkan 'dapat dikembalikan’ (refundable).Tukar EMD Anda dengan uang tunai.
  • Ketika memesan penerbangan KLM, Delta Air Lines atau AIR FRANCE atau untuk membeli pilihan tambahan pada penerbangan KLM (seperti tempat duduk ekstra nyaman) – apabila voucher EMD Anda menyebutkan 'tidak dapat dikembalikan' (non-refundable). Untuk kredit yang tersisa, Anda akan mendapatkan voucher EMD baru.
    • Gunakan voucher EMD Anda untuk memesan penerbangan di KLM.com
    • Jika Anda sudah melakukan pemesanan: gunakan voucher EMD Anda untuk membeli pilihan tambahan untuk penerbangan KLM melalui Perjalanan Saya
    • Jika harga tiket - atau pilihan tambahan dan kredit di voucher EMD Anda memiliki mata uang yang berbeda, hubungi Pusat Layanan KLM

 

Baca Syarat dan Ketentuan voucher EMD

 
Kembali ke atas
  • www.airfrance.com
  • www.skyteam.com