Dengan mengunjungi KLM.com, berarti Anda menerima penggunaan cookie. Baca lebih lanjut mengenai cookie.

Informasi Penting Perjalanan

Bacalah dengan cermat informasi perjalanan berikut. Informasi ini direvisi pada bulan April 2013.

Persyaratan Umum Angkutan

Persyaratan Umum Angkutan KLM berlaku bagi penumpang yang bepergian dengan penerbangan atau sektor penerbangan tertentu, sesuai tiket yang menunjuk KLM sebagai pengangkutnya untuk penerbangan atau sektor penerbangan tertentu tersebut. Persyaratan Umum Angkutan KLM disediakan oleh KLM dan agen resminya secara gratis.

Bagasi

Bagasi jinjing
Masing-masing penumpang diizinkan membawa satu bagasi jinjing yang tidak lebih besar dari 55 x 25 x 35 cm (21,5 x 10 x 13,5 inci) (p x l x t). Bagasi jinjing Anda, termasuk aksesori, tidak boleh melebihi 12 kg (26 lbs). Penumpang Kelas Bisnis diizinkan membawa tas lain yang berukuran lebih kecil dari 45 x 20 x 35 cm (18 x 8 x 13,5 inci) (p x l x t). Bagasi jinjing Anda, termasuk aksesori, tidak boleh melebihi 18 kg (40 lbs).

Jika perjalanan Anda mencakup penerbangan dengan salah satu mitra regional KLM seperti KLM Cityhopper, kami dapat meminta Anda meletakkan bagasi jinjing di bagasi pesawat. Ini dikarenakan ruang bagasi yang terbatas pada pesawat lebih kecil yang dioperasikan oleh pengangkut ini.

Bagasi Check-in

Bagasi gratis per kelas perjalanan
Kelas Ekonomi pada: 
  • Penerbangan KLM antar benua
  • Penerbangan KLM dalam kawasan Eropa yang merupakan bagian dari perjalanan antar benua
  • Penerbangan KLM antara Eropa kontinental dan Italia, Rusia, Belarusia, Georgia, dan Ukraina
  • Tiket fleksibel sepenuhnya jenis Y dan B
Bagasi check in:
  • 1 koper* maks 23 kg / 50,5 lbs

Bagasi jinjing:

  • 1 tas**, dan
  • 1 aksesori, mis. sebuah tas jinjing atau laptop
  • Kombinasi maks 12 kg / 26 lbs
Kelas Ekonomi pada penerbangan KLM dalam kawasan Eropa, termasuk penerbangan KLM antara Eropa kontinental dan Aljazair, Israel, Maroko, dan Tunisia.

Pengecualian:

  • Penerbangan KLM menuju dan dari Belarusia, Georgia, Italia, Rusia, dan Ukraina
  • Tiket fleksibel sepenuhnya jenis Y dan B

Untuk penerbangan-penerbangan ini, lihat ‘Penerbangan Antarbenua’ di atas.

Hanya bagasi jinjing:

  • 1 tas**, dan
  • 1 aksesori, mis. sebuah tas jinjing atau laptop
  • Kombinasi maks 12 kg / 26 lbs

Memesan penerbangan?  Bawa sebuah koper (hingga 23 kg) dengan membayar EUR 15 (harga di bandara: EUR 30).

Kelas Bisnis pada penerbangan KLM

Bagasi check in:

  • 2 koper*
  • Masing-masing maks 32 kg / 70,5 lbs

Bagasi jinjing:

  • 1 tas**, dan
  • 1 tas kecil***, dan
  • 1 aksesori, mis. sebuah tas jinjing atau laptop
  • Kombinasi maks 18 kg / 40 lbs

Jika Anda membeli upgrade kelas pada saat check in atau di mesin layanan mandiri, kelonggaran bagasi awal tetap berlaku.

Ukuran
* Tiap koper berukuran maks 158 cm / 62 inci (p + l + t).
** Sebuah bagasi jinjing berukuran maks 55 x 25 x 35 cm / 21,5 x 10 x 13,5 inci (p x l x t).
*** Pada Kelas Bisnis Anda boleh membawa sebuah bagasi jinjing lain yang lebih kecil dengan ukuran maks 45 x 20 x 35 cm / 18 x 8 x 13,5 inci (p x l x t).

Mohon diperhatikan: para mitra kami mungkin memiliki ketentuan bagasi yang berbeda. Jika (sebagian) perjalanan Anda bersama maskapai lain, harap baca ketentuan bagasi mereka.


 


Baca selanjutnya tentang bagasi check-in

Layanan Khusus

Atas permintaan dan jika memungkinkan, KLM dengan senang hati akan menyediakan bagi Anda layanan khusus di atas pesawat yang mencakup hidangan khusus (hanya penerbangan antarbenua), perawatan bayi dan perjalanan hewan piaraan. Layanan ini harus diminta setidaknya 36 jam sebelum keberangkatan. Penumpang Kelas Bisnis dan Kelas Ekonomi antarbenua juga dapat melakukan reservasi tempat duduk pilihan mereka ketika mereka memesan penerbangan.

Check-in, konfirmasi ulang dan pembatalan

Waktu check-in
Penumpang harus berada di lokasi check-in KLM dan pintu keberangkatan selambat-lambatnya pada waktu yang diberitahukan oleh KLM. Waktu check-in berbeda-beda di setiap bandara. Perjalanan Anda akan menjadi lebih lancar jika Anda menyediakan cukup waktu untuk check-in. Jika penumpang tidak melakukan check-in atau tidak berada tepat waktu di lokasi check in atau pintu keberangkatan, KLM berhak untuk membatalkan tempat yang dipesan untuk penumpang tersebut. Waktu check in KLM dapat dilihat dan diunduh dari www.klm.com

Lihat waktu check-in dan penurunan bagasi

Konfirmasi Ulang / Reservasi
Anda tidak perlu mengkonfirmasi ulang penerbangan KLM Anda. Akan tetapi, maskapai lain mungkin mengharuskan Anda melakukan konfirmasi ulang reservasi lanjutan atau penerbangan kembali ketika Anda menjeda perjalanan selama lebih dari 72 jam. Oleh karena itu, kami menyarankan agar Anda menghubungi kantor maskapai terdekat dari pengangkut tersebut yang memegang reservasi Anda. Ini harus dilakukan setidaknya 72 jam sebelum keberangkatan.

Perubahan rencana perjalanan Anda
Jika terdapat perubahan rencana perjalanan Anda, harap beri tahu agen perjalanan atau kantor KLM tentang perubahan tersebut. Jika tidak melakukannya, seluruh reservasi selanjutnya dan/atau kembali yang telah dilakukan untuk Anda dapat dibatalkan.

Pajak, biaya dan beban
Segala pajak, biaya, dan/atau beban yang dikenakan oleh pemerintah atau pemerintah kota atau otoritas lain, atau oleh operator bandara, atau oleh KLM berkenaan dengan penumpang atau penggunaan oleh penumpang atas segala layanan atau fasilitas akan dikenakan, selain tarif dan beban yang berlaku dan harus dibayar oleh penumpang selama belum termasuk tarif, bahkan setelah tiket dikeluarkan dan/atau setelah penumpang membayar tarif tiket. Jika Anda ingin membatalkan tiket, Anda dapat meminta pengembalian uang pajak bandara. Beban yang diberi kode OA dan OB tidak dapat dikembalikan. Biaya tambahan bahan bakar yang diberi kode YR dan/atau YQ akan dikembalikan hanya jika melibatkan penerbangan dengan tarif yang dapat dikembalikan.

Boarding yang ditolak, pembatalan dan penundaan

KLM mengambil segala tindakan yang diperlukan untuk menghindari penundaan, pembatalan atau boarding yang ditolak. Akan tetapi, dalam hal Anda ditolak boarding, atau penerbangan Anda dibatalkan atau ditunda selama minimum dua jam, KLM menawarkan kompensasi dan bantuan sesuai keadaan. Untuk informasi lebih lanjut tentang persyaratan terkait kompensasi dan/atau bantuan penerbangan yang berangkat dari negara-negara Uni Eropa, bacalah leaflet “Kompensasi dan Bantuan(PDF, 125KB) (PDF, 176KB)”. Informasi juga dapat diperoleh di Persyaratan Umum Angkutan KLM.

Informasi bagi penumpang internasional tentang pembatasan tanggung jawab

Kepada penumpang pada perjalanan yang melibatkan tujuan akhir atau pemberhentian di negara selain negara asal, diberitahukan bahwa ketentuan pakta yang dikenal sebagai Konvensi Warsawa (Warsaw Convention) dapat diberlakukan pada seluruh perjalanan, termasuk setiap bagian yang secara keseluruhan dalam negara asal atau tujuan. Bagi penumpang dengan perjalanan ke, dari, atau dengan tempat pemberhentian yang disetujui di Amerika Serikat, Konvensi dan kontrak khusus pengangkutan yang dilekatkan pada tarif yang berlaku menetapkan bahwa pertanggungjawaban dari pengangkut tertentu, yang merupakan salah satu pihak dari kontrak khusus tersebut, untuk kematian atau cedera pribadi pada penumpang dibatasi pada sebagian besar kasus bagi kerugian yang dibuktikan tidak melebihi US$ 75.000 per penumpang, dan bahwa pertanggungjawaban sampai batas tersebut tidak bergantung pada kelalaian di pihak pengangkut. Bagi penumpang yang bepergian dengan pengangkut yang bukan pihak pada kontrak khusus tersebut atau pada perjalanan yang tidak ke, dari, atau memiliki tempat pemberhentian yang disetujui di Amerika Serikat, pertanggungjawaban pengangkut bagi kematian atau cedera pribadi pada penumpang dibatasi dalam sebagian besar kasus sampai sekitar US$ 10.000 atau US$ 20.000.
Nama pengangkut, para pihak dari kontrak khusus itu, tersedia di semua kantor tiket pengangkut itu dan dapat diperiksa berdasarkan permintaan.
Perlindungan tambahan biasanya dapat diperoleh dengan membeli asuransi dari perusahaan swasta. Asuransi tersebut tidak dipengaruhi oleh batasan pertanggungjawaban pengangkut menurut Konvensi Warsawa (Warsaw Convention) atau kontrak khusus pengangkutan tersebut. Untuk informasi selanjutnya, harap menghubungi maskapai penerbangan atau perwakilan perusahaan asuransi Anda.
Catatan: Batas pertanggungjawaban US$ 75.000 di atas sudah termasuk biaya dan ongkos hukum, kecuali dalam hal klaim yang dibawa ke suatu negara bagian di mana ketentuan dibuat untuk pemberian biaya dan ogkos hukum terpisah, maka batas tersebut adalah sebesar US$ 58.000 tidak termasuk biaya dan ongkos hukum. Note: The limit of liability of US$ 75,000.00 above is inclusive of legal fees and costs except that in case of a claim brought in a state where provision is made for separate award of legal fees and costs, the limit shall be the sum of US$ 58,000.00 exclusive of legal fees and costs.
Ini adalah Pemberitahuan yang diwajibkan oleh Ketentuan (Order) 69-2-65 dari DOT A.S. Ini tidak mencerminkan ketentuan Konvensi Montreal (Montreal Convention) 1999 yang mungkin berlaku bagi perjalanan Anda. Keakuratan dari isinya tidak dapat ditegaskan.

Tanpa mengabaikan ketentuan sebelumnya, penumpang dapat tunduk pada aturan pertanggungjawaban yang lebih menyenangkan. Batas pertanggungjawaban yang berlaku bagi perjalanan Anda pada sebuah penerbangan yang dioperasikan oleh KLM adalah sebagai berikut:

  1. Tidak ada batasan finansial dalam hal kematian atau cedera badan penumpang dan KLM dapat melakukan pembayaran di muka, sesuai kerugian yang diderita, untuk memenuhi kebutuhan ekonomi saat itu dari orang yang berhak untuk mengklaim kompensasi;
  2. Dalam hal kerusakan, kehilangan, kerugian pada atau penundaan dalam menerima bagasi, pertanggungjawaban KLM dibatasi sampai 1.131 Hak Penarikan Khusus (sekitar EUR 1.230) untuk kerugian yang dibuktikan. Jika nilai bagasi Anda melebihi batas ini, harap membuat pernyataan nilai untuk bagasi yang diperiksa yang melebihi batas pertanggungjawaban yang berlaku pada saat check-in atau pastikan bahwa bagasi Anda mendapat asuransi penuh sebelum perjalanan;
  3. Dalam hal kerugian yang terjadi karena penundaan pengangkutan, pertanggungjawaban KLM dibatasi sampai 4.694 Hak Penarikan Khusus (sekitar EUR 5.100) untuk kehilangan dan biaya yang dibuktikan.

Jika perjalanan juga melibatkan pengangkutan oleh maskapai lain, Anda harus menghubungi mereka untuk mendapatkan informasi tentang batas pertanggungjawaban mereka.

Pemberitahuan ini sesuai dengan persyaratan Regulasi Masyarakat Eropa (European Community Regulation) (EC) No. 889/2002.

Tanggung jawab angkutan udara bagi penumbang dan bagasi mereka

Penyangkalan/Disclaimer:
Ini adalah pemberitahuan yang diwajibkan oleh Regulasi Masyarakat Eropa (European Community Regulation (EC)) No. 889/2002. Pemberitahuan ini tidak dapat digunakan sebagai dasar bagi klaim untuk kompensasi atau untuk menafsirkan ketentuan Regulasi atau Konvensi Montreal (Montreal Convention) dan bukan merupakan bagian kontrak antara pengangkut dan Anda.

Pemberitahuan ini tidak akurat dalam menyatakan bahwa untuk kerugian hingga SDR 113.100 angkutan udara tidak dapat menyanggah klaim kompensasi. Berdasarkan regulasi dan Konvensi Montreal (Montreal Convention), penerapannya adalah sebagai berikut: untuk kerugian hingga SDR 113.100 berkenaan dengan kematian atau cedera tubuh yang disebabkan oleh kecelakaan di pesawat terbang atau naik ke pesawat terbang atau turun dari pesawat terbang, pengangkut tidak boleh mengecualikan atau membatasi pertanggungjawabannya kecuali jika terdapat kelalaian yang berperan. Selain itu, batas pertanggungjawaban angkutan udara untuk penundaan bagasi, kerusakan, kehilangan atau kerugian pada bagasi adalah SDR 1.131 secara keseluruhan untuk kerugian dan biaya yang dibuktikan, kecuali bila penumpang telah memberikan pernyataan khusus tentang nilai yang lebih tinggi pada saat check-in atau telah membeli asuransi tambahan.

Tanggung jawab angkutan udara bagi penumpang dan bagasi mereka
Pemberitahuan informasi ini adalah ringkasan dari aturan pertanggungjawaban yang diterapkan oleh angkutan udara Masyarakat seperti yang diwajibkan oleh legislasi Masyarakat dan Konvensi Montreal (Montreal Convention).

Kompensasi dalam hal terjadinya kematian atau cedera 
Tidak ada batasan keuangan bagi pertanggungjawaban atas cedera atau kematian pada penumpang. Untuk kerugian hingga SDR 113.100 (sekitar EUR 123.000), angkutan udara tidak dapat menyanggah klaim kompensasi. Di atas jumlah tersebut, angkutan udara dapat membela diri terhadap klaim dengan membuktikan bahwa pihaknya tidak ceroboh atau lalai.

Pembayaran di muka
Jika seorang penumpang meninggal dunia atau cedera, angkutan udara harus melakukan pembayaran di muka untuk mencakup kebutuhan ekonomi saat itu, dalam waktu 15 hari sejak identifikasi orang yang berhak atas kompensasi. Dalam hal terjadi kematian, pembayaran di muka ini tidak boleh kurang dari SDR 16.000 (sekitar EUR 20.000).

Penundaan penumpang
Dalam hal terjadi penundaan penumpang, angkutan udara tersebut bertanggung jawab atas kerugian kecuali bila telah melakukan segala upaya yang layak untuk menghindari kerugian atau jika mustahil untuk melakukan tindakan tersebut.
Pertanggungjawaban bagi penundaan penumpang dibatasi sampai SDR 4.694 (sekitar EUR 5.100).

Penundaan bagasi
Dalam hal terjadi penundaan bagasi, angkutan udara tersebut bertanggung jawab atas kerugian kecuali bila telah melakukan segala upaya yang layak untuk menghindari kerugian atau jika mustahil untuk melakukan tindakan tersebut. Pertanggungjawaban bagi penundaan bagasi dibatasi sampai SDR 1.131 (sekitar EUR 1.230).

Kerusakan, kehilangan atau kerugian pada bagasi
Angkutan udara bertanggung jawab atas kerusakan, kehilangan atau kerugian pada bagasi sampai SDR 1.131 (sekitar EUR 1.230). Dalam hal bagasi diperiksa, angkutan udara bertanggung jawab meskipun tidak ada kelalaian, kecuali jika bagasi memang cacat. Dalam hal bagasi tidak diperiksa, pengangkut hanya bertanggung jawab jika terjadi kelalaian.

Batasan yang lebih tinggi untuk bagasi
Penumpang dapat memanfaatkan batas pertanggungjawaban yang lebih tinggi dengan memberikan pernyataan khusus selambat-lambatnya pada saat check-in dan dengan membayar biaya tambahan.

Keluhan tentang bagasi
Jika bagasi rusak, tertunda, hilang atau hancur, penumpang harus melaporkan secara tertulis dan mengadukan hal ini kepada pengangkut udara sesegera mungkin. Dalam hal kerusakan pada bagasi yang sudah diperiksa, penumpang harus membuat laporan tertulis dan mengadukan ini dalam jangka waktu tujuh hari dan dalam hal penundaan 21 hari, dalam kedua kasus tersebut dihitung sejak tanggal bagasi ditempatkan di tempat pengambilan barang.

Pertanggungjawaban pengangkut kontrak dan aktual
Jika pengangkut yang secara aktual melakukan penerbangan berbeda dengan angkutan udara kontrak, penumpang berhak untuk menyampaikan komplain atau mengajukan klaim atas kerugian terhadap salah satu pihak. Jika nama atau kode angkutan udara disebutkan di tiket, angkutan udara itu merupakan angkutan udara kontrak.

Batas waktu tindakan
Setiap tindakan di pengadilan untuk mengklaim kerugian harus dilakukan dalam jangka waktu dua tahun sejak tanggal kedatangan pesawat terbang, atau sejak tanggal ketika pesawat terbang seharusnya telah tiba.

Dasar informasi
Dasar untuk peraturan yang diuraikan di atas adalah Konvensi Montreal 28 Mei 1999 (Montreal Convention of 28 May 1999), yang diwujudkan di dalam Masyarakat dengan Regulasi (Community by Regulation (EC)) No. 2027/97 (sebagaimana diamandemen oleh Regulasi (Regulation) (EC) No. 889/2002) dan legislasi nasional Negara-negara Anggota.

Keselamatan dimulai di rumah

Untuk alasan keselamatan, Anda dilarang membawa barang-barang berbahaya seperti:

  • Bahan peledak *
  • Gas yang dimampatkan (termasuk aerosol)
  • Zat dengan isi oksigen tinggi, misalnya peroksida dan bubuk pemutih
  • Cairan mudah terbakar
  • Zat korosif
  • Bahan oksidasi
  • Bahan radioaktif
  • Magnet
  • Bahan yang mudah terbakar, zat beracun, ofensif atau menyebabkan iritasi.


* Amunisi untuk tujuan olahraga hanya boleh dibawa dengan izin sebelumnya dari Pengangkut.

Dilarang membawa senjata api apa pun, replika senjata, pisau belati, pisau lipat, senjata lancip/tajam, benda tajam, alat tumpul, korek api dan benda lain yang terlihat ofensif pada diri Anda atau di dalam bagasi jinjing.

Lihat seluruh daftar barang-barang terlarang

Pengangkut boleh melarang atau membatasi pengoperasian alat elektronik di dalam pesawat (seperti telepon seluler, laptop, perekam dan radio portabel, pemutar CD, permainan elektronik atau alat transmisi, termasuk mainan radio kontrol dan walkie-talkie). Harap ikuti dengan cermat petunjuk Pengangkut selama di dalam pesawat!

Informasi lebih lanjut tersedia berdasarkan permintaan.
Hubungi kami

Kembali ke atas
  • www.airfrance.com
  • www.skyteam.com