Informasi Perjalanan Penting

Silakan baca informasi perjalanan di bawah ini dengan teliti. Informasi ini direvisi pada April 2013.

Persyaratan Umum Pengangkutan

Ketentuan Umum Pengangkutan KLM berlaku untuk semua penumpang yang bepergian menggunakan penerbangan atau bidang penerbangan tertentu, sesuai dengan tiket di mana KLM merupakan pengangkut untuk penerbangan atau bidang penerbangan tertentu tersebut. Ketentuan Umum Pengangkutan KLM dapat diperoleh dari KLM dan agen berwenangnya secara gratis.

Baca Ketentuan Umum Angkutan

Bagasi

Bagasi jinjing Anda
Setiap penumpang diizinkan untuk membawa satu bagasi jinjing berukuran tidak lebih besar dari 55 x 25 x 35 cm (21,5 x 10 x 13,5 inci) (p x l x t). Bagasi jinjing Anda, termasuk aksesori, tidak boleh melebihi 12 kg (26 lbs). Penumpang Kelas Bisnis diizinkan untuk membawa tas tambahan yang berukuran lebih kecil dari 45 x 20 x 35 cm (18 x 8 x 13,5 inci) (p x l x t). Bagasi jinjing Anda, termasuk aksesori, tidak boleh melebihi 18 kg (40 lbs).

Apabila perjalanan Anda meliputi penerbangan pada salah satu mitra regional KLM seperti KLM Cityhopper, kami dapat meminta Anda untuk meletakkan bagasi di tempat penyimpanan. Hal ini dikarenakan ruang penyimpanan yang terbatas pada pesawat yang lebih kecil, yang dioperasikan oleh pengangkut ini.

Bagasi check in Anda

Bagasi gratis per kelas perjalanan
Kelas Ekonomi pada: 
  • Penerbangan KLM antarbenua
  • Penerbangan KLM dalam kawasan Eropa yang merupakan bagian dari perjalanan antarbenua
  • Penerbangan KLM antara Eropa kontinental dan Armenia, Belarusia, Georgia, Italia (kecuali Florence, Bologna, Turin, dan Venesia), Rusia, dan Ukraina
  • Tiket fleksibel sepenuhnya tipe Y & B, dan M jika dipesan pada atau setelah 28 Januari dengan keberangkatan pada atau setelah 1 April 2015
Bagasi check in:
  • 1 koper* maks. 23 kg / 50 lb

Bagasi jinjing:

  • 1 tas**, dan
  • 1 aksesori, mis. tas jinjing atau laptop
  • Digabungkan maks. 12 kg / 26 lb
Kelas Ekonomi pada penerbangan KLM dalam kawasan Eropa, termasuk penerbangan KLM antara Eropa kontinental dan Aljazair, Israel, Maroko, dan Tunisia.

Pengecualian

  • Penerbangan KLM menuju dan dari Armenia, Belarusia, Georgia, Italia (kecuali Florence, Bologna, Turin, dan Venesia), Rusia, dan Ukraina
  • Tiket tipe Y & B, dan M sepenuhnya fleksibel jika dipesan pada atau setelah 28 Januari dengan tanggal keberangkatan pada atau setelah 1 April 2015

Untuk penerbangan-penerbangan ini, lihat ‘Penerbangan antarbenua’ di atas.

Hanya bagasi jinjing:

  • 1 tas**, dan
  • 1 aksesori, mis. tas jinjing atau laptop
  • Digabungkan maks. 12 kg / 26 lb

Memesan penerbangan? Tambahkan sebuah koper (hingga 23 kg / 50 lb) dengan membayar EUR 15 di KLM.com (harga di bandara: EUR 30).

Kelas Bisnis pada penerbangan KLM

Bagasi check in:

  • 2 koper*
  • Masing-masing maks. 32 kg / 70,5 lb

Bagasi jinjing:

  • 1 tas**, dan
  • 1 tas kecil***, dan
  • 1 aksesori, mis. tas jinjing atau laptop
  • Kombinasi maks 18 kg / 40 lbs

Jika Anda naik kelas ke Kelas Bisnis pada saat check in atau di kios, bagasi yang awalnya diperbolehkan pada tiket asal Anda tetap berlaku.

Ukuran
* Tiap koper berukuran maks. 158 cm / 62 inci (p + l + t).
** Sebuah bagasi jinjing berukuran maks. 55 x 25 x 35 cm / 21,5 x 10 x 13,5 inci (p x l x t).
*** Pada Kelas Bisnis Anda boleh membawa bagasi jinjing kedua yang lebih kecil dengan ukuran maks. 45 x 20 x 35 cm / 18 x 8 x 13,5 inci (p x l x t).

Harap diperhatikan:para mitra kami mungkin memiliki ketentuan bagasi yang berbeda. Jika (sebagian) perjalanan Anda bersama maskapai lain, harap baca ketentuan bagasi mereka.


Baca lebih lanjut tentang bagasi check in

Layanan Khusus

Sesuai permintaan dan kapan pun memungkinkan, KLM dengan senang hati menyediakan layanan khusus di atas pesawat yang meliputi makanan spesial (hanya penerbangan antarbenua), perawatan bayi, dan perjalanan untuk hewan peliharaan. Semua layanan ini harus diminta setidaknya 36 jam sebelum keberangkatan. Penumpang di Kelas Bisnis dan Kelas Ekonomi antarbenua juga dapat memesan tempat duduk pilihan mereka saat memesan penerbangan.

Check in, konfirmasi ulang, dan pembatalan

Waktu check in
Penumpang harus hadir di lokasi check in KLM dan pintu keberangkatan sebelum waktu yang ditentukan oleh KLM. Waktu check in berbeda di setiap bandara. Perjalanan Anda akan lebih lancar jika menyediakan waktu yang cukup untuk check in. Jika penumpang gagal melakukan check in atau hadir tepat waktu di lokasi check in atau pintu keberangkatan, KLM berhak untuk membatalkan tempat yang sudah dipesan penumpang. Waktu check in KLM dapat dilihat dan diunduh dari www.klm.com

Lihat waktu check in dan memasukkan bagasi drop-off

Konfirmasi Ulang / Reservasi
Tidak perlu mengonfirmasi ulang penerbangan KLM Anda. Akan tetapi, maskapai lainnya mungkin mengharuskan Anda untuk mengonfirmasi ulang reservasi penerbangan lanjutan atau kembali saat Anda membagi perjalanan Anda selama lebih dari 72 jam. Dengan demikian, kami menyarankan Anda untuk menghubungi kantor terdekat maskapai tersebut tempat Anda melakukan reservasi. Ini harus dilakukan setidaknya 72 jam sebelum keberangkatan.

Perubahan rencana perjalanan Anda
Jika ada perubahan dalam rencana perjalanan Anda, harap informasikan perubahan tersebut kepada agen perjalanan atau kantor KLM. Tidak melakukannya dapat menyebabkan pembatalan semua reservasi lanjutan dan/atau kembali yang telah dilakukan untuk Anda.

Pajak, biaya, dan biaya tambahan
Pajak, biaya, dan/atau biaya tambahan apa pun yang diberlakukan oleh pemerintah atau kota atau otoritas lainnya, atau oleh operator bandara, atau oleh KLM terkait penumpang atau penggunaan layanan atau fasilitas apa pun oleh penumpang, akan ditambahkan pada biaya dan biaya tambahan yang berlaku dan harus dibayarkan oleh penumpang apabila belum dimasukkan dalam tarif, bahkan setelah tiket diterbitkan dan/atau penumpang membayar tarif tiket.
Jika ingin membatalkan tiket, Anda dapat meminta pengembalian uang pajak bandara. Pengembalian uang untuk biaya berkode OA dan OB tidak memungkinkan. Pengembalian uang untuk biaya tambahan internasional berkode YR dan/atau YQ hanya akan diberikan jika biaya ini termasuk dalam penerbangan dengan tarif yang dapat dikembalikan.

Perubahan dan pembatalan tiket dapat dikenakan biaya administrasi.

Penolakan naik pesawat, pembatalan, dan penundaan

KLM mengambil semua langkah pencegahan yang dibutuhkan untuk menghindari penundaan, pembatalan, atau penolakan naik pesawat. Tetapi, jika Anda mengalami penolakan naik pesawat atau penerbangan Anda dibatalkan atau ditunda selama minimal dua jam, KLM akan menawarkan kompensasi dan bantuan, bergantung pada situasi tertentu. Untuk informasi lebih lanjut mengenai ketentuan terkait kompensasi dan/atau bantuan dalam penerbangan yang berangkat dari negara-negara UE, lihat isi selebaran “Kompensasi dan Bantuan”. Informasi juga dapat ditemukan di dalam Ketentuan Umum Pengangkutan KLM.

Saran untuk penumpang internasional mengenai batasan tanggung jawab

Diinformasikan kepada penumpang yang melakukan perjalanan dengan tujuan utama atau pemberhentian di sebuah negara yang bukan negara asalnya, bahwa ketentuan perjanjian yang dikenal sebagai Konvensi Warsawa dapat berlaku untuk seluruh perjalanan, termasuk sebagian atau seluruh bagian dari negara asal atau tujuan. Untuk penumpang yang melakukan perjalanan ke, dari, atau dengan tempat pemberhentian yang disetujui di Amerika Serikat, Konvensi dan kontrak pengangkutan khusus yang tercakup dalam tarif yang berlaku menyatakan bahwa tanggung jawab pengangkut tertentu, para pihak dari kontrak khusus tersebut, untuk kematian atau cedera diri pada penumpang dibatasi dalam sebagian besar kasus dengan kerusakan yang terbukti tidak melebihi US$ 75.000,00 per penumpang, dan bahwa tanggung jawab ini hingga batasan tersebut tidak bergantung pada kelalaian dari pihak pengangkut. Untuk penumpang yang bepergian dengan pengangkut yang bukan merupakan pihak dari kontrak khusus tersebut atau tidak melakukan perjalanan ke, dari, atau memiliki tempat pemberhentian yang disetujui di Amerika Serikat, tanggung jawab pengangkut untuk kematian atau cedera diri pada penumpang dibatasi dalam sebagian besar kasus hingga sekitar US$ 10.000,00 atau US$ 20.000,00.
Nama pengangkut, para pihak dari kontrak khusus tersebut, tersedia di semua kantor tiket dari pengangkut yang bersangkutan dan dapat diperiksa sesuai permintaan.
Perlindungan tambahan biasanya dapat diperoleh dengan membeli asuransi dari perusahaan swasta. Asuransi ini tidak terpengaruh oleh semua batasan tanggung jawab pengangkut menurut Konvensi Warsawa atau kontrak pengangkutan khusus tersebut. Untuk informasi lebih lanjut, tanyakan pada perwakilan maskapai atau perusahaan asuransi Anda.
Catatan: Batasan tanggung jawab sebesar US$ 75.000,00 di atas sudah termasuk tarif dan biaya hukum, kecuali dalam hal klaim yang diajukan di sebuah negara dengan ketentuan penetapan tarif dan biaya hukum terpisah, maka tanggung jawab tersebut adalah sebesar US$ 58.000,00 tidak termasuk tarif dan biaya hukum.
Ini adalah Pemberitahuan yang diwajibkan menurut Order 69-2-65 Departemen Transportasi AS. Hal ini tidak mencerminkan ketentuan dari Konvensi Montreal 1999 yang mungkin berlaku untuk perjalanan Anda. Tidak ada pernyataan yang disampaikan terkait keakuratan kontennya.

Meskipun demikian, penumpang dapat dikenakan regulasi tanggung jawab yang lebih menguntungkan. Batasan tanggung jawab yang berlaku untuk perjalanan Anda dalam penerbangan yang dioperasikan oleh KLM adalah sebagai berikut:

  1. Tidak ada batasan finansial untuk kematian atau cedera tubuh pada penumpang dan KLM dapat melakukan pembayaran di muka sesuai dengan kerugian yang diderita, untuk memenuhi kebutuhan ekonomi mendesak dan mendasar orang yang berhak mengklaim kompensasi;
  2. Dalam hal kerusakan, kehilangan, kerugian pada, atau penundaan dalam menerima bagasi, pertanggungjawaban KLM dibatasi sampai 1.131 Hak Penarikan Khusus (sekitar EUR 1.230) untuk kerugian yang terbukti. Jika nilai bagasi Anda melebihi batas ini, harap membuat pernyataan nilai untuk bagasi yang diperiksa yang melebihi batas pertanggungjawaban yang berlaku pada saat check-in atau pastikan bahwa bagasi Anda diasuransikan sepenuhnya sebelum perjalanan;
  3. Dalam hal kerugian yang terjadi karena penundaan pengangkutan udara, pertanggungjawaban KLM dibatasi sampai 4.694 Hak Penarikan Khusus (sekitar EUR 5.100) untuk kehilangan dan biaya yang terbukti.

Jika perjalanan juga melibatkan pengangkutan oleh maskapai lain, Anda harus menghubungi mereka untuk mendapatkan informasi tentang batas pertanggungjawaban mereka.

Pemberitahuan ini sesuai dengan persyaratan Regulasi Komunitas Eropa (European Community Regulation/ EC) No. 889/2002.

Tanggung jawab pengangkut udara untuk penumpang dan bagasi mereka

Disclaimer:
Ini adalah pemberitahuan yang diwajibkan oleh Regulasi Komunitas Eropa (European Community Regulation/ EC) No. 889/2002. Pemberitahuan ini tidak dapat digunakan sebagai dasar untuk klaim kompensasi maupun menginterpretasikan ketentuan dari Regulasi atau Konvensi Montreal, dan tidak merupakan bagian dari kontrak antara pengangkut dan Anda.

Pemberitahuan ini tidak akurat dalam pernyataan bahwa untuk kerusakan hingga 113.100 Hak Penarikan Khusus, pengangkut udara tidak dapat menggugat klaim untuk kompensasi. Menurut Regulasi dan Konvensi Montreal, posisi pengangkut adalah sebagai berikut: untuk kerusakan hingga 113.100 Hak Penarikan Khusus terkait kematian atau cedera tubuh yang disebabkan oleh kecelakaan di atas pesawat atau selama lepas landas atau pendaratan, pengangkut tidak dapat mengecualikan atau membatasi tanggung jawabnya, kecuali jika ada kelalaian kontributif. Selain itu, total batasan tanggung jawab pengangkut udara untuk penundaan, kerusakan, kehilangan, atau kerugian bagasi adalah sebesar 1.131 Hak Penarikan Khusus untuk kerugian dan biaya yang terbukti, kecuali penumpang membuat pernyataan khusus mengenai nilai yang lebih tinggi saat check in atau membeli asuransi tambahan.

Tanggung jawab pengangkut udara untuk penumpang dan bagasi mereka
Pemberitahuan informasi ini meringkas peraturan tanggung jawab yang diterapkan oleh pengangkut udara UE sebagaimana yang diwajibkan oleh Hukum UE dan Konvensi Montreal.

Kompensasi dalam hal kematian atau cedera 
Tidak ada batasan finansial untuk tanggung jawab atas cedera atau kematian penumpang. Untuk kerusakan hingga 113.100 Hak Penarikan Khusus (sekitar EUR 123.000), pengangkut udara tidak dapat menggugat klaim untuk kompensasi. Jika melebihi jumlah tersebut, pengangkut udara dapat membela diri terhadap klaim dengan membuktikan bahwa pengangkut tidak lalai atau melakukan kesalahan.

Pembayaran di muka 
Jika penumpang terbunuh atau terluka, pengangkut udara harus melakukan pembayaran di muka untuk menutup kebutuhan ekonomi mendesak dalam waktu 15 hari sejak identifikasi orang yang berhak atas kompensasi. Jika terjadi kematian, pembayaran di muka ini tidak boleh kurang dari 16.000 Hak Penarikan Khusus (sekitar EUR 20.000).

Penundaan penumpang 
Dalam hal penundaan penumpang, pengangkut udara bertanggung jawab atas kerusakan, kecuali pengangkut udara sudah mengambil semua langkah sewajarnya untuk menghindari kerusakan atau tidak memungkinkan bagi mereka untuk mengambil langkah tersebut.
Tanggung jawab atas penundaan penumpang dibatasi hingga 4.694 Hak Penarikan Khusus (sekitar EUR 5.100).

Penundaan bagasi 
Dalam hal penundaan bagasi, pengangkut udara bertanggung jawab atas kerusakan, kecuali pengangkut udara sudah mengambil semua langkah sewajarnya untuk menghindari kerusakan atau tidak memungkinkan bagi mereka untuk mengambil langkah tersebut. Tanggung jawab atas penundaan bagasi dibatasi hingga 1.131 Hak Penarikan Khusus (sekitar EUR 1.230).

Kerusakan, kehilangan, atau kerugian pada bagasi 
Pengangkut udara bertanggung jawab atas kerusakan, kehilangan, atau kerugian pada bagasi hingga 1.131 Hak Penarikan Khusus (sekitar EUR 1.230). Dalam hal bagasi yang diperiksa, pengangkut bertanggung jawab, meskipun tidak melakukan kesalahan, kecuali bagasi memang rusak. Dalam hal bagasi yang tidak diperiksa, pengangkut hanya bertanggung jawab jika melakukan kesalahan.

Batasan lebih tinggi untuk bagasi 
Penumpang dapat memanfaatkan batasan tanggung jawab yang lebih tinggi dengan membuat pernyataan khusus selambat-lambatnya saat check in dan dengan membayar biaya tambahan.

Keluhan bagasi 
Jika bagasi mengalami kerusakan, tertunda, hilang, atau hancur, penumpang harus menulis dan mengajukan keluhan kepada pengangkut udara sesegera mungkin. Dalam hal kerusakan pada bagasi yang diperiksa, penumpang harus menulis dan mengajukan keluhan dalam waktu tujuh hari, dan dalam hal penundaan dalam waktu 21 hari, untuk kedua kasus sejak tanggal bagasi diserahkan kepada penumpang.

Tanggung jawab pengangkut menurut kontrak dan sesungguhnya 
Jika pengangkut udara yang melakukan penerbangan sesungguhnya tidak sama dengan pengangkut udara menurut kontrak, penumpang berhak untuk menyampaikan keluhan atau meminta klaim atas kerusakan kepada keduanya. Jika nama atau kode pengangkut udara tertera pada tiket, maka pengangkut udara tersebut merupakan pengangkut udara menurut kontrak.

Batas waktu untuk tindakan 
Tindakan apa pun di pengadilan untuk mengklaim kerusakan harus diajukan dalam waktu dua tahun sejak tanggal kedatangan pesawat atau sejak tanggal pesawat seharusnya tiba.

Dasar informasi 
Dasar peraturan yang diuraikan di atas adalah Konvensi Montreal tanggal 28 Mei 1999 yang dilaksanakan di UE menurut Regulasi (EC) No. 2027/97 (sebagaimana telah diubah oleh Regulasi (EC) No. 889/2002) dan perundang-undangan nasional Negara Anggota.

Keselamatan berawal dari diri Anda

Untuk alasan keamanan, Anda dilarang membawa barang-barang berbahaya seperti:

  • Bahan peledak *
  • Gas bertekanan (termasuk aerosol)
  • Zat-zat dengan kandungan oksigen tinggi, seperti peroksida dan bubuk pemutih
  • Cairan yang mudah terbakar
  • Zat korosif
  • Bahan pengoksidasi
  • Bahan radioaktif
  • Magnet
  • Bahan yang mudah terbakar, beracun, mengandung zat yang menusuk hidung atau mengiritasi.

* Amunisi untuk tujuan olahraga hanya dapat dibawa ke dalam Pengangkut setelah diizinkan.

Anda dilarang membawa senjata api apa pun, replika senjata, pisau belati, pisau lipat, senjata tajam/lancip, benda tajam, alat tumpul, pemantik api, dan barang-barang berbahaya lainnya di dalam bagasi pribadi atau jinjing Anda.

Lihat daftar lengkap barang-barang terlarang

Pengangkut dapat melarang atau membatasi pengoperasian peralatan elektronik (seperti telepon seluler, laptop, perekam portabel dan radio, pemutar CD, permainan elektronik, atau perangkat pemancar, termasuk permainan yang dikendalikan remote control dan walkie talkie) di atas pesawat. Harap patuhi instruksi Pengangkut di atas pesawat dengan cermat!

Informasi lebih lanjut tersedia sesuai permintaan.
Hubungi kami