Dengan mengunjungi KLM.com, berarti Anda menerima penggunaan cookie. Baca lebih lanjut mengenai cookie.

Metode pembayaran

Anda dapat memilih berbagai metode pembayaran untuk reservasi penerbangan Anda, tergantung di negara mana Anda berada saat pemesanan tersebut dilakukan serta waktu pemesanannya. Tetapi metode manapun yang Anda pilih, Anda tidak perlu khawatir karena pembayaran Anda akan selalu aman.

Metode pembayaran per negara

Kami menawarkan metode pembayaran yang berbeda di masing-masing negara saat memesan tiket di KLM.com.

Lihat metode pembayaran per negara(PDF, 54KB)

Kartu Kredit

Anda dapat membayar dengan kartu kredit saat memesan tiket di KLM.com. Kami menerima MasterCard, VISA dan American Express. Tergantung pada negara di mana pemesanan dilakukan, Anda juga bisa memilih pembayaran dengan menggunakan Diners Club, JCB (Japan Credit Bureau) atau kartu UATP/Airplus. Di beberapa negara, Anda akan dikenakan biaya layanan saat membayar dengan kartu kredit.

Setelah memilih penerbangan Anda, pilih ‘kartu kredit’ sebagai metode pembayaran. Selanjutnya, pilih perusahaan yang mengeluarkan kartu kredit tersebut. Masukkan semua informasi yang diperlukan dan konfimasi pesanan Anda. Segera setelah pembayaran Anda disetujui, e-tiket akan dikirimkan melalui e-mail.

Keamanan
Informasi pembayaran Anda akan disandi dan dikirim menggunakan koneksi yang terjamin aman. Anda dapat memeriksa informasi keamanan dengan mengklik tombol kanan mouse pada halaman pembayaran dan kemudian memilih ‘Properties’. Sebuah jendela akan muncul yang berisi semua data koneksi. Bagian ‘Connection’ memperlihatkan koneksi SSL digunakan. Informasi kartu kredit Anda, termasuk nomor dan tanggal kadaluarsa, tidak akan disimpan.

Verified by Visa dan MasterCard Secure Code
Beberapa bank menawarkan pemegang kartu Visa atau MasterCard tingkat keamanan tambahan dalam bentuk kode PIN atau kata sandi. Hal ini memberitahu kedua belah pihak, baik bank maupun kami, bahwa Anda adalah pemilik atau pengguna yang sah dari kartu tersebut. Jika kartu Anda memenuhi syarat untuk tingkat keamanan ‘Verified by Visa’ atau ‘MasterCard Secure Code', Anda akan diminta untuk memasukkan kode PIN Anda atau kata sandi. Pembayaran akan diterima jika kode dan kata sandi yang dimasukkan benar.

Jika bank Anda menawarkan tingkat keamanan tambahan ini namun kartu Anda belum termasuk dalam layanan program ini, bank Anda mungkin akan menanyakan selama proses pembayaran tersebut apakah Anda ingin berlangganan pilihan keamanan ini. Proses ini disebut ‘Aktivasi Selama Berbelanja’ dan kami tidak memiliki kewenangan dalam proses ini. Keikutsertaan dalam Verified by Visa atau MasterCard Secure Code akan langsung terhubung dengan bank Anda. KLM tidak memiliki akses atau kendali atas informasi ini. Segera setelah Anda mendaftar layanan ini, Anda dapat menyelesaikan pesanan.

Untuk informasi selanjutnya tentang ‘Verified by Visa´ atau ‘MasterCard Secure Code’, kami menyarankan untuk menghubungi bank Anda.

Baca lebih lanjut tentang MasterCard Secure Code
Baca lebih lanjut tentang Verified by Visa

Jumlah biaya yang direservasi pada kartu kredit Anda
Saat menggunakan kartu kredit untuk melakukan pemesanan di KLM.com, Anda mungkin melihat dalam beberapa hari bahwa rekening bank Anda dikenai jumlah biaya yang dibutuhkan untuk pembelian Anda. Pada kenyataannya, bank hanya melakukan reservasi atas jumlah ini hingga KLM menyelesaikan pembayaran Anda, baru setelah itu rekening Anda dikenai biaya. Ini dapat membutuhkan waktu hingga 30 hari. Selama periode ini, jumlah tersebut dapat dipotong dari batas pembelanjaan Anda.

Prosedur ini berada di luar kendali KLM. Jika Anda mau, Anda dapat menghubungi bank untuk meminta pelepasan jumlah biaya yang direservasi.

Kartu Debit

Di berbagai negara, Anda dapat membayar pemesanan Anda di KLM.com dengan menggunakan kartu debit. Layanan kartu yang berpartisipasi di Inggris adalah Maestro 3D Secure, Solo, Visa Debit 3D Secure dan Visa Electron (3D Secure). Di Irlandia, kami juga menerima kartu Laser. Anda juga dapat membayar menggunakan kartu Visa Electron (3D Secure) di berbagai negara lainnya. Tidak dikenakan biaya untuk pembayaran dengan kartu debit. Karena masing-masing bank bisa memutuskan apakah akan menerima pembayaran dengan kartu Visa Electron (3D Secure), metode ini tidak diterima di semua tempat. Kami tidak memiliki kewenangan dalam proses ini. Untuk pertanyaan menggunakan kartu Visa Electron (3D Secure) online, kami menyarankan untuk menghubungi bank Anda.
Setelah pembayaran menggunakan kartu debit disetujui, Anda akan dikirimkan e-tiket melalui email.

‘3D Secure’ juga dikenal sebagai ‘MasterCard SecureCode’ untuk MasterCard dan ‘Verified by Visa’ untuk Visa. Untuk JCB (Japan Credit Bureau), ini dikenal sebagai ‘JSecure’.

Baca lebih lanjut tentang MasterCard Secure Code
Baca lebih lanjut tentang Verified by Visa

Jumlah biaya yang direservasi dengan kartu debit Anda
Saat menggunakan kartu debit untuk melakukan pemesanan di KLM.com, Anda mungkin melihat dalam beberapa hari bahwa rekening bank Anda dikenai jumlah biaya yang dibutuhkan untuk pembelian Anda. Pada kenyataannya, bank hanya melakukan reservasi atas jumlah ini hingga KLM menyelesaikan pembayaran Anda, baru setelah itu rekening Anda dikenai biaya. Ini dapat membutuhkan waktu hingga 30 hari. Selama periode ini, jumlah yang direservasi dapat diblokir: tidak dapat digunakan untuk pembelian lain.

Prosedur ini berada di luar kendali KLM. Jika Anda mau, Anda dapat menghubungi bank untuk meminta pelepasan jumlah biaya yang direservasi.

Online banking

Online banking yang juga dikenal dengan ‘Real Time Online Banking’ (RTOB), memungkinkan Anda berbelanja online dengan aman dan mudah. Layanan pembayaran termasuk iDeal, CUP Online, eNets dan Direct E-banking. Pembayaran dengan RTOB tidak dikenakan biaya di KLM.com. Anda bahkan dapat menggunakan metode pembayaran ini hingga 2 jam sebelum keberangkatan.

Setelah Anda menentukan penerbangan, pilih metode online banking yang berlaku untuk negara Anda di metode pembayaran. Pilih bank Anda dan masukkan semua informasi yang dibutuhkan. Setelah pembayaran dikonfimasi, jumlah tersebut akan didebit dari rekening Anda. Setelah bank memberitahu kepada kami bahwa pembayaran telah dilakukan, kami akan mengirimkan e-tiket Anda melalui e-mail. Di kebanyakan negara, proses ini biasanya memerlukan waktu kurang dari 1 jam.

Dengan online banking, Anda membayar melalui mitra kami Global Collect. Informasi selanjutnya tentang Global Collect dapat ditemukan di bagian bawah halaman ini.

E-Wallet (Dompet Elektronik)

Dengan E-Wallet, Anda dapat menggabungkan berbagai pilihan pembayaran, misalnya kartu kredit dan rekening bank Anda - dan membayarnya melalui 1 dompet digital.

  • PayPal dapat Anda gunakan di KLM.com di Kanada, Meksiko, dan di Amerika Serikat, dan di KLM.com untuk ponsel di 30 negara (kecuali kartu American Express)
  • WebMoney: Russia
  • Alipay: China (khusus kartu kredit - dan debit lokal)


Pastikan Anda dapat membayar jumlah penuh dengan E-Wallet Anda - sebagian E-Wallet membatasi jumlah yang dapat dibayarkan dalam sekali waktu. Segera setelah penyedia E-Wallet Anda memberi tahu kami bahwa pembayaran telah diselesaikan, kami akan mengirimkan tiket Anda melalui e-mail – biasanya dalam 1 jam.

Transfer bank

Anda dapat membayar melalui transfer bank jika jumlah waktu antara pemesanan dan keberangkatan setidaknya 14 hari.

Jika Anda memilih untuk membayar melalui transfer bank, Anda akan diminta memasukkan sejumlah informasi. Tentu saja, semua informasi akan diperlakukan dengan rahasia. Segera setelah reservasi selesai, Anda akan menerima nomor referensi pembayaran.

Nomor referensi ini terdiri dari 12 nomor dan digunakan untuk memastikan pemesanan atas pembayaran yang telah dilakukan. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk memasukkan nomor yang benar saat melakukan transfer.

Setelah Anda menerima nomor referensi pembayaran, Anda dapat mentransfer uang dari rekening bank Anda. Proses ini dapat dilakukan menggunakan online banking, formulir transfer atau transaksi tunai di bank Anda. Pastikan bahwa pembayaran dilakukan dalam waktu 24 jam sejak saat pemesanan dilakukan.

Untuk pilihan ini bank Anda mungkin mengenakan biaya transfer. Untuk transfer Internasional, Anda selalu akan dikenakan biaya ‘transfer lintas batas’ di luar harga tiket. Bank Anda dapat memberikan informasi selanjutnya tentang layanan ini. Jika kami tidak menerima pembayaran penuh tiket Anda, kemungkinan penerbitan tiket Anda ditunda.

Setelah pembayaran penuh sudah diterima, Anda akan dikirimkan e-tiket melalui e-mail. Diperlukan waktu hingga 5 hari kerja setelah pembayaran untuk menerima e-tiket Anda.

Dengan transfer bank, Anda biasanya membayar melalui mitra kami Global Collect. Namun, Anda perlu mentransfer uang secara langsung ke kami, saat memesan di Netherland Antilles, Aruba, Ekuador, Ghana, Iran, Nigeria, Oman, Peru, Arab Saudi, Suriname, Thailand atau Korea Selatan. Pembayaran Anda akan selalu aman.

Baca lebih lanjut tentang Global Collect di bagian bawah halaman ini.

Direct debit

Anda dapat menggunakan pilihan direct debit (debit langsung) setidaknya 14 hari antara pemesanan dan keberangkatan.

Anda dapat membayar tiket dengan menggunakan cara debit langsung sehingga kami dapat mendebit jumlah tersebut dari rekening bank Anda. Selama proses pemesanan, Anda akan diminta untuk memasukkan sejumlah informasi. Setelah pemesanan sudah selesai, kami akan menghubungi bank Anda untuk melengkapi proses pembayaran. Dengan cara pembayaran debit langsung, Anda membayar melalui mitra kami Global Collect. Tidak dikenakan biaya untuk metode pembayaran ini.

Setelah kami menerima konfimasi dari bank Anda, dalam waktu 3 hari e-tiket Anda akan dikirimkan melalui e-mail.

Baca lebih lanjut tentang Global Collect di bawah halaman ini.

Pembayaran dengan Tunai dan PIN

Setelah Anda memesan online, Anda dapat melakukan pembayaran secara tunai atau menggunakan kartu kredit dengan nomor PIN. Anda dapat membayar dan mengambil tiket di kantor penjualan tiket KLM. Pembayaran menggunakan nomor PIN hanya dapat dilakukan di kantor kami di Belanda, Netherland Antilles dan Suriname. Pembayaran secara tunai hanya dapat dilakukan di kantor Western Union.

Untuk pembayaran tunai atau PIN, pada umumnya tidak dikenakan biaya kecuali jika pembayaran dilakukan di Netherland Antilles dan Bahrain.

Jika Anda ingin melakukan pembayaran di kantor penjualan tiket, pastikan untuk membawa serta konfirmasi pemesanan atau kode pesanan yang telah Anda terima melalui e-mail. Mohon diperhatikan: Tidak semua kantor penjualan tiket dapat menerima pembayaran tunai.

Tentang Global Collect

Global Collect adalah sebuah organisasi yang mewakili kami untuk memproses pembayaran online dan informasi pembayaran. Termasuk Real Time Online Banking, transfer bank, pembayaran tunai melalui Western Union, pembayaran direct debit (debit langsung) dan pembayaran dengan kartu debit.

Jika Anda membayar melalui Global Collect, kami akan memproses tiket Anda dan mengirimkannya melalui e-mail setelah konfirmasi pembayaran penuh diterima.

Informasi pembayaran Anda akan dikirimkan ke Global Collect dengan aman dan hanya akan digunakan untuk memproses transaksi. Informasi ini tidak akan pernah diberikan atau diteruskan ke pihak ketiga ataupun digunakan untuk keperluan komersial.

Kami menggunakan layanan online dari jaringan Global Collect di seluruh dunia untuk memastikan pembayaran Anda berjalan secara efisien dan seaman mungkin.

Kembali ke atas
  • www.airfrance.com
  • www.skyteam.com