Bagasi tertunda, hilang atau rusak

Jika bagasi Anda tertunda atau rusak selama dalam pengawasan dan perhatian kami, kami akan berusaha yang terbaik untuk mengembalikannya kepada Anda secepatnya.

Melaporkan bagasi yang tertunda (delayed baggage)

Jika Anda tiba di area klaim bagasi dan ternyata bagasi Anda tidak dapat ditemukan, harap dengan segera menghubungi Kantor Layanan Bagasi di ruang pabean di tiap bandara. Di Bandara Schiphol Amsterdam, kantor ini berada di area klaim bagasi di seberang sabuk bagasi 9.

Di Kantor Layanan Bagasi klaim bagasi Anda akan didaftarkan dan kemudian Anda akan menerima Laporan Ketidaksesuaian Barang (Property Irregularity Report atau PIR) dengan nomor rujukan personal. Anda memerlukan nomor ini untuk memeriksa status bagasi Anda yang tertunda. Segera setelah bagasi Anda tiba, kami akan menghubungi Anda untuk mengatur pengantaran.

Anda seharusnya menerima kartu klaim bagasi untuk setiap tas yang Anda check-in sebelum keberangkatan. Pastikan Anda menyimpan kartu ini hingga Anda menerima semua bagasi Anda.

Melaporkan bagasi yang tertunda (delayed baggage) secara online
Anda juga dapat melaporkan bagasi yang tertunda secara online (dalam 2 hari), untuk penerbangan yang dioperasikan oleh KLM atau AIR FRANCE, dalam kasus berikut:

  • Penerbangan KLM Anda yang berangkat dari salah satu destinasi terpilih dibatalkan setelah Anda memasukkan tas Anda, tetapi tas Anda tidak dikembalikan kepada Anda, atau:
  • Anda tiba di salah satu tujuan terpilih tetapi bagasi Anda tidak tiba bersama Anda

Melaporkan bagasi tertunda (khusus Bahasa Inggris)

Property Irregularity Report

Memantau bagasi yang tertunda

Dengan nama belakang dan nomor rujukan berkas yang tercantum pada Laporan Ketidaksesuaian Barang (Property Irregularity Report atau PIR), Anda dapat memeriksa status bagasi Anda yang tertunda secara online melalui alat bantu World Tracer.

Lacak bagasi tertunda Anda

Bagasi tidak ditemukan dalam 3 hari

Jika bagasi Anda tidak ditemukan dalam 3 hari, Anda dapat menggunakan alat bantu World Tracer untuk mengisi Formulir Inventaris dan Klaim Bagasi (Baggage Inventory and Claim Form atau BICF) secara online. BICF ini akan ditunjukkan pada Anda secara otomatis online, ketika bagasi Anda tidak ditemukan dalam 3 hari. Harap masukkan nama belakang Anda dan nomor rujukan berkas Dengan memberikan perincian lebih mendalam, kami dapat mempersempit pencarian. Informasi ini akan membantu kami dalam mengembalikan bagasi Anda secepatnya.

Dalam kondisi yang tidak diinginkan bahwa kami tidak mampu melacak bagasi Anda setelah 21 hari, BICF akan dikirim ke KLM Customer Care.

Bagaimana cara menghubungi kami mengenai bagasi yang tertunda

Setelah melaporkan kehilangan bagasi, Anda akan menerima nomor kontak. Anda juga dapat menghubungi kami melalui Facebook atau Twitter selama 24/7. Harap sampaikan keterangan pribadi Anda hanya melalui pesan pribadi:

www.facebook.com/klm

www.twitter.com/klm

Bagasi rusak

Penggunaan bagasi Anda secara wajar dapat menyebabkan goresan, tanda, dan penyok pada bagasi Anda dan serta kerusakan kecil lainnya. Kami tidak bertanggung jawab atas hal ini.

Jika Anda menemukan jenis kerusakan lain yang lebih serius pada bagasi Anda, harap melaporkan hal ini kepada kami segera setelah Anda tiba. Atau Anda bisa mengirimkan klaim tertulis ke Kepedulian Pelanggan (Customer Care) dalam waktu 7 hari setelah kedatangan.

Kirim e-mail ke Customer Care

Jika ada yang hilang dari bagasi Anda

Jika ada isi dari bagasi Anda yang hilang, Anda harus melaporkan hal ini secepatnya setelah kedatangan di Kantor Layanan Bagasi di bandara. Atau Anda dapat melaporkan barang hilang dengan mengisi formulir e-mail Customer Care kami dalam 7 hari setelah kedatangan.

Kirim e-mail ke KLM Customer Care

Ketinggalan sesuatu di pesawat?

Apakah Anda meninggalkan barang pribadi di atas pesawat? Inilah yang dapat Anda lakukan:

  • Jika Anda kehilangan sesuatu di pesawat KLM yang mendarat di bandara Amsterdam, cukup beri tahu kami melalui KLM di Facebook atau melalui KLM di Twitter. Tim Kehilangan dan Penemuan KLM akan segera bekerja untuk mengambil barang Anda – pastikan bahwa Anda menghubungi kami dalam 3 hari. Setelah 3 hari, semua barang yang ditemukan akan dibawa ke pusat Kontak Pelanggan di Bandara Amsterdam Schiphol: lihat keterangan kontaknya – juga jika Anda kehilangan sesuatu di salah satu KLM Crown Lounges di seluruh dunia.
  • Jika Anda kehilangan sesuatu di atas pesawat KLM yang datang di bandara lain, harap hubungi staf setempat di bandara.
  • Jika Anda kehilangan sesuatu di atas pesawat Air France, harap hubungi Kantor Kehilangan dan Penemuan Barang Air France. Harap perhatikan bahwa semua barang yang ditemukan akan disimpan hingga selama 3 bulan:

    • E-mail: mail.objets.trouves@airfrance.fr

    • Faks: +33 1 41 56 20 68

  • Jika Anda kehilangan barang di atas pesawat yang dioperasikan oleh maskapai lain, kami menyarankan agar Anda menghubungi bagian dukungan pelanggan dari maskapai tersebut.

Walaupun KLM akan menangani barang-barang yang ditemukan dengan sebaik-baiknya, kami tidak bertanggung jawab atas kehilangan barang pribadi di atas pesawat kami.

Baca selanjutnya tentang pertanggungjawaban KLM

Ruang Kedatangan Premium Schiphol

Sebagai penumpang World Business Class atau anggota Flying Blue Gold atau Platinum, Anda dapat menggunakan Ruang Kedatangan Premium di Bandara Schiphol Amsterdam untuk melaporkan bagasi yang tertunda atau rusak.

Anda akan menemukan Ruang Kedatangan Premium di area klaim bagasi di seberang sabuk bagasi 9, di samping meja layanan umum untuk melaporkan bagasi hilang atau rusak.

Kompensasi

Jika tas Anda hilang, rusak atau ada yang hilang di dalamnya, silakan hubungi KLM Customer Care untuk meminta pengembalian pengeluaran dan/atau kompensasi.

Dengan sangat menyesal, kami memiliki kemampuan terbatas, jika tas Anda hilang, sebaiknya Anda menghubungi perusahaan asuransi Anda. Kebanyakan kebijakan asuransi menggantikan kerugian sesuai dengan nilai barang, sementara, dalam industri penerbangan, hanya kompensasi terbatas per orang adalah hal umum.

Kirim e-mail ke KLM Customer Care
Baca selanjutnya tentang pertanggungjawaban KLM