By visiting KLM.com you accept the use of cookies. Read more about cookies.

Kembali ke Siapkan perjalanan
Jika bagasi Anda tertunda atau rusak selama dalam pengawasan dan perhatian kami, kami akan berusaha yang terbaik untuk mengembalikannya kepada Anda secepatnya.

Melaporkan bagasi yang tertunda (delayed baggage)

Jika Anda tiba di area klaim bagasi dan ternyata bagasi Anda tidak dapat ditemukan, harap dengan segera menghubungi Kantor Layanan Bagasi di ruang pabean di tiap bandara. Di Bandara Schiphol Amsterdam, bagian ini berada di sebelah area klaim bagasi 14 di ruang kedatangan 2.

Anda wajib mengisi Laporan Ketidakberesan Barang (Property Irregularity Report atau PIR) dalam waktu 5 hari sejak hari kedatangan. Segera setelah bagasi Anda tiba, kami akan menghubungi Anda untuk mengatur pengantaran.

Anda seharusnya menerima kartu klaim bagasi untuk setiap tas yang Anda check-in sebelum keberangkatan. Pastikan Anda menyimpan kartu ini hingga Anda menerima semua bagasi Anda.

Melaporkan bagasi yang tertunda (delayed baggage) secara online
Anda juga dapat melaporkan bagasi Anda yang tertunda secara online (dalam 2 hari), dengan syarat:

  • Anda bepergian menggunakan penerbangan yang dioperasikan oleh KLM atau AIR FRANCE dan tujuan akhir Anda adalah Almaty, Amsterdam, Athena, Barcelona, Christiansand, Frankfurt, Göteborg, Helsinki, Linköping, Lissabon, Madrid, Mexico City, Paris, Milan, Oslo, Sandefjord, Stavanger, Stockholm, Trondheim, atau Yerevan.

  • Penerbangan KLM Anda yang berangkat dari salah satu bandara tersebut di atas dibatalkan setelah Anda memasukkan tas(-tas) Anda, tetapi tas(-tas) Anda tidak dikembalikan kepada Anda.

Laporan Ketidakberesan Barang

Melaporkan bagasi tertunda secara online

Memantau bagasi yang tertunda

Dengan nomor rujukan berkas PIR, Anda dapat memeriksa status bagasi tertunda tersebut secara online.

Jika bagasi Anda tidak ditemukan dalam 3 hari, Anda dapat mengisi Formulir Inventaris dan Klaim Bagasi (Baggage Inventory and Claim Form) secara online. Anda dapat menemkan formulir ini melalui tautan di bawah ini untuk memantau bagasi. Dengan memberikan perincian lebih mendalam, kami dapat mempersempit pencarian.

Pantau bagasi tertunda Anda 

Bagasi rusak

Penggunaan bagasi Anda secara wajar dapat menyebabkan goresan, tanda, dan penyok pada bagasi Anda dan serta kerusakan kecil lainnya. Kami tidak bertanggung jawab atas hal ini.

Jika Anda menemukan jenis kerusakan lain yang lebih serius pada bagasi Anda, harap melaporkan hal ini kepada kami segera setelah Anda tiba. Atau Anda bisa mengirimkan klaim tertulis ke Kepedulian Pelanggan (Customer Care) dalam waktu 7 hari setelah kedatangan.

Kirim e-mail ke KLM Customer Care 

Jika ada yang hilang dari bagasi Anda

Jika ada isi dari bagasi Anda yang hilang sebagai akibat kerusakan atau pencurian, Anda harus melaporkan hal ini secepatnya setelah kedatangan kepada Kantor Layanan Bagasi di bandara.

Pencurian yang tidak dilaporkan ketika Anda tiba dapat dilaporkan ke Layanan Pelanggan (Customer Care) dalam waktu 7 hari setelah kedatangan Anda. Setelah itu, dengan sangat menyesal, kami tidak dapat menangani permintaan Anda.

Kirim e-mail ke KLM Customer Care 

Layanan Kedatangan Schiphol

Sebagai penumpang Kelas Bisnis atau anggota Flying Blue Gold atau Platinum, Anda dapat menggunakan area Layanan Kedatangan Bandara Schiphol Amsterdam untuk melaporkan bagasi tertunda (delayed baggage) atau rusak.

Kami juga dengan senang hati akan mereservasi hotel bagi Anda jika Anda tidak dapat melanjutkan perjalanan karena penerbangan Anda dibatalkan. Jika Anda harus menunggu, Anda dapat menikmati secangkir kopi atau teh, menggunakan layanan internet gratis atau bersantai di salah satu kursi santai yang nyaman. 

Anda akan menemukan Layanan Kedatangan di samping area klaim bagasi 14 di ruang kedatangan 2, di samping layanan umum untuk melaporkan bagasi hilang atau rusak.

Kompensasi

Jika tas Anda hilang, rusak atau ada yang hilang di dalamnya, silakan hubungi KLM Customer Care untuk meminta pengembalian pengeluaran dan/atau kompensasi.

Dengan sangat menyesal, kami memiliki kemampuan terbatas, jika tas Anda hilang, sebaiknya Anda menghubungi perusahaan asuransi Anda. Kebanyakan kebijakan asuransi menggantikan kerugian sesuai dengan nilai barang, sementara, dalam industri penerbangan, hanya kompensasi terbatas per orang adalah hal umum.

Kirim e-mail ke KLM Customer Care 
Baca selanjutnya tentang pertanggungjawaban KLM 

Baggage

Pertanyaan yang sering diajukan

Kembali ke atas
  • www.airfrance.com
  • www.skyteam.com