Dengan mengunjungi KLM.com, berarti Anda menerima penggunaan cookie. Baca lebih lanjut mengenai cookie.

Bepergian dengan anak-anak dan anak-anak yang bepergian

Kami ingin membuat penumpang anak-anak dan orangtua mereka merasa senang. Jika Anda memiliki anak yang berusia antara 5 dan 14 tahun atau yang bepergian sendirian, maka Anda wajib memesan Unaccompanied Minor service (Layanan Anak di Bawah Umur tanpa Pendamping).

Bepergian dengan anak Anda

Anak-anak sampai dan termasuk usia 14 tahun harus selalu didampingi oleh seseorang yang berusia 18 tahun atau lebih yang bertanggungjawab atas anak tersebut selama perjalanan. Selain itu, anak tersebut bersama orang tua atau walinya harus bepergian bersama dalam penerbangan yang sama dan di kelas perjalanan yang sama, kecuali Layanan Anak di Bawah Umur Tanpa Pendamping telah dipesan.

Anak-anak dari warga negara Uni Eropa (usia 0-15 tahun) yang bepergian dari, ke, atau melalui negara-negara Uni Eropa dapat membawa paspor mereka sendiri atau bepergian dengan paspor orang tua, jika anak tersebut sudah terdaftar di dalamnya. Jika anak tersebut bepergian dengan dokumen orangtuanya atau wali hukum, penting agar anak mereka memiliki kewarganegaraan yang sama. Aturan ini tidak berlaku bagi warga negara Bulgaria, Kroasia, Siprus, Rumania, dan negara-negara anggota Schengen.

Jika bepergian ke atau dari Thailand, anak-anak 16 tahun dan yang lebih muda yang bepergian sendirian atau hanya bersama 1 orang tua perlu membawa salinan akte kelahiran mereka, dan surat persetujuan untuk bepergian dari orang tua yang tidak ikut bepergian.

Beberapa negara mungkin mewajibkan dokumentasi tambahan untuk anak-anak yang bepergian.

Periksa dokumen perjalanan mana yang anak Anda butuhkan

Anak-anak yang bepergian sendirian

Child with adult
  • Anak-anak sampai dan termasuk usia 4 tahun hanya boleh bepergian bila didampingi sebagaimana dijelaskan di atas.

  • Anak-anak usia 5 hingga 14 tahun boleh bepergian sendirian jika Layanan Anak di Bawah Umur Tanpa Pendamping telah dipesan. Layanan ini wajib bagi anak-anak dalam rentang kelompok umur ini yang bepergian sendirian. Anda dapat memesan layanan ini melalui Reservasi KLM Melalui Telepon .

  • Anak-anak usia 15 hingga 17 tahun boleh bepergian sendirian di penerbangan AIR FRANCE dan KLM. Akan tetapi, jika Anda mau Anda boleh memesan Layanan Anak di Bawah Umur Tanpa Pendamping untuk anak Anda dalam kelompok umur ini.


Semua anak-anak yang bepergian ke atau dari Curaçcao (termasuk anak-anak berusia antara 16 dan 18 tahun yang tidak memiliki pesanan Layanan Anak di Bawah Umur Tanpa Pendamping) perlu membawa konfirmasi tertulis bahwa mereka diperbolehkan untuk bepergian, yang ditandatangani oleh orang tua atau wali sah, dan salinan dokumen identifikasi dari salah satu orang tua atau wali.

Maskapai penerbangan lain mungkin memiliki peraturan lain untuk anak-anak yang bepergian sendirian. Harap memastikannya pada agen perjalanan Anda atau hubungi maskapai penerbangan yang anak Anda gunakan untuk bepergian.

Baca selanjutnya tentang Layanan Anak di Bawah Umur Tanpa Pendamping

Layanan Junior Jet

Anak-anak kecil – dan orangtua mereka – selalu dapat mengandalkan perhatian ekstra dan ekstra khusus. Tersedia di semua penerbangan antar benua yang dioperasikan KLM paket-paket bermain dan berbagai produk untuk bayi.

Bepergian dengan anak-anak di bawah 2 tahun

Seorang anak yang berusia di bawah 2 tahun dalam perjalanan dalam negeri maupun luar negeri dapat bepergian dengan duduk di pangkuan Anda. Semua anak yang akan berusia 2 tahun atau lebih sebelum atau selama di perjalanan dalam negeri harus memiliki reservasi tempat duduk sendiri baik dalam perjalanan luar negeri maupun dalam negeri.

Walaupun satu orang dewasa bisa mendampingi 2 bayi, hanya boleh satu bayi yang duduk di pangkuannya. Bayi yang lain wajib duduk di kursinya sendiri.

Makanan bayi
Pada penerbangan KLM antarbenua, kami memiliki makanan steril dalam jumlah terbatas yang tersedia untuk bayi dan balita yang berusia hingga 2 tahun. Anda tidak perlu memesan hidangan ini di muka. Namun, Anda sebaiknya selalu membawa makanan bayi Anda sendiri. Setiap pembatasan membawa cairan tidak berlaku untuk makanan bayi.

Baca lebih lanjut tentang makanan khusus

Tempat tidur bayi
Carrycot (tempat tidur bayi) dapat direservasi pada penerbangan antar benua, melalui Perjalanan Saya atau dengan menghubungi Reservasi KLM Melalui Telepon. Ini diperuntukkan bagi bayi dengan panjang tidak lebih dari 65 cm dan berat tidak lebih dari 10 kg di hari perjalanan. Meskipun kami telah mengupayakan yang terbaik, kami tidak dapat selalu menjamin ketersediaan tempat tidur bayi saat Anda naik ke pesawat.

Bagasi, kereta bayi dan tempat duduk anak

Bagasi

Anak-anak yang bepergian di tempat duduk mereka sendiri (dipesan) dapat membawa bagasi jinjing dan bagasi check-in yang jumlahnya sama dengan bagasi orang dewasa.

Bagi anak yang berusia di bawah dua tahun yang akan bepergian dengan duduk di pangkuan Anda, Anda boleh membawa:

  • 1 bagasi jinjing yang berisi barang keperluan bayi dengan berat tidak lebih dari 12 kg (26 lbs) dan dengan ukuran tidak melebihi 55 x 35 x 25 cm (22 x 14 x 10 inci).
  • 1 bagasi check-in maks 10 kg (22 lbs). Jika bagasi anak Anda dimasukkan ke dalam salah satu bagasi check-in orangtua, berat bagasi ini tidak boleh lebih dari 23 kg (50,5 lbs) per buah.


Kereta Bayi
Untuk setiap anak, Anda selalu boleh membawa 1 kereta/dorongan bayi berukuran kecil yang dapat dilipat seluruhnya tanpa dipungut biaya.

Apabila kereta bayi tidak muat di bawah tempat duduk atau di ruangan bagasi bagian atas, Anda dapat menjadikannya bagasi check-in tanpa biaya tambahan.

Kereta/dorongan bayi boleh memiliki tutup pelindung namun tidak boleh berisi barang-barang lainnya.

Tempat duduk/kereta anak
Untuk setiap anak, Anda selalu boleh membawa 1 tempat duduk/kereta anak tanpa dipungut biaya. Jika tempat duduk telah direservasi bagi anak Anda, kami menyarankan agar Anda membawa tempat duduk/kereta anak milik sendiri ke pesawat:

  • Tempat duduk/kereta anak tidak melebihi tangan kursi tempat duduk pesawat, yakni selebar 42 cm (16,5 inci).
  • Tempat duduk anak dan anak Anda perlu diamankan menurut instruksi pembuat tempat duduk.
  • Tempat duduk anak tidak boleh menunjukkan kerusakan dan harus disetujui untuk diangkut melalui transportasi udara dan diberi tanda yang sesuai.
  • Anda harus memesan penggunaan tempat duduk/kereta anak di muka. Silakan hubungi Reservasi KLM Melalui Telepon atau kantor penjualan tiket KLM lokal Anda.


Anda juga dapat melakukan check-in untuk tempat duduk/kereta anak tanpa dipungut biaya, jika aturan di atas tidak berlaku.

Sistem Penahan Anak Selama Penerbangan (Child Aviation Restraint System [CARES])
Jika Anda telah memesan tempat duduk untuk anak Anda, Anda juga dapat membawa Sistem Pengendalian Penerbangan Anak untuk digunakan di pesawat:

  • Anak Anda dan CARES harus diamankan sesuai dengan instruksi dari produsen.
  • CARES harus berfungsi dengan baik dan telah disetujui untuk transportasi udara dan ditandai sebagaimana mestinya.
  • Anda harus memesan penggunaan CARES Anda sebelumnya. Silakan hubungi Reservasi KLM Melalui Telepon atau kantor penjualan tiket KLM lokal Anda.


Beberapa maskapai penerbangan mitra kami memiliki peraturan bagasi yang berbeda dengan kami. Silakan hubungi agen perjalanan Anda atau maskapai penerbangan yang bersangkutan untuk keterangan selanjutnya.

Travelling with children

Pertanyaan yang sering diajukan

Kembali ke atas
  • www.airfrance.com
  • www.skyteam.com