Bantuan khusus oleh KLM CARES

Jika Anda memerlukan bantuan di bandara atau jika Anda bepergian dengan peralatan medis, KLM CARES tersedia untuk membantu Anda. Hubungi kami untuk bantuan khusus!

Minta bantuan khusus

Hubungi KLM CARES jika Anda ingin:

  • Meminta bantuan di bandara saat naik, turun, dan/atau transfer pesawat
  • Membawa kursi roda (listrik) Anda sendiri (skuter), alat bantu jalan (walker), atau tongkat, atau menggunakan kursi roda kabin
  • Membawa peralatan medis khusus: selalu hubungi KLM CARES ketika melakukan perjalanan dengan peralatan medis dalam bagasi jinjing atau bagasi check-in Anda, bahkan jika Anda tidak menggunakan peralatan tersebut di pesawat
  • Membawa hewan bantuan ke kabin
  • Gunakan sandaran kaki yang diperluas untuk kaki yang harus tetap dalam posisi horizontal (menggunakan gips). Pada penerbangan KLM di Eropa, 2 tempat duduk ekstra perlu dipesan di Kelas Ekonomi. Pada penerbangan KLM antarbenua, Anda perlu melakukan perjalanan di Kelas Bisnis.

Cara meminta bantuan khusus

Penting sebelum keberangkatan

  • Anda perlu meminta bantuan khusus (dan memesan penerbangan Anda) setidaknya 48 jam sebelum keberangkatan. Jika penerbangan Anda akan dioperasikan oleh salah satu mitra kami, mintalah bantuan khusus dari maskapai tersebut. KLM akan mengirim kursi roda (skuter) atau walker Anda sendiri – tanpa biaya.
  • Anda harus check-in di bandara setidaknya setengah jam sebelum disarankan. Jika berangkat dari Bandara Schiphol Amsterdam, silakan check in di meja 16. Jika Anda menggunakan kursi roda bertenaga listrik, harap check-in 1 jam lebih awal.
  • Pergilah ke pintu keberangkatan pada waktu yang ditunjukkan pada boarding pass.
  • Ketahuilah bahwa kru KLM tidak dapat memberikan bantuan pada semua tahap perjalanan Anda. Pastikan Anda berpergian dengan seseorang jika Anda memerlukan bantuan sepanjang perjalanan Anda.
Lihat videonya jika Anda ingin tahu lebih jauh mengenai bantuan khusus saat keberangkatan dan kedatangan serta transfer Anda di Bandara Schiphol Amsterdam.

Membawa sendiri kursi roda Anda

Jika Anda membawa sendiri kursi roda Anda, harap memastikan Anda menghubungi kami 48 jam sebelum keberangkatan Anda. Kami akan melihat kemungkinannya dan segera membuat reservasi untuk Anda. Jumlah kursi roda (listrik) yang dapat kami bawa terbatas.

Kursi roda Anda perlu dibawa sebagai bagasi check-in dalam posisi berdiri untuk menghindari kerusakan dan menumpahkan akinya.

Ukuran dan berat maksimum kursi roda menurut jenis pesawat:


Jenis pesawatDimensi maksimum
(t x l x p)
Berat maksimum
Boeing 777, 747, 787, dan Airbus 330152 x 139 x 149 cm / 59,5 x 54,5 x 58,5 inciTanpa berat maksimum
Boeing 737-700,
-800, dan -900
112 x 113 x 85 cm / 44 x 44,5 x 33 inci150 kg / 331 pound
Embraer 190 &
Fokker 70
120 x 100 x 70 cm / 47 x 39 x 27,5 inci150 kg / 331 pound


Fasilitas onboard

  • Kursi roda dalam pesawat yang dapat dilipat: tersedia di semua penerbangan KLM dan pada pesawat KLM Cityhopper.
  • Fasilitas toilet: toilet yang dapat diakses kursi roda tersedia pada semua pesawat KLM tipe Boeing 777, Boeing 787, dan Airbus A330. Pesawat Boeing 737, Boeing 747, Embraer 190, dan Fokker 70 kami mempunyai tirai lipat untuk memperluas ruang toilet. Staf kami akan membantu Anda menuju dan kembali dari toilet. Sayang sekali, kami tidak dapat membantu Anda di area toilet.
  • Gagang toilet: toilet di dalam semua pesawat KLM dilengkapi dengan gagang toilet.
  • Sandaran tangan bergerak: dalam semua pesawat kami terdapat sejumlah lorong dan tempat duduk tengah yang mempunyai sandaran tangan bergerak, sehingga Anda bisa pindah lebih mudah ke dalam kursi Anda. Jumlah dan lokasi tempat duduk dengan sandaran tangan lorong yang bergerak berbeda-beda tergantung jenis pesawatnya.
  • Solusi tempat duduk khusus seperti Perangkat Pemosisian Ortotik akan selalu ditinjau oleh departemen keselamatan penerbangan kami untuk melihat apakah solusi tempat duduk itu mematuhi peraturan keselamatan penerbangan yang ditentukan oleh FAA dan/atau EASA. Jika tidak memenuhi, sayang sekali, tempat duduk khusus itu tidak dapat diterima di atas pesawat. Harap sampaikan permintaan Anda setidaknya 2 hari kerja sebelum keberangkatan dengan menghubungi KLM CARES.

     

Formulir Informasi Kesehatan

Jika salah satu keterangan di bawah ini berlaku bagi Anda, harap berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum perjalanan. Dalam beberapa situasi, agen perjalanan atau Anda harus melengkapi Formulir Informasi Kesehatan A (Medical Information Form A) dan dokter Anda harus mengisi dan menandatangani Formulir Informasi Kesehatan B (Medical Information Form B). Semuanya harus dikembalikan ke KLM paling tidak 48 jam sebelum keberangkatan.

  • Penumpang menderita penyakit menular.
  • Penumpang yang, disebabkan penyakit atau kondisi fisik tertentu, memperlihatkan tingkah laku yang berpotensi mempengaruhi kenyamanan dan kesejahteraan penumpang lainnya dan/atau awak pesawat, atau yang mungkin menimbulkan resiko terhadap keamanan ataupun ketepatan waktu penerbangan.
  • Penumpang yang akan membutuhkan perawatan kesehatan atau akan bergantung pada peralatan medis tertentu selama penerbangan.
  • Penumpang yang memiliki kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan situasi yang mengancam kehidupan atau dapat mengharuskan ketersediaan perawatan medis khusus untuk keselamatannya selama penerbangan.
  • Penumpang yang membutuhkan perawatan pribadi selama penerbangan (sewaktu makan, pergi ke kamar kecil, dll.) dan akan bepergian tanpa pendamping.
  • Penumpang yang tidak dapat menggunakan tempat duduk pesawat secara normal, posisi tegak.

POC - Portable Oxygen Concentrator

Hanya POC yang dioperasikan dengan baterai atau POC yang dapat dioperasikan dengan baterai maupun dengan listrik yang diizinkan untuk digunakan di pesawat. Untuk menggunakan POC Anda sendiri di pesawat, harap memastikan bahwa Anda memesan transportasi untuk POC Anda setidaknya 2 hari kerja sebelum keberangkatan dengan menghubungi KLM CARES.

Baterai untuk POC

Sayangnya, kami tidak dapat menjamin pasokan listrik di pesawat, sehingga Anda perlu membawa sendiri baterai yang cukup terisi penuh. Berdasarkan estimasi masa pakai baterai dari produsen saat perangkat sedang digunakan dan informasi yang diberikan oleh dokter Anda, baterai harus bertahan setidaknya 150% dari durasi maksimum yang diperkirakan dari penerbangan. Baterai perlu disimpan di bawah tempat duduk Anda. Baterai cadangan hanya diizinkan untuk dibawa dalam bagasi jinjing, dan tidak boleh di dalam bagasi check-in.

  • Baterai logam lithium atau paduan lithium mungkin berisi hingga 2 gram lithium
  • Baterai ion lithium mungkin memiliki nilai watt-jam hingga 100 watt/jam

Anda dapat menemukan nilai watt/jam pada baterai atau di buku petunjuk pengguna. Baterai cadangan harus dilindungi secara terpisah untuk mencegah korsleting, misalnya dengan membalut terminal atau dengan menempatkannya dalam kantong plastik atau kantong secara terpisah.


Hubungi KLM CARES