Paspor dan visa

Cari tahu tentang dokumen perjalanan yang Anda butuhkan serta informasi penting lainnya tentang kunjungan ke negara tujuan.

Dokumen perjalanan apakah yang diperlukan?

Setiap negara memiliki aturan masing-masing bagi para pengunjung dari berbagai negara. Di sini, Anda dapat mengetahui bila Anda memerlukan visa dan bila terdapat peraturan penting lainnya, seperti masa berlaku paspor.

Perhatikan:

  • Anak-anak warga negara Uni Eropa yang bepergian dari, ke atau melalui negara-negara di Uni Eropa juga perlu membawa paspor atau kartu ID mereka sendiri. Memasukkan nama mereka di paspor orang tua mereka tidak dibolehkan lagi. Aturan ini tidak berlaku untuk pemegang dokumen Britania Raya atau Irlandia.
  • Para pelancong ke Amerika Serikat juga dapat diharuskan untuk mengajukan izin perjalanan ESTA.

Ketahui dokumen yang Anda perlukan

Cek perjalanan Anda

Mengajukan permohonan visa secara online

Jika Anda berangkat dari Australia, Belgia, Kanada, Prancis, Jerman, Belanda, Singapura, Spanyol, Swiss, Inggris, atau Amerika Serikat, dan Anda memerlukan visa, Anda dapat dengan mudah mengajukan permohonan secara online melalui Perjalanan Saya. Mitra kami, CIBT akan dengan senang hati mengatur permohonan Anda mulai dari awal hingga akhir. Perjalanan Saya akan menawarkan opsi ini jika visa telah benar-benar diperoleh.

Log in ke Perjalanan Saya

ID yang Sah wajib untuk Prancis.

Karena situasi keamanan di Paris dan keadaan darurat yang diumumkan di Prancis, kami menyarankan agar Anda membawa dokumen identitas yang sah ketika melakukan perjalanan ke, dari, atau melalui bandara mana pun di Prancis. Surat izin mengemudi tidak dianggap sebagai dokumen identitas yang sah.

Ajukan visa ke Kenya secara online

Untuk pelancong ke Kenya yang membutuhkan visa, pengajuan visa hanya dapat dilakukan secara online. Sejak 1 September 2015, sudah tidak mungkin melakukan ini di bandara. Ajukan visa ke Kenya secara online melalui portal eCitizen.

Perubahan aturan masuk ke Kanada

Mulai pada 15 Maret 2016, para pelancong menuju atau melalui Kanada diwajibkan untuk menunjukkan Electronic Travel Authorization (eTA)  sebelum melakukan boarding untuk penerbangan mereka. Anda dapat mendaftar untuk mendapatkan eTA secara online melalui situs web otoritas Kanada . Aturan ini tidak berlaku untuk pemegang dokumen Amerika Serikat atau pelancong dengan visa yang berlaku untuk Kanada.

API - Advance Passenger Information

Pihak berwenang di banyak negara mengharuskan kami mengumpulkan beragam jenis informasi pribadi terkait penumpang. Kami akan meminta ini jika diperlukan untuk perjalanan Anda. Anda dapat memasukkan detail API secara online di Perjalanan Saya atau ketika Anda check-in atau di bandara. Anda juga dapat menyediakan rincian API Anda melalui biro perjalanan.

Data API mencakup informasi di bagian yang dapat dibaca oleh mesin pada paspor Anda:

  • Nama keluarga dan nama depan
  • Tanggal kelahiran, jenis kelamin, dan kewarganegaraan
  • Nomor paspor, negara yang mengeluarkan paspor, dan tanggal kedaluwarsa paspor
  • Negara tempat tinggal dan alamat sementara tempat Anda akan menginap (hanya untuk perjalanan ke Amerika Serikat) termasuk nomor rumah, jalan, kota, singkatan negara bagian, dan kode ZIP.

Bila bepergian ke Amerika Serikat, ada beberapa pengecualian yang membolehkan Anda tidak memberikan Advance Passenger Information.

Jika Anda tidak ingin memasukkan detail ini secara online, Anda dapat mengisi dan menyerahkan formulir API.

Masukkan detail API dalam Perjalanan Saya

Unduh formulir API
Baca selanjutnya tentang perjalanan ke Amerika Serikat