By visiting KLM.com you accept the use of cookies. Read more about cookies.

Kembali ke Siapkan perjalanan
Bila Anda terbang ke Amerika Serikat, ketentuan khusus berlaku. Jika Visa tidak diwajibkan bagi Anda, Anda akan membutuhkan izin perjalanan ESTA. Maskapai penerbangan juga diwajibkan mengumpulkan keterangan pribadi dari para penumpang.

Perangkat elektronik di bagasi jinjing

Mulai Selasa 8 Juli, penumpang yang mengambil penerbangan langsung ke Amerika Serikat akan dikenakan pemeriksaan tambahan untuk perangkat elektronik di bagasi jinjing mereka. Perangkat tersebut harus dikeluarkan dari sarung pelindungnya dan harus bertenaga baterai dan berfungsi selama terbang. Perangkat elektronik yang telah disaring dapat dibawa ke pesawat. Tindakan ini hanya berlaku untuk bagasi jinjing.

Tindakan ini berlaku untuk semua alat elektronik dioperasikan dengan baterai, termasuk ponsel, laptop, tablet, kamera, e-reader, konsol game genggam, dan pemutar MP3. Jika perangkat tidak dapat dikeluarkan dari lengan pelindung dan/atau diaktifkan, perangkat tersebut tidak akan diizinkan dibawa ke pesawat.

Pemeriksaan tambahan akan dilakukan di pintu keberangkatan sebelum penerbangan dan berlaku secara eksklusif untuk sekitar 30 penerbangan langsung setiap hari ke Amerika Serikat. Bandara Amsterdam Schiphol akan mengambil semua langkah yang mungkin untuk menghindari waktu antrean tambahan.

Silakan hubungi kami bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut:

  • Selama perjalanan Anda, silakan tanyakan kepada staf kami di bandara atau di pesawat.
  • Kami tersedia untuk Anda melalui media sosial di www.Facebook.com/KLM dan twitter.com/KLM.

Ketentuan bagasi baru

Mohon diperhatikan: Printer atau selongsong tinta dengan berat 453 gram atau lebih dilarang dibawa dalam bagasi Anda untuk naik ke pesawat menuju Amerika Serikat. Ini berlaku untuk bagasi jinjing maupun bagasi check in.

 

Karena diperlukannya pemeriksaan bagasi akan bahan peledak, Anda tidak diizinkan menggembok bagasi kabin kecuali dengan gembok yang disetujui TSA. Anda dapat membeli gembok ini di banyak toko koper.

Mohon diperhatikan bahwa ketentuan bagasi kami telah berubah.

 

Baca selanjutnya tentang bagasi 

Ketika memesan penerbangan Anda

‘Kebijakan Penerbangan Aman’ pemerintah Amerika Serikat mewajibkan semua maskapai penerbangan untuk mendaftarkan beberapa data pribadi pada saat Anda melakukan pemesanan penerbangan. ‘Data Penerbangan Aman’ ini mencakup jenis kelamin, tanggal kelahiran Anda serta nama depan dan nama keluarga Anda persis seperti yang tertera di paspor Anda.

 

Kami wajib menyerahkan informasi dari semua penumpang kami ini ke Administrasi Keamanan Transportasi Amerika Serikat (United States’ Transportation Security Administration atau TSA) setidaknya 72 jam sebelum keberangkatan. Jika Anda memesan penerbangan dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan, kami akan mengirimkan informasi ‘Penerbangan Aman' pada saat pemesanan.

 

Untuk menghindari biaya tambahan dan untuk memastikan Anda diperbolehkan naik ke pesawat, kami berharap Anda memberikan kepada kami informasi ‘Secure Flight’ ini pada waktunya. Jika pemesanan penerbangan Anda dilakukan melalui agen perjalanan, mohon memastikan agar informasi ini diberikan kepada agen perjalanan Anda pada waktunya. Kami juga membutuhkan data ‘Penerbangan Aman’ Anda jika Anda akan check in secara online, atau melalui mesin layanan mandiri di bandara.

 

Mungkin Anda perlu mengajukan izin perjalanan elektronik (electronic travel authorisation atau ESTA), dan Anda harus memberikan Advance Passenger Information (API). Silakan mendapatkan informasi lebih lanjut di bawah ini.

Izin perjalanan ESTA

Warga dari negara-negara yang berada di bawah Program Bepergian Tanpa Visa bisa terbang ke Amerika Serikat tanpa perlu mengajukan permohonan visa. Namun, mereka harus mengajukan permohonan izin perjalanan tambahan (ESTA). Tanpa izin perjalanan ESTA, mereka tidak akan diperbolehkan naik ke pesawat menuju Amerika Serikat.

Para penumpang dari semua negara harus memiliki izin perjalanan ESTA agar dapat melakukan check in online atau melalui mesin layanan mandiri untuk penerbangan ke Amerika Serikat.

 

Baca lebih lanjut tentang ESTA dan negara-negara dengan Program Bepergian Tanpa Visa 

Lintas batas lebih cepat (Global Entry)

KLM YouTube

Jika Anda mengadakan perjalanan antara Belanda dan Amerika Serikat, Anda dapat menghemat banyak waktu di bandara. Dengan mengikuti Global Entry, Anda dapat menghindari antrean untuk pengecekan paspor serta pengisian formulir imigrasi dan pabean.

Anda dapat mengajukan permohonan Global Entry melalui Flux jika Anda warga Belanda atau Amerika Serikat.

Baca selanjutnya tentang lintas batas lebih cepat dengan Global Entry

Paspor

Semua orang yang berkunjung ke Amerika Serikat harus memiliki e-paspor yang dapat terbaca oleh mesin (juga dikenal sebagai MRP atau machine-readable passport, paspor yang dapat dibaca oleh mesin). Bergantung pada di mana dan kapan paspor ini dikeluarkan, paspor seperti ini harus memiliki foto digital serta chip yang ditanamkan.

 

Bayi dan anak-anak yang lebih dewasa harus memiliki paspor sendiri; mereka tidak boleh bepergian dengan paspor milik salah satu dari orangtua mereka.

Jika Anda memiliki paspor sementara atau darurat yang bukan e-paspor, Anda tidak boleh lagi bepergian di bawah Visa Waiver Programme. Selanjutnya, Anda harus mengajukan permohonan visa untuk perjalanan Anda ke Amerika Serikat.

Advance Passenger Information

Jika Anda bepergian ke Amerika Serikat, kami wajib mengumpulkan berbagai data pribadi. Kami menyarankan agar Anda memberikan Advance Passenger Information (API) ini sedini mungkin:

  • kepada agen perjalanan Anda
  • melalui Perjalanan Saya
  • sewaktu check-in online, mulai dari 24 jam hingga 1 jam sebelum keberangkatan
  • ke mesin check-in layanan mandiri di bandara. Jika

Anda berangkat dari bandara di mana check-in hanya dapat dilakukan di konter, staf kami akan mendaftarkan data tersebut dari paspor Anda.

Anda bisa juga mengunduh formulir API sebelum Anda bepergian. Data API mencakup:

  • Nama keluarga dan nama depan
  • Tanggal kelahiran dan jenis kelamin
  • Nomor paspor
  • Negara yang mengeluarkan paspor
  • Tanggal kedaluwarsa paspor
  • Kewarganegaraan
  • Negara tempat tinggal
  • Alamat sementara tempat Anda akan menginap. Alamat ini harus mencakup nomor rumah, jalan, kota, singkatan negara bagian dan kode pos.

Anda tidak perlu memberikan informasi alamat sementara jika:

  • Secara resmi Anda tinggal di Amerika Serikat.
  • Dalam perjalanan Anda, Anda akan transit di Amerika Serikat menuju ke tujuan di luar Amerika Serikat dan transit ini kurang dari 8 jam. Ketika mengisi alamat Anda, silakan memasukkan ‘Transit to Non-US country’ (Transit menuju negara di luar AS) dan nomor penerbangan yang terakhir dari perjalanan Anda.
  • Anda akan melanjutkan dengan kapal pesiar. Ketika mengisi alamat Anda silakan memasukkan: ‘Transit to Cruise Line’ (Transit menuju Kapal Pesiar), sebutkan nama kapal serta kotanya dan tuliskan dari mana kapal pesiar Anda akan berangkat.
    • Anda akan bepergian melintasi Amerika Serikat dengan motor home (kendaraan berfasilitas rumah). Jika mungkin, harap memberikan petunjuk lokasi yang direncanakan.

Unduh formulir Advanced Passenger Information(PDF, 54KB) (PDF, 54KB)
Lihat fasilitas check-in per bandara keberangkatan 

Baggage

Pertanyaan yang sering diajukan

Kembali ke atas
  • www.airfrance.com
  • www.skyteam.com