Informasi Perjalanan Penting

Silakan baca informasi perjalanan di bawah ini dengan teliti. Informasi ini direvisi pada Juni 2017.

Bagasi

Apakah Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagasi yang diperbolehkan? Lihat berapa banyak bagasi yang dapat Anda bawa, plus biaya dan diskon kami untuk tas tambahan dan bagasi khusus.

Barang dibatasi atau terlarang

Terdapat sejumlah barang yang tidak boleh dibawa dalam bagasi jinjing dan/atau bagasi check-in atau yang dilarang. Baca lebih lanjut mengenai peraturan khusus kami untuk membawa barang tertentu bersama Anda di pesawat.

Waktu check-in dan memasukkan bagasi drop-off

Waktu check in
Penumpang diharap tiba tepat waktu sebelum keberangkatan di lokasi check-in KLM dan pintu boarding, selambat-lambatnya sesuai yang telah diberitahukan oleh KLM. Waktu check-in berbeda di tiap bandara. Juga, waktu check-in dapat berbeda jika penerbangan Anda dioperasikan oleh mitra maskapai penerbangan; harap periksa situs web yang terkait untuk waktu check-in yang benar. Anda akan mengetahui maskapai yang mengoperasikannya dari konfirmasi pemesanan Anda. Jika penumpang tidak check-in atau tiba di pintu boarding tepat waktu, KLM berhak membatalkan tempat yang telah dipesan untuk penumpang.

Lihat waktu check in dan memasukkan bagasi drop-off


Penundaan, pembatalan dan penolakan naik pesawat

KLM akan selalu melakukan yang terbaik guna menghindari penundaan, pembatalan atau penolakan naik pesawat. Namun, jika hal ini terjadi pada Anda, KLM akan menawarkan bantuan dan kompensasi, sesuai dengan durasi penundaan dan durasi penerbangan Anda. Untuk informasi lainnya tentang hak-hak penumpang yang berkaitan dengan kompensasi dan/atau bantuan, lihat isi selebaran "Bantuan dan kompensasi". Pastikan rincian kontak Anda tersedia untuk kami, sehingga kami dapat menginformasikannya kepada Anda secara langsung.

Saran untuk penumpang internasional mengenai batasan tanggung jawab

Diinformasikan kepada penumpang yang melakukan perjalanan dengan tujuan utama atau pemberhentian di sebuah negara yang bukan negara asalnya, bahwa ketentuan perjanjian yang dikenal sebagai Konvensi Warsawa dapat berlaku untuk seluruh perjalanan, termasuk sebagian atau seluruh bagian dari negara asal atau tujuan. Untuk penumpang yang melakukan perjalanan ke, dari, atau dengan tempat pemberhentian yang disetujui di Amerika Serikat, Konvensi dan kontrak pengangkutan khusus yang tercakup dalam tarif yang berlaku menyatakan bahwa tanggung jawab pengangkut tertentu, para pihak dari kontrak khusus tersebut, untuk kematian atau cedera diri pada penumpang dibatasi dalam sebagian besar kasus dengan kerusakan yang terbukti tidak melebihi US$ 75.000,00 per penumpang, dan bahwa tanggung jawab ini hingga batasan tersebut tidak bergantung pada kelalaian dari pihak pengangkut. Untuk penumpang yang bepergian dengan pengangkut yang bukan merupakan pihak dari kontrak khusus tersebut atau tidak melakukan perjalanan ke, dari, atau memiliki tempat pemberhentian yang disetujui di Amerika Serikat, tanggung jawab pengangkut untuk kematian atau cedera diri pada penumpang dibatasi dalam sebagian besar kasus hingga sekitar US$ 10.000,00 atau US$ 20.000,00.
Nama pengangkut, para pihak dari kontrak khusus tersebut, tersedia di semua kantor tiket dari pengangkut yang bersangkutan dan dapat diperiksa sesuai permintaan.
Perlindungan tambahan biasanya dapat diperoleh dengan membeli asuransi dari perusahaan swasta. Asuransi ini tidak terpengaruh oleh semua batasan tanggung jawab pengangkut menurut Konvensi Warsawa atau kontrak pengangkutan khusus tersebut. Untuk informasi lebih lanjut, tanyakan pada perwakilan maskapai atau perusahaan asuransi Anda.
Catatan: Batasan tanggung jawab sebesar US$ 75.000,00 di atas sudah termasuk tarif dan biaya hukum, kecuali dalam hal klaim yang diajukan di sebuah negara dengan ketentuan penetapan tarif dan biaya hukum terpisah, maka tanggung jawab tersebut adalah sebesar US$ 58.000,00 tidak termasuk tarif dan biaya hukum.
Ini adalah Pemberitahuan yang diwajibkan menurut Order 69-2-65 Departemen Transportasi AS. Hal ini tidak mencerminkan ketentuan dari Konvensi Montreal 1999 yang mungkin berlaku untuk perjalanan Anda. Tidak ada pernyataan yang disampaikan terkait keakuratan kontennya.

Meskipun demikian, penumpang dapat dikenakan regulasi tanggung jawab yang lebih menguntungkan. Batasan tanggung jawab yang berlaku untuk perjalanan Anda dalam penerbangan yang dioperasikan oleh KLM adalah sebagai berikut:

  1. Tidak ada batasan finansial untuk kematian atau cedera tubuh pada penumpang dan KLM dapat melakukan pembayaran di muka sesuai dengan kerugian yang diderita, untuk memenuhi kebutuhan ekonomi mendesak dan mendasar orang yang berhak mengklaim kompensasi;
  2. Dalam hal kerusakan, kehilangan, kerugian pada, atau penundaan dalam menerima bagasi, pertanggungjawaban KLM dibatasi sampai 1.131 Hak Penarikan Khusus (sekitar EUR 1.230) untuk kerugian yang terbukti. Jika nilai bagasi Anda melebihi batas ini, harap membuat pernyataan nilai untuk bagasi yang diperiksa yang melebihi batas pertanggungjawaban yang berlaku pada saat check-in atau pastikan bahwa bagasi Anda diasuransikan sepenuhnya sebelum perjalanan;
  3. Dalam hal kerugian yang terjadi karena penundaan pengangkutan udara, pertanggungjawaban KLM dibatasi sampai 4.694 Hak Penarikan Khusus (sekitar EUR 5.100) untuk kehilangan dan biaya yang terbukti.

Jika perjalanan juga melibatkan pengangkutan oleh maskapai lain, Anda harus menghubungi mereka untuk mendapatkan informasi tentang batas pertanggungjawaban mereka.

Pemberitahuan ini sesuai dengan persyaratan Regulasi Komunitas Eropa (European Community Regulation/ EC) No. 889/2002.

Tanggung jawab pengangkut udara untuk penumpang dan bagasi mereka

Disclaimer:
Ini adalah pemberitahuan yang diwajibkan oleh Regulasi Komunitas Eropa (European Community Regulation/ EC) No. 889/2002. Pemberitahuan ini tidak dapat digunakan sebagai dasar untuk klaim kompensasi maupun menginterpretasikan ketentuan dari Regulasi atau Konvensi Montreal, dan tidak merupakan bagian dari kontrak antara pengangkut dan Anda.

Pemberitahuan ini tidak akurat dalam pernyataan bahwa untuk kerusakan hingga 113.100 Hak Penarikan Khusus, pengangkut udara tidak dapat menggugat klaim untuk kompensasi. Menurut Regulasi dan Konvensi Montreal, posisi pengangkut adalah sebagai berikut: untuk kerusakan hingga 113.100 Hak Penarikan Khusus terkait kematian atau cedera tubuh yang disebabkan oleh kecelakaan di atas pesawat atau selama lepas landas atau pendaratan, pengangkut tidak dapat mengecualikan atau membatasi tanggung jawabnya, kecuali jika ada kelalaian kontributif. Selain itu, total batasan tanggung jawab pengangkut udara untuk penundaan, kerusakan, kehilangan, atau kerugian bagasi adalah sebesar 1.131 Hak Penarikan Khusus untuk kerugian dan biaya yang terbukti, kecuali penumpang membuat pernyataan khusus mengenai nilai yang lebih tinggi saat check in atau membeli asuransi tambahan.

Tanggung jawab pengangkut udara untuk penumpang dan bagasi mereka
Pemberitahuan informasi ini meringkas peraturan tanggung jawab yang diterapkan oleh pengangkut udara UE sebagaimana yang diwajibkan oleh Hukum UE dan Konvensi Montreal.

Kompensasi dalam hal kematian atau cedera 
Tidak ada batasan finansial untuk tanggung jawab atas cedera atau kematian penumpang. Untuk kerusakan hingga 113.100 Hak Penarikan Khusus (sekitar EUR 123.000), pengangkut udara tidak dapat menggugat klaim untuk kompensasi. Jika melebihi jumlah tersebut, pengangkut udara dapat membela diri terhadap klaim dengan membuktikan bahwa pengangkut tidak lalai atau melakukan kesalahan.

Pembayaran di muka 
Jika penumpang terbunuh atau terluka, pengangkut udara harus melakukan pembayaran di muka untuk menutup kebutuhan ekonomi mendesak dalam waktu 15 hari sejak identifikasi orang yang berhak atas kompensasi. Jika terjadi kematian, pembayaran di muka ini tidak boleh kurang dari 16.000 Hak Penarikan Khusus (sekitar EUR 20.000).

Penundaan penumpang 
Dalam hal penundaan penumpang, pengangkut udara bertanggung jawab atas kerusakan, kecuali pengangkut udara sudah mengambil semua langkah sewajarnya untuk menghindari kerusakan atau tidak memungkinkan bagi mereka untuk mengambil langkah tersebut.
Tanggung jawab atas penundaan penumpang dibatasi hingga 4.694 Hak Penarikan Khusus (sekitar EUR 5.100).

Penundaan bagasi 
Dalam hal penundaan bagasi, pengangkut udara bertanggung jawab atas kerusakan, kecuali pengangkut udara sudah mengambil semua langkah sewajarnya untuk menghindari kerusakan atau tidak memungkinkan bagi mereka untuk mengambil langkah tersebut. Tanggung jawab atas penundaan bagasi dibatasi hingga 1.131 Hak Penarikan Khusus (sekitar EUR 1.230).

Kerusakan, kehilangan, atau kerugian pada bagasi 
Pengangkut udara bertanggung jawab atas kerusakan, kehilangan, atau kerugian pada bagasi hingga 1.131 Hak Penarikan Khusus (sekitar EUR 1.230). Dalam hal bagasi yang diperiksa, pengangkut bertanggung jawab, meskipun tidak melakukan kesalahan, kecuali bagasi memang rusak. Dalam hal bagasi yang tidak diperiksa, pengangkut hanya bertanggung jawab jika melakukan kesalahan.

Batasan lebih tinggi untuk bagasi 
Penumpang dapat memanfaatkan batasan tanggung jawab yang lebih tinggi dengan membuat pernyataan khusus selambat-lambatnya saat check in dan dengan membayar biaya tambahan.

Keluhan bagasi 
Jika bagasi mengalami kerusakan, tertunda, hilang, atau hancur, penumpang harus menulis dan mengajukan keluhan kepada pengangkut udara sesegera mungkin. Dalam hal kerusakan pada bagasi yang diperiksa, penumpang harus menulis dan mengajukan keluhan dalam waktu tujuh hari, dan dalam hal penundaan dalam waktu 21 hari, untuk kedua kasus sejak tanggal bagasi diserahkan kepada penumpang.

Tanggung jawab pengangkut menurut kontrak dan sesungguhnya 
Jika pengangkut udara yang melakukan penerbangan sesungguhnya tidak sama dengan pengangkut udara menurut kontrak, penumpang berhak untuk menyampaikan keluhan atau meminta klaim atas kerusakan kepada keduanya. Jika nama atau kode pengangkut udara tertera pada tiket, maka pengangkut udara tersebut merupakan pengangkut udara menurut kontrak.

Batas waktu untuk tindakan 
Tindakan apa pun di pengadilan untuk mengklaim kerusakan harus diajukan dalam waktu dua tahun sejak tanggal kedatangan pesawat atau sejak tanggal pesawat seharusnya tiba.

Dasar informasi 
Dasar peraturan yang diuraikan di atas adalah Konvensi Montreal tanggal 28 Mei 1999 yang dilaksanakan di UE menurut Regulasi (EC) No. 2027/97 (sebagaimana telah diubah oleh Regulasi (EC) No. 889/2002) dan perundang-undangan nasional Negara Anggota.