Bagasi khusus

Dari papan selancar hingga tas golf, Anda dapat membawa serta semua jenis bagasi khusus!
 

Penting: reservasi untuk bagasi khusus

Karena keterbatasan ruang di pesawat, Anda perlu melakukan reservasi untuk mengangkut beberapa jenis bagasi khusus seawal mungkin – jangan kurang dari 48 jam sebelum keberangkatan. Anda dapat melakukannya dengan mudah di KLM.com: log in ke Perjalanan Saya, buka tab "Perincian penumpang", lalu gulir ke bawah ke "Bagasi". Atau, hubungi KLM Kontak Centre Pelanggan.

Pastikan reservasi telah dikonfirmasi sebelum keberangkatan untuk memastikan Anda dapat membawa serta bagasi khusus.

 

Pakaian pengantin

Anda dapat membawa gaun pengantin ke dalam kabin sebagai ganti sebuah bagasi jinjing jika dikemas dalam tas pakaian. Harap pastikan tas memenuhi batasan berat dan ukuran. Lihat ketentuan untuk bagasi jinjing.

Anda juga dapat memilih untuk membawa gaun pengantin sebagai bagasi check-in, atau sebagai bagasi check-in tambahan yang telah dibeli di muka. Anda tidak perlu melakukan reservasi untuk mengangkut gaun pengantin Anda.

Pada penerbangan KLM dalam kawasan Eropa yang menggunakan pesawat Boeing 737, Embraer 190, dan Embraer 175, kami memiliki ruang penyimpanan terbatas di kabin. Jadi, Anda hanya dapat membawa gaun pengantin sebagai bagasi check-in.

 

Alat musik

Anda dapat membawa alat musik dengan salah satu dari tiga cara berikut:

1. Sebagai bagasi check-in
jika alat musik Anda memiliki berat maks. 23 kg (50,5 lb) di Kelas Ekonomi dan maks. 32 kg (70,5 lb) di Kelas Bisnis. Alat harus dikemas dalam koper yang keras. Harap memastikan bahwa peralatan Anda dikemas dengan baik karena kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan apa pun. Biaya tambahan berlaku jika peralatan Anda lebih besar dari P + L + T 158 cm (62 inci) atau lebih berat dari 23 kg (50,5 lb) di Kelas Ekonomi.

Jika peralatan Anda lebih berat dari 32 kg (70,5 lb) atau berukuran lebih besar dari P + L + T 300 cm (118 inci), harap melakukan reservasi melalui KLM Kontak Centre Pelanggan. Anda perlu membayar biaya. Silakan melakukan reservasi seawal mungkin, namun jangan kurang dari 48 jam sebelum keberangkatan.

2. Sebagai bagasi jinjing
Alat musik yang lebih kecil, seperti biola atau peralatan yang lebih kecil, dapat Anda bawa di dalam kabin sebagai ganti sebuah bagasi jinjing. Alat tersebut harus muat dalam kompartemen bagasi di atas kepala.

3. Pada tempat duduk tambahan
Peralatan yang lebih besar dan tidak dapat dimasukkan dalam kompartemen bagasi di atas kepala atau di bawah tempat duduk dapat dibawa ke dalam kabin untuk diletakkan di tempat duduk. Peralatan Anda tidak boleh lebih panjang dari 140 cm (55 inci) dan tidak boleh lebih berat dari 45 kg (100 lb). Tempat duduk ini harus dipesan di muka melalui KLM Kontak Centre Pelanggan.

Lihat ketentuan dan biaya untuk alat musik per penerbangan KLM

 

Sepeda dan tandem

Anda dapat membawa serta sepeda (lipat) atau tandem (bukan listrik) seberat maks. 23 kg dalam kotak sepeda, kontainer, atau tas pelindung. Kotak, kontainer, atau tas ini harus dirancang khusus untuk mengangkut sepeda. Cara terbaik melindungi sepeda Anda adalah dengan menggunakan pembungkus yang permukaannya keras. Namun demikian, pembungkus dengan permukaan lunak juga diperbolehkan asalkan terdapat bahan pelindung di dalamnya.

  • Gagang pegangan harus diputar searah panjang rangka sepeda, kayuh, dan bagian lainnya yang menonjol harus dilepaskan, dan ban harus dikempiskan.
  • Kotak sepeda khusus KLM tersedia di Bandara Schiphol Amsterdam seharga EUR 20 per kotak (176,5 x 23 x 101,5 cm / 69 x 9 x 40 inci). Kotak sepeda KLM memiliki berat 4,5 kg (10 lbs).
  • Harap diperhatikan: peraturan internasional melarang Anda membawa sepeda listrik.

Harap lakukan reservasi untuk mengangkut sepeda atau tandem setidaknya 48 jam sebelum keberangkatan melalui KLM Kontak Centre Pelanggan. Anda harus selalu membayar biaya kelebihan bagasi untuk sepeda atau tandem.

Lihat aturan dan biaya sepeda dan tandem per penerbangan KLM

 

Tas golf

Seperangkat perlengkapan golf dapat terdiri dari tas golf dengan isi hanya tongkat, bola, dan sepasang sepatu golf.

Anda dapat membawa seperangkat perlengkapan golf sebagai bagasi check-in, atau sebagai bagasi check-in tambahan yang telah dibeli di muka. Beri tahu kami melalui Perjalanan Saya untuk memastikan Anda dapat membawa seperangkat perlengkapan golf Anda.

Lihat ketentuan dan biaya tas golf per penerbangan KLM

Flying Blue Golf Club

Jika Anda anggota Flying Blue Golf Club dan semua penerbangan dalam perjalanan Anda dioperasikan oleh KLM, Air France (termasuk HOP!), atau Air Corsica, Anda boleh membawa 1 tas golf maks. 23 kg (50,5 lb) tanpa biaya, melebihi standar bagasi yang diperbolehkan untuk Anda. Anda perlu membawa voucher Flying Blue Golf

 

Ski dan snowboard

Seperangkat perlengkapan ski (air) atau snowboard dapat terdiri atas salah satu berikut ini:

  • Papan (dalam sebuah tas: panjang maks. 300 cm / 118 inci) dan sepasang sepatu bot snowboard
  • Sepasang ski (air), 2 tongkat ski, dan sepasang sepatu bot ski

Anda dapat membawa salah satu seperangkat perlengkapan di atas sebagai bagasi check-in, atau sebagai ganti bagasi check-in tambahan yang telah dibeli di muka. Anda tidak perlu melakukan reservasi untuk mengangkut perlengkapan ski atau snowboard.

Ransel penyelamat longsor dapat dibawa sebagai ganti bagasi jinjing atau bagasi check-in (permintaan tambahan), atau dikemas di dalam bagasi jinjing atau bagasi check-in Anda. Anda perlu senantiasa melakukan reservasi melalui telepon untuk mengangkutnya. Pada penerbangan menuju, dari, dan melalui Amerika Serikat, ransel penyelamat longsor dengan mekanisme pemicu eksplosif tidak diizinkan dalam bagasi jinjing atau bagasi check-in.

Lihat ketentuan dan biaya ski – dan snowboard per penerbangan KLM

 

Perlengkapan selancar

  • Perlengkapan selancar dapat termasuk papan selancar (angin, layang, gelombang, boogie, atau tubuh) dan harus dikemas dalam tas papan selancar.
  • Perlengkapan selancar angin dapat terdiri dari sebuah papan selancar, tiang, layar, dan perintang, dan harus dikemas dalam 1 paket, lebih baik dalam sebuah ‘tas quiver’.
  • Perlengkapan selancar layang dapat terdiri dari sebuah papan selancar dan sebuah tas layang dan harus dikemas dalam 1 paket, lebih baik dalam sebuah tas layang.

Anda dapat membawa salah satu seperangkat perlengkapan selancar di atas sebagai ganti koper untuk penerbangan yang dioperasikan oleh KLM, Air France, atau HOP! dan dengan tiket bernomor penerbangan KL, AF atau A5. Saat bepergian ke atau dari Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat, atau dengan penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan lain, Anda mungkin dikenai biaya. Anda perlu melakukan reservasi untuk mengangkut perlengkapan selancar jika ukurannya lebih dari 107 cm (42 inci). Perlengkapan selancar Anda (termasuk tas) berukuran maks. 300 cm (118 inci) boleh memiliki berat maks. 23 kg (50,5 lb) di Kelas Ekonomi, dan maks. 32 kg (70,5 lb) di Kelas Bisnis.

Lihat ketentuan dan biaya perlengkapan selancar per penerbangan KLM

 

Peralatan menyelam

Seperangkat perlengkapan selam dapat terdiri dari baju selam, rompi, kaos kaki selam, masker, sepatu, sirip, pisau, dan regulator. Senter selam harus dibawa sebagai bagasi jinjing, dengan baterai dan bola lampunya dikeluarkan.

Anda dapat membawa seperangkat perlengkapan selam sebagai bagasi check-in, atau sebagai ganti bagasi check-in tambahan yang telah dibeli di muka. Anda perlu melakukan reservasi untuk mengangkut seperangkat perlengkapan selam.

Mohon diperhatikan: Tabung udara (tangki menyelam) harus kosong dan klep harus terbuka dan dilepaskan. Anda perlu senantiasa melakukan reservasi untuk mengangkut tabung udara, yang hanya dapat dibawa dengan biaya khusus.

Lihat ketentuan dan biaya perlengkapan selam per penerbangan KLM

 

Peralatan memancing

Seperangkat perlengkapan pancing dengan ukuran maks. 300 cm (118 inci) bisa memiliki berat maks. 23 kg (50,5 lb) di Kelas Ekonomi dan maks. 32 kg (70,5 lb) di Kelas Bisnis, dan dapat terdiri dari joran pancing, kumparan, jaring penangkap, sepasang sepatu bot memancing, dan kotak umpan. Semua ini harus dikemas bersama dalam 1 paket.

Anda dapat membawa seperangkat perlengkapan pancing sebagai bagasi check-in, atau sebagai ganti bagasi check-in tambahan yang telah dibeli di muka. Anda tidak perlu melakukan reservasi untuk mengangkut perlengkapan pancing.

Lihat ketentuan dan biaya perlengkapan pancing per penerbangan KLM

 

Senjata untuk olahraga menembak dan berburu

Anda hanya boleh membawa senjata api dan amunisi untuk tujuan menembak dan berburu sebagai bagasi jinjing di bawah persyaratan tertentu yang ketat. Anda dapat membawa senjata api dan amunisi sebagai bagasi check-in, atau sebagai bagasi check-in tambahan yang telah dibeli di muka, tetapi Anda selalu perlu melakukan reservasi untuk mengangkut senjata api dan amunisi.

Selain senjata dan kotak senjata, Anda juga boleh membawa maks. 5 kg amunisi olahraga/berburu, sebuah alas menembak, alat-alat kecil, dan pelindung telinga.

Mohon diperhatikan:

  • Anda harus memiliki semua surat izin yang diwajibkan untuk barang Anda.
  • Amunisi hanya dimaksudkan untuk keperluan olahraga menembak.
  • Senjata api harus dikosongkan dan dikemas secara aman dalam koper atau wadah lainnya. Peluru harus dikemas secara aman, lebih baik dalam koper.
  • Senapan harus diangkut terpisah dari amunisi. Senjata api dan amunisi sebaiknya dikemas terpisah dari barang bawaan pribadi lainnya.
  • Bagasi yang berisi amunisi tidak boleh dicantumi label dengan tulisan 'bahan peledak'.
  • Mengangkut amunisi dengan proyektil eksplosif atau mudah terbakar tidak diizinkan.
  • Saat Anda melakukan check in bagasi, Anda perlu melaporkan bahwa senjata Anda dalam keadaan kosong dan amunisi telah dikemas terpisah.

Baca lebih lanjut tentang surat izin senjata api dan amunisi

 

Perlengkapan olahraga lain

Anda dapat membawa jenis perlengkapan olahraga lainnya jika memenuhi persyaratan berikut:

  • P + L + T maks. 300 cm (118 inci)
  • Maks. 23 kg (50,5 lb) di Kelas Ekonomi
  • Maks. 32 kg (70,5 lb) di Kelas Bisnis

Untuk mengangkut barang yang lebih besar atau lebih berat, Anda perlu membayar biaya dan selalu perlu melakukan reservasi melalui KLM Kontak Centre Pelanggan - seawal mungkin, namun jangan kurang dari 48 jam sebelum keberangkatan.