Membawa senjata dan amunisi

Anda ingin membawa senjata api dan amunisi untuk keperluan olahraga dan berburu? Barang ini hanya dapat diangkut sebagai bagasi check-in. Pastikan Anda memiliki izin yang sesuai dan melakukan reservasi transportasi jauh-jauh hari.
 

Siapkan perjalanan Anda

Saat membawa (replika) senjata api dan amunisi, harap mengingat hal-hal berikut:
  • Anda harus memiliki semua izin yang diwajibkan.
  • Amunisi hanya dimaksudkan untuk keperluan olahraga menembak.
  • Senjata api harus dalam kondisi kosong. Baik senjata api maupun patrun harus dikemas dengan aman.
  • Senapan harus diangkut terpisah dari amunisi. Senjata api dan amunisi sebaiknya dikemas terpisah dari barang bawaan pribadi lainnya.
  • Bagasi yang berisi amunisi tidak boleh dicantumkan label bertulisan “bahan peledak”.
  • Mengangkut amunisi dengan proyektil eksplosif atau mudah terbakar tidak diizinkan.
  • Saat melakukan check-in bagasi, Anda perlu melaporkan bahwa senjata Anda dalam keadaan kosong dan amunisi telah dikemas secara terpisah.
 

Reservasi, dokumen, dan izin

Untuk membawa serta senjata api atau amunisi ke kabin pesawat, harap ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buat reservasi melalui agen perjalanan Anda atau melalui KLM Kontak Centre Pelanggan.
2. Pastikan Anda memiliki dokumen-dokumen berikut: 3. Mengajukan izin dari otoritas pabean Belanda untuk bepergian membawa senjata atau amunisi ke, dari, atau melalui Belanda.
 

Mengajukan izin untuk bepergian membawa senjata

Untuk mendapat izin mengangkut senjata api dan amunisi, Anda perlu melengkapi formulir pengajuan untuk perjalanan keberangkatan dan kembali serta menyediakan salinan paspor pemegang lisensi senjata, lisensi senjata, dan undangan atau izin dari negara yang menjadi lokasi perburuan.

Untuk mengunduh formulir pengajuan lisensi untuk mengangkut senjata api, silakan kunjungi situs web otoritas pabean Belanda .

Otoritas pabean Belanda akan mengembalikan formulir bersama izin dan menginformasikan kepada otoritas pabean dan departemen keamanan di Schiphol. Proses ini bisa memakan waktu sampai 8 minggu.

Selama perjalanan, Anda perlu membawa semua formulir izin yang relevan. Jika Anda tidak membawa izin yang diwajibkan tersebut, senjata api dan amunisi Anda dapat disita.
 

Pengecualian: izin tidak dibutuhkan

Penumpang berikut ini tidak diwajibkan untuk mengajukan izin dari otoritas pabean Belanda:
  • Pemburu yang merupakan penduduk Belanda, ketika mereka bepergian ke atau dari Belanda dan memiliki izin berburu yang berlaku. Senjata api yang bersangkutan harus tertera pada izin berburu tersebut.
  • Anggota klub menembak yang merupakan penduduk Belanda, ketika mereka bepergian ke atau dari Belanda dan hanya jika mereka dapat memberikan undangan atau pernyataan tertulis dari klub menembak di negara tujuan.
  • Penumpang dengan paspor UE yang bepergian di dalam kawasan Uni Eropa dan memiliki kartu resmi senjata api UE dalam format paspor. Kartu senjata api UE ini harus diterbitkan atas nama penumpang tersebut dan untuk senjata api yang bersangkutan. Harap diperhatikan: beberapa negara UE menerbitkan kartu senjata api yang tidak memiliki referensi UE. Pemegang kartu ini tidak perlu memiliki izin.
  • Personel militer yang bepergian atas instruksi pemerintah (NATO, Perserikatan Bangsa-Bangsa).