Barang yang dibatasi atau terlarang

Aturan ketat berlaku untuk barang yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan dibawa sebagai bagasi jinjing atau bagasi check-in Anda. Untuk membantu Anda mempersiapkan diri, kami akan menjelaskan barang apa saja yang dibatasi atau dilarang.
 

Aturan umum untuk barang yang dibatasi dan terlarang

airport baggage check for security
Halaman ini memuat sebagian besar informasi tentang barang yang dibatasi atau dilarang, tetapi beberapa regulasi bisa berbeda per negara atau maskapai penerbangan. Selalu pastikan bahwa Anda mengecek aturan di bandara setempat dan maskapai penerbangan, terutama jika melakukan transfer ke maskapai penerbangan lain dalam perjalanan Anda.

Untuk memastikan keselamatan dan keamanan pelanggan dan awak, kami tidak akan mengizinkan Anda membawa barang yang kami yakini dapat digunakan atau disetel untuk melukai atau mencederai seseorang, atau membahayakan pesawat.

Apakah barang Anda tidak tercantum di halaman ini atau ada yang hendak Anda tanyakan? Silakan hubungi agen perjalanan Anda atau KLM Kontak Centre Pelanggan.

Belanja bebas pajak di bandara?
Baca selanjutnya tentang bepergian dengan pembelian bebas pajak
 

Cairan dan bubuk

Cairan dapat dibawa sebagai bagasi jinjing Anda, namun hanya dalam wadah kecil yang tidak lebih dari 100 ml (3,4 oz) per barang. Semua cairan harus dimasukkan bersama-sama ke dalam satu kantong plastik transparan dan dapat ditutup dengan volume tidak lebih dari 1 liter. Kantong ini harus tertutup dan seluruh barang dapat masuk ke dalamnya dengan mudah. Setiap orang dapat membawa satu kantong plastik transparan. Jika jumlahnya lebih banyak, barang tersebut harus dibawa sebagai bagasi check-in.

Pada penerbangan ke dan dari Amerika Serikat, bubuk dan zat-zat berbentuk bubuk dapat dibawa sebagai bagasi jinjing, tetapi hanya dalam jumlah sedikit yang tidak melebihi 350 ml (12 oz) per barang. Jika jumlahnya lebih banyak, barang tersebut harus dibawa sebagai bagasi check-in. Jika terlihat tanda-tanda kerusakan, barang tersebut tidak diizinkan dibawa sebagai bagasi jinjing maupun bagasi check-in.

Anda selalu diperbolehkan membawa cairan dan bubuk berikut sebagai bagasi jinjing:
  • Makanan bayi yang akan dikonsumsi selama penerbangan
  • Obat-obatan yang akan diminum pada saat penerbangan, seandainya Anda diberi resep atau mengikuti anjuran dokter
  • Hidangan diet khusus yang akan dikonsumsi selama penerbangan
  • Guci berisi abu jenazah, asalkan memenuhi persyaratan
  • Barang bebas pajak yang bersegel
 

Alat elektronik dan baterai litium

Harap diingat bahwa perangkat elektronik atau baterai yang rusak, tidak berfungsi, atau ditarik dari peredaran tidak diizinkan untuk diangkut sebagai bagasi check-in atau bagasi jinjing.

Apakah Anda membawa kursi roda listrik atau bertenaga baterai? Untuk barang-barang ini, aturan lain mungkin diberlakukan. Harap hubungi KLM CARES agar kami dapat membantu menemukan solusi terbaik untuk Anda.

Baterai litium
Perangkat yang dilengkapi dengan baterai litium hingga 100 Wh diizinkan diangkut sebagai bagasi jinjing atau bagasi check-in. Perangkat yang dibawa sebagai bagasi check-in harus dimatikan sepenuhnya dan dilindungi dari kerusakan. Anda diperbolehkan membawa maksimum 15 buah perangkat elektronik hingga 100 Wh per penumpang tanpa perlu meminta izin. Untuk perangkat yang dilengkapi dengan baterai litium hingga 160 Wh, izin perlu diajukan melalui KLM Kontak Centre Pelanggan. Perangkat yang dilengkapi dengan baterai litium lebih besar dari 160 Wh tidak diizinkan diangkut sebagai bagasi jinjing atau bagasi check-in.

Baterai litium cadangan terpisah dan powerbank (untuk perangkat seperti laptop, ponsel, dan peralatan medis) hanya boleh dibawa sebagai bagasi jinjing. Maksimum 20 buah baterai cadangan hingga 100 Wh per penumpang diperbolehkan tanpa perlu meminta izin. Untuk baterai cadangan hingga 100 Wh, Anda tidak memerlukan izin. Untuk baterai cadangan hingga 160 Wh, izin perlu diajukan melalui KLM Kontak Centre Pelanggan. Baterai cadangan yang lebih besar dari 160 Wh tidak pernah diizinkan. Jika nilai Wh tidak tertera pada baterai atau tidak dapat diketahui, maka baterai tersebut tidak akan diterima. Untuk menghitung Wh, kalikan nilai Amp-jam (Ah) dengan voltase (V).

Setiap baterai harus dibungkus terpisah dan dalam kemasan aslinya. Jika kemasan aslinya sudah tidak ada, Anda harus menutup bagian-bagian kontak baterai dengan selotip tidak konduktif untuk mengisolasinya dan mengemas masing-masing baterai dalam kantong plastik terpisah.

 

Baterai dalam peralatan

Baterai cadangan (termasuk powerbank)

 

Bagasi jinjing

Bagasi check-in

Bagasi jinjing

Bagasi check-in

< 100 Wh

#ya#

#ya#

#ya#

#tidak#

100 - 160 Wh

#ya#*

#ya#*

#ya#*

#tidak#

> 160 Wh

#tidak#

#tidak#

#tidak#

#tidak#



* Untuk kasus ini, izin perlu diajukan melalui KLM Kontak Centre Pelanggan. Setelah mendapat izin, Anda boleh membawa 2 perangkat yang dilengkapi dengan baterai litium, atau 1 perangkat yang dilengkapi dengan baterai litium dan 1 baterai cadangan.

Saat mengisi daya perangkat Anda yang dilengkapi dengan baterai litium selama penerbangan, selalu awasi perangkat tersebut. Cabut kabel dari stopkontak begitu Anda selesai mengisi daya. Jika perangkat terselip di antara tempat duduk, mintalah bantuan dari awak kabin kami. Anda tidak diperbolehkan mengisi daya baterai cadangan di pesawat.

Bagasi pintar
Untuk bagasi yang dilengkapi dengan baterai litium selain sel tombol litium (bagasi pintar), baterai harus bisa dilepas. Jika Anda ingin membawanya sebagai bagasi check-in, baterai harus dilepas dan dibawa bersama Anda ke dalam kabin. Jika baterai litium tidak bisa dilepas dari bagasi Anda, baterai tersebut dilarang untuk diangkut baik sebagai bagasi check-in maupun bagasi jinjing.

Perangkat keseimbangan diri
Baterai litium yang mengoperasikan perangkat keseimbangan diri atau perangkat bergerak pribadi tidak diizinkan diangkut sebagai bagasi jinjing atau bagasi check-in sekalipun baterainya dicopot atau dilepas. Ini termasuk hoverboard, airboard, oxboard, e-skate, waveboard, U-runner, dan pengangkut bagasi listrik.

Namun demikian, perangkat keseimbangan diri boleh digunakan oleh penumpang dengan keterbatasan fisik. Untuk kasus ini, izin perlu diajukan melalui KLM CARES. Ajukan permintaan Anda sedini mungkin, tetapi selambat-lambatnya 48 jam sebelum keberangkatan.

Rokok elektronik
Untuk sebagian besar tujuan, Anda hanya dapat membawa e-rokok atau jenis rokok elektronik lain (termasuk baterai tambahan) bersama Anda. Barang tersebut tidak pernah diizinkan untuk dibawa sebagai bagasi check-in. Mengingat aturan bisa berbeda untuk tiap negara, kami sarankan untuk selalu memeriksa larangan hukum di semua negara yang menjadi bagian dari perjalanan Anda. Menggunakan rokok elektronik atau mengisi dayanya atau daya baterainya tidak pernah diizinkan di pesawat.

Pemeriksaan perangkat elektronik untuk penerbangan ke Amerika Serikat dan Kanada
Untuk penerbangan ke berbagai tujuan di Amerika Serikat atau Kanada, semua perangkat elektronik yang dioperasikan dengan baterai dan diangkut sebagai bagasi jinjing, akan menjalani pemeriksaan tambahan. Di pintu keberangkatan, perangkat ini harus dikeluarkan dari pembungkus atau penutupnya, dihidupkan, dan ditunjukkan bahwa dapat beroperasi. Perangkat elektronik yang cacat, tidak lengkap, atau rusak tidak diterima.
 

Barang terlarang

Senjata Api
Pistol, senjata api, atau perangkat lain yang dapat (atau terlihat dapat) digunakan untuk menimbulkan luka serius dengan melontarkan peluru tidak boleh diangkut sebagai bagasi jinjing. Ini termasuk, tetapi tidak terbatas pada:
  • Semua jenis senjata api seperti pistol, revolver, senapan, dan senapan gentel
  • Senjata api mainan, replika, dan tiruan yang dapat disalahpahami sebagai senjata asli
  • Komponen senjata api (kecuali perlengkapan pandang teleskop dan pembidik pandang)
  • Pistol angin, senapan angin, senjata pelet, dan senjata BB (ball bearing guns)
  • Pistol suar dan pistol start
  • Busur, busur silang, dan anak panah
  • Senjata harpun dan senjata tombak
  • Katapel dan katapel tempur
Anda diizinkan membawa senjata api dan amunisi untuk keperluan menembak dan berburu sebagai bagasi check-in, tetapi hanya jika Anda memiliki semua surat izin dan lisensi yang dibutuhkan, menurut persyaratan ketat tertentu, dan setelah melakukan reservasi transportasi.

Baca selanjutnya tentang surat izin dan lisensi untuk senjata

Perangkat kejut
Anda tidak boleh membawa perangkat apa pun yang dirancang secara khusus untuk mengejutkan atau melumpuhkan sebagai bagasi jinjing, termasuk:
  • Perangkat pengaget seperti pistol kejut, taser, tongkat kejut, pelecut ternak, dan sistem daya yang dialirkan secara balistik
  • Pengejut hewan dan pembunuh hewan
Benda lancip atau tajam
Anda tidak boleh membawa benda lancip atau tajam yang dapat digunakan untuk mencederai sebagai bagasi jinjing. Benda-benda ini dapat terbuat dari logam atau bahan lain yang cukup kuat untuk digunakan sebagai senjata. Ini termasuk, tetapi tidak terbatas pada:
  • Kapak, beliung, pisau daging, dan barang lain yang dirancang untuk mencincang
  • Pisau atau gunting dengan mata pisau lebih dari 6 cm/2,35 inci (aturan setempat lainnya mungkin diberlakukan)
  • Kapak es dan penusuk es
  • Pisau cukur
  • Pemotong kardus
  • Sepatu seluncur es
  • Pedang panjang, pedang, dan tongkat berpedang
  • Jarum dan jarum rajut
Alat pertukangan
Anda tidak boleh membawa sebagai bagasi jinjing alat apa pun yang dapat digunakan sebagai senjata lancip atau tajam, seperti:
  • Linggis
  • Bor dan mata bor, termasuk bor mesin portabel nirkabel
  • Alat dengan mata pisau atau batang yang lebih panjang dari 6 cm/2,35 inci (aturan setempat lainnya mungkin diberlakukan), seperti obeng dan pahat
  • Gergaji, termasuk gergaji mesin portabel nirkabel
  • Obor las
  • Pistol baut, stapler industri, dan pistol paku
Alat tumpul
Anda tidak boleh membawa alat tumpul apa pun yang dapat digunakan untuk memukul dan mencederai sebagai bagasi jinjing. Ini termasuk, tetapi tidak terbatas pada:
  • Tongkat bisbol dan sofbol
  • Pentungan dan tongkat pendek seperti pentung, baton, dan tonfa
  • Tongkat biliar, snooker, dan biliar pul
  • Kail pancing
  • Tongkat golf, tongkat hoki, tongkat lacrosse, dan tongkat kriket
  • Dayung kayak atau kano
  • Peralatan bela diri seperti keling
  • Papan luncur dan papan longboard
Bahan peledak dan zat yang mudah terbakar
Anda tidak boleh membawa bahan peledak atau zat yang mudah terbakar serta perangkat apa pun yang dapat membahayakan kesehatan atau barang milik penumpang dan awak atau keselamatan pesawat, baik sebagai bagasi jinjing maupun bagasi check-in. Ini termasuk, tetapi tidak terbatas pada:
  • Amunisi
  • Pemicu peledakan
  • Detonator dan sumbu
  • Peledak, perangkat peledak, bahan peledak, replika, atau tiruan peledak
  • Ranjau, granat, dan alat peledak militer lainnya
  • Kembang api atau cerawat dalam bentuk apa pun (termasuk petasan, petasan Hari Raya, dan mercon)
  • Kaleng atau patrun penghasil asap
  • Dinamit, bubuk mesiu, dan peledak plastik
  • Padatan dan cairan mudah terbakar seperti bensin, solar, cairan pemantik, alkohol, etanol
  • Kaleng cat aerosol, terpentin, dan pengencer cat
  • Minuman beralkohol yang volumenya melebihi 70%
  • Gas dan botol gas seperti butana, propana, asetilena, oksigen dalam jumlah besar
Pemantik rokok kecil dan korek api hanya boleh dibawa oleh orang tersebut, bukan sebagai bagasi jinjing.

Zat kimia dan beracun
Anda tidak boleh membawa zat kimia atau beracun apa pun yang dapat membahayakan kesehatan atau barang milik penumpang dan awak atau keselamatan pesawat, termasuk:
  • Semprotan yang melumpuhkan atau membuat tak berdaya seperti semprotan pala, merica, dan gas air mata
  • Asam dan alkali seperti baterai ‘basah’ yang dapat tumpah
  • Zat korosif atau pemutih seperti merkuri dan klorin
  • Pemadam api
  • Bahan-bahan menular atau yang berbahaya secara biologis seperti darah yang terinfeksi, bakteri, dan virus
  • Bahan yang dapat menyebabkan pengapian atau pembakaran spontan
  • Racun
  • Bahan radioaktif seperti isotop untuk pengobatan atau komersial
  • Kartrij printer dan toner
Barang terlarang lainnya
Secara umum, Anda tidak boleh membawa produk-produk yang berasal dari hewan. Ini termasuk (bagian dari) binatang yang merupakan hasil buruan.

Pada penerbangan ke atau dari Filipina, perhiasan atau jimat yang terbuat dari lima peluru atau selongsong peluru kosong tidak diizinkan.

Penumpang yang bepergian ke Kenya, Tanzania, dan Rwanda tidak diperbolehkan membawa kantong plastik apa pun ketika memasuki negara tersebut. Apakah Anda membeli barang bebas pajak? Kami sarankan Anda membuang kantong plastiknya sebelum naik ke pesawat.