Layanan Anak di Bawah Umur Tanpa Pendamping

Apakah anak Anda berusia 5 sampai dengan 14 tahun dan bepergian sendirian? Pastikan Anda memesan layanan Anak di Bawah Umur Tanpa Pendamping kami. Layanan ini juga dapat dipesan untuk anak-anak yang berusia 15 sampai dengan 17 tahun.
 
 

Layanan Anak di Bawah Umur Tanpa Pendamping

Stewardess and child

Dengan layanan Anak di Bawah Umur Tanpa Pendamping kami, Anda dapat merasa tenang karena anak Anda akan bepergian dengan aman. Memesan layanan ini diwajibkan untuk anak-anak berusia 5 sampai dengan 14 tahun yang bepergian sendiri, atau bepergian dalam kelas perjalanan yang berbeda dari Anda sebagai orang tuanya atau orang dewasa yang mendampinginya.


Sebelum keberangkatan dan setelah kedatangan, staf KLM kami, atau staf yang dipekerjakan oleh KLM, akan mendampingi anak Anda ke dan dari pesawat, bahkan jika terjadi penundaan. Selama penerbangan, awak kabin kami akan tetap memperhatikan anak Anda. Kami akan terus memberi Anda informasi melalui telepon, e-mail, dan SMS sehubungan perubahan jadwal penerbangan anak Anda. Di akhir perjalanan, kami sendiri yang akan menemani anak Anda menemui orang yang telah Anda beri wewenang untuk menjemputnya.


Baca lebih lanjut tentang menerima informasi penerbangan melalui telepon, e-mail, dan SMS.


Untuk anak-anak berusia 15 sampai dengan 17 tahun, layanan ini bersifat opsional. Jika Anda tidak memesan layanan Anak di Bawah Umur Tanpa Pendamping, kami akan menganggap anak Anda penumpang dewasa. Jika penerbangan ditunda atau dibatalkan, kami selalu bersedia membantu, apabila anak Anda memberitahukan usianya dan kebutuhannya untuk dibantu kepada staf KLM kami. Akan tetapi, untuk pendampingan pada saat terjadi gangguan penerbangan, pastikan Anda memesan layanan Anak di Bawah Umur Tanpa Pendamping.

 
 

Cara kerja layanan Anak di Bawah Umur Tanpa Pendamping

Pesan

Pastikan Anda memesan penerbangan untuk anak yang bepergian sendirian bersama dengan layanan Anak di Bawah Umur Tanpa Pendamping setidaknya 24 jam sebelum keberangkatan. Layanan ini tidak dapat dipesan secara terpisah dari penerbangan dan Anda hanya dapat memesannya melalui KLM Kontak Centre Pelanggan atau agen perjalanan Anda.


Ketika memesan layanan ini, kami akan menanyakan keterangan tentang anak Anda dan informasi kontak Anda. Selain itu, kami akan meminta keterangan tentang orang yang mengantar anak Anda ke bandara keberangkatan dan yang berwenang menjemput anak Anda pada saat kedatangan. Pastikan seluruh informasinya sudah disiapkan pada saat memesan layanan tersebut. Kami akan menggunakan informasi ini untuk mengisi formulir Saran Penanganan yang akan anak Anda bawa selama perjalanannya.

Persiapan dan check-in

Sebelum anak yang bepergian sendirian melewati pemeriksaan keamanan, Anda wajib mengisi formulir persetujuan. Baca selengkapnya tentang formulir persetujuan untuk anak di bawah umur yang bepergian ke luar negeri  (hanya dalam bahasa Inggris). Selain itu, beberapa negara mungkin memiliki persyaratan tambahan untuk anak yang bepergian sendirian. Harap pastikan Anda mengecek aturan setempat di tujuan Anda.

Untuk mendampingi anak Anda selama perjalanannya, Anda perlu memberi kami wewenang dengan menyerahkan formulir Saran Penanganan ke konter check-in di bandara. Anda perlu menyerahkan 4 salinan formulir yang sudah terisi lengkap dan ditandatangani untuk setiap penerbangan di pemesanan. Isi formulir secara online melalui Perjalanan Saya atau ketika check-in online. Setelah check-in, Anda hanya dapat membuat perubahan pada formulir dengan menelepon KLM Kontak Centre Pelanggan. Harap pastikan Anda membawa formulir versi terbaru ke bandara dan menandatangani semua salinan.


Belum mengisi formulir secara online? Anda juga dapat mencetak formulir lalu mengisinya secara manual. Jika diperlukan, Anda dapat mengisi formulir di konter check-in, tetapi harap antisipasi waktu ekstra 15 menit.

Saat check-in online, Anda akan menerima konfirmasi check-in, tetapi bukan boarding pass. Anda akan menerima boarding pass di konter check-in di bandara.

Orang tua atau wali yang berusia 18 tahun atau lebih harus membawa anak ke konter check-in setidaknya 2,5 jam sebelum keberangkatan. Orang yang mengantar anak ke bandara harus membawa tanda pengenal yang sah dan menunggu di bandara hingga pesawat anak Anda telah berangkat.


Keberangkatan dari Bandara Schiphol Amsterdam

Di Bandara Schiphol Amsterdam, Anak di Bawah Umur Tanpa Pendamping check-in di konter 8 di Ruang keberangkatan 1 (untuk penerbangan Eropa) atau di konter 16 di Ruang keberangkatan 2 (untuk penerbangan antarbenua). Setelah menerima boarding pass dan melakukan check in bagasi, Anda harus mendampingi anak tersebut ke konter layanan khusus Anak di Bawah Umur Tanpa Pendamping yang berlokasi di antara Ruang keberangkatan 1 dan Ruang keberangkatan 1a. Pastikan Anda tiba di sana setidaknya 75 menit sebelum keberangkatan.

Transfer

Saat waktu transfer yang lama di Bandara Schiphol Amsterdam, kami akan mengantar anak Anda ke Junior Jet Lounge kami. Di tempat ini, anak Anda dapat menikmati minuman ringan sambil menggambar, bermain dengan mainan dan komputer, dan menonton film-film terbaru. Kami juga menyediakan ruangan untuk duduk bersantai di salah satu kursi bantal dan membaca buku yang menarik (dalam berbagai bahasa).


KLM hanya mengizinkan transfer untuk anak di bawah umur tanpa pendamping pada penerbangan KLM, Air France, dan Delta Air Lines. Jika ada pertanyaan, harap hubungi KLM Kontak Centre Pelanggan.

Kedatangan

Saat kedatangan, kami akan mengantar anak Anda menemui orang yang berwenang menjemputnya, sesuai dengan yang tertera pada formulir Saran Penanganan. Orang ini perlu membawa bukti identitas yang valid. Kami tidak akan meninggalkan anak Anda bersama orang yang mewakili suatu perusahaan atau organisasi.

 
 

Biaya

Berapa pun usia anak Anda, biaya Layanan Anak di Bawah Umur Tanpa Pendamping adalah senilai harga tiket orang dewasa ditambah biaya tambahan layanan. Lihat tabel di bawah untuk melihat berapa persisnya jumlah biaya tambahan layanan untuk tiket sekali jalan. Biaya tambahan ini digandakan untuk tiket pulang pergi. Jika anak berjumlah hingga 4 orang dalam 1 pemesanan, biaya Anak di Bawah Umur Tanpa Pendamping hanya akan dikenakan satu kali. Mereka boleh bersaudara maupun tidak, selama kode pemesanannya sama.


Mohon perhatikan bahwa harga di bawah ini akan dikonversi ke mata uang setempat. Di beberapa negara mungkin akan ditambahkan pajak setempat.


Biaya tambahan layanan untuk tiket sekali jalan
EUR
Penerbangan langsung dalam Eropa100
Penerbangan Langsung antarbenua150
Penerbangan dari bandara Eropa, melalui Bandara Schiphol Amsterdam, ke bandara Eropa lain200
Penerbangan dari bandara Eropa, melalui Bandara Schiphol Amsterdam, ke bandara antarbenua (atau sebaliknya)250
Penerbangan dari bandara antarbenua, melalui Bandara Schiphol Amsterdam, ke bandara antarbenua lain300
Penerbangan KLM antara 2 bandara lain selain Bandara Schiphol Amsterdam100
Penerbangan dari Bandara Schiphol Amsterdam, melalui satu tujuan di Amerika Serikat, ke bandara antarbenua lain250