Bepergian dengan membawa serta hewan piaraan

Di sebagian besar penerbangan KLM, Anda dapat membawa kucing atau anjing Anda. Untuk membuat perjalanan hewan piaraan Anda dengan KLM lancar dan aman, kami menawarkan beragam pilihan perjalanan.
 

Reservasi untuk hewan piaraan Anda

Selalu buat reservasi terpisah untuk hewan piaraan Anda melalui KLM Kontak Centre Pelanggan. Kami sangat menyarankan agar reservasi dilakukan sedini mungkin setelah tiket Anda dipesan, tetapi selambat-lambatnya 48 jam sebelum keberangkatan.
 

Hewan piaraan di kabin

Anda dapat membawa kucing atau anjing kecil ke kabin Kelas Ekonomi pada sebagian besar penerbangan KLM dan di Kelas Bisnis pada sebagian besar penerbangan KLM di dalam Eropa. Pastikan persyaratan-persyaratan berikut dipenuhi:

  • Hewan piaraan Anda harus berusia sekurang-kurangnya 10 minggu.
  • Hewan piaraan Anda harus ditempatkan di tas perjalanan khusus piaraan yang sesuai untuknya, dengan ukuran maks. 46 x 28 x 24 cm (P x L x T). Hewan piaraan Anda harus dapat berdiri dan berbaring dengan nyaman.
  • Berat total maksimal yang diizinkan untuk hewan piaraan berikut tas perjalanan atau kandangnya adalah 8 kg (18 lbs).
  • Kandang harus diletakkan di bawah tempat duduk di depan Anda (oleh karena itu, baris keluar tidak disertakan). Selama penerbangan, Anda dilarang mengeluarkan hewan piaraan dari tas perjalanan atau kandangnya.

Harap diperhatikan bahwa kabin kami hanya mampu menampung kandang dalam jumlah terbatas. Sayangnya, Anda dilarang membawa hewan piaraan ke kabin Kelas Bisnis pada penerbangan KLM antarbenua karena tidak ada ruang untuk hewan piaraan Anda di bawah tempat duduk di depan Anda. 


Aturan khusus berlaku jika Anda membawa anjing bantuan ke dalam kabin. Anda dapat meminta informasi lainnya perihal perjalanan dengan hewan penolong dari KLM CARES.

 

Hewan piaraan di bagasi

Kucing atau anjing Anda dapat bepergian dengan menempati ruang bagasi berventilasi pada semua penerbangan KLM.* Pastikan bahwa semua persyaratan berikut dipenuhi:

  • Hewan piaraan Anda harus berusia sekurang-kurangnya 10 minggu.
  • Hewan piaraan Anda harus ditempatkan di kandang yang memenuhi peraturan IATA (misalnya kandang merek “Sky” dan “Vari”). Lihat di bawah ini untuk aturan pasti untuk kandang hewan piaraan.
  • Berat total hewan piaraan dan kandangnya mungkin maksimal 75 kg (165 lb).
  • Dua hewan dewasa dengan ukuran yang sebanding dan rukun, masing-masing hingga 14 kg (30 lbs), dapat ditempatkan dalam 1 kandang yang sama. Ini juga berlaku untuk 3 hewan berusia hingga 6 bulan dari induk yang sama, masing-masing hingga 14 kg (30 lbs).

* Hewan piaraan Anda tidak diperbolehkan bepergian di ruang bagasi pesawat Boeing 737-900 dan Boeing 787-10 kami. Selama musim dingin, hewan piaraan Anda tidak diizinkan ditempatkan di bagasi penerbangan KLM Cityhopper (Embraer 175 dan Embraer 190) lebih dari 2 jam.

Harap diperhatikan bahwa di sepanjang penerbangan, kami tidak dapat memberi makan/minum hewan piaraan yang ada di bagasi.

Hewan bermoncong pendek seperti anjing Boxer, kucing Peking dan Persia, dapat mengalami masalah pernapasan selama penerbangan karena suhu tinggi dan stres. Untuk memastikan keselamatan mereka, sebagian besar hewan bermoncong pendek tidak boleh diangkut di bagasi pesawat. Akan tetapi, mereka boleh diangkut di dalam kabin atau sebagai kargo. Anjing bulldog Inggris dan Perancis, terrier Boston, dan pug hanya boleh diangkut di dalam kabin.

 

Kandang anjing/kucing

Kennel image describing the rules

Saat mengangkut hewan piaraan Anda dalam bagasi, kandang harus mematuhi beberapa aturan:

  • Kerangka kandang harus berbahan kaca serat atau plastik yang kaku. Kandang dari kayu, batang logam, atau kawat jala yang dilas tidak diizinkan.
  • Roda kandang harus dilepas. Atau jika dapat ditarik, rodanya harus diambil atau ditutup dengan plester.
  • Pintu kandang harus memiliki sistem penguncian terpusat yang mengunci kandang baik di bagian atas maupun bawah pintu. (A)
  • Engsel pintu dan pin pengunci harus melebihi wadah setidaknya 1,6 cm (0,62 inci) di luar tonjolan horizontal di atas dan di bawah bukaan pintu di tempat pin terpasang. (B)
  • Kedua bagian dari kandang harus disatukan dengan baut. Dilarang keras menggunakan sistem penguncian lainnya. (C)
  • Kandang harus cukup besar agar hewan piaraan Anda dapat berdiri tanpa menyentuh bagian atas; dapat berbalik dengan mudah, dan berbaring dalam posisi alami.
  • Lantai kandang harus dilapisi selimut, koran, atau bahan lain yang menyerap. Harap perhatikan bahwa penggunaan jerami tidak diizinkan.
  • Kandang harus memiliki 2 mangkuk pakan yang tidak dapat bergeser atau 1 mangkuk pakan yang tidak dapat bergeser dengan 2 bagian untuk pakan dan air.

Anda dapat membeli kandang seperti ini di toko hewan piaraan yang besar atau spesialis agen pengiriman. Pastikan label yang mencantumkan nama hewan berikut instruksi pemberian pakan ditempel pada sisi kandang.

 

Hewan piaraan sebagai kargo

Anda ingin membawa lebih dari 3 hewan piaraan? Jika jumlahnya lebih dari 3, hewan piaraan harus dikirim sebagai kargo. Hewan piaraan Anda juga harus diangkut sebagai kargo oleh Air France-KLM Cargo jika:

  • Berat total hewan piaraan beserta kandangnya lebih dari 75 kg (165 lbs).
  • Kandang lebih besar dari 292 cm (115 inci) (p + l + t).
  • Hewan piaraan Anda tidak melakukan perjalanan pada penerbangan yang sama dengan Anda.
  • Hewan piaraan Anda melakukan perjalanan ke negara yang pemerintahnya hanya mengizinkan pengangkutan hewan piaraan sebagai kargo.


Untuk mengangkut hewan piaraan Anda sebagai kargo, Anda harus menghubungi agen kargo khusus. Anda dapat menemukan daftar agen kargo di Belanda di situs web Air France-KLM Cargo. Atau Anda dapat membaca lebih lanjut di situs web milik Asosiasi Internasional Pengangkutan Hewan Piaraan dan Hewan. 

 

Sebelum keberangkatan

Pastikan untuk menyiapkan terlebih dahulu vaksinasi, dokumen perjalanan, dan hal-hal penting lainnya. Untuk menemukan dokumen mana yang diperlukan dan peraturan mana yang berlaku pada pengangkutan hewan piaraan Anda, kami sarankan untuk menghubungi kedutaan besar negara keberangkatan, transfer, dan negara kedatangan.

Temukan informasi lainnya di situs web perjalanan berikut:
  • Ke, dari, atau di dalam Uni Eropa: baca peraturan Komisi Eropa. 
  • Beberapa negara tidak mengizinkan hewan piaraan diangkut ke dan/atau dari negara tersebut. Untuk informasi lainnya perihal pengecualian ini, silakan kunjungi situs web IATA .
 

Biaya

Siapkan hewan piaraan Anda untuk perjalanan:
  • Beri hewan piaraan Anda waktu 5 hari sebelum penerbangan agar terbiasa dengan kandangnya.
  • Jangan izinkan hewan piaraan Anda minum atau makan selama 2 jam sebelum keberangkatan. Ajak anjing Anda berjalan-jalan sebelum keberangkatan.
  • Kami sangat menyarankan agar Anda tidak membius hewan piaraan. Jika dibius, hewan piaraan Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya dan suhunya bisa turun selama penerbangan. Bagaimana pun, membius hewan piaraan Anda hanya dapat dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter hewan.


Di bandara, kami akan menggunakan daftar periksa untuk hewan piaraan Anda, dokumen perjalanan, dan kandang  (hanya dalam bahasa Inggris).

Proses check-in untuk hewan piaraan mungkin memakan waktu. Kami menyarankan Anda untuk tiba di bandara 3 jam sebelum jadwal keberangkatan dan membawa daftar periksa pengangkutan hewan piaraan sebagai bagasi yang sudah diisi.
 

Biaya dan transfer

Untuk membawa hewan piaraan, Anda akan dikenakan biaya sekitar EUR 30 hingga EUR 200, bergantung pada tujuan Anda. Selain itu, jika hewan piaraan Anda dibawa sebagai bagasi check in dan transfer di Bandara Amsterdam Schiphol berlangsung 2 jam atau lebih, Anda harus membayar biaya tambahan sebesar EUR 150 (atau USD/CAD 200) untuk mendanai perawatan hewan selama transfer.

Di hotel hewan, kami akan memberi hewan piaraan Anda pakan dan minuman. Anjing akan diajak jalan-jalan dan kucing mendapatkan wadah toilet baru sementara mereka ditempatkan di kandang yang lebih besar.

Baca lebih lanjut mengenai hotel hewan (situs web Air France KLM CARGO) 