Bantuan khusus oleh KLM CARES

Apakah Anda membutuhkan bantuan khusus, di bandara atau di pesawat? Misalnya, apakah Anda bepergian dengan kursi roda atau dengan anjing bantuan, atau apakah Anda perlu membawa peralatan medis? KLM CARES ada untuk membantu Anda. Hubungi kami untuk bantuan khusus.

Cek apakah Anda perlu meminta bantuan khusus

Hubungi KLM CARES setidaknya 48 jam sebelum keberangkatan jika:
  • Anda perlu mempersiapkan bantuan di bandara saat naik, turun, dan/atau transfer pesawat, atau melewati bandara
  • Anda membawa (skuter) kursi roda (listrik) Anda sendiri di pesawat
  • Anda membawa peralatan medis khusus dalam bagasi jinjing atau bagasi check-in Anda, bahkan jika Anda tidak menggunakan peralatan tersebut di pesawat
  • Anda harus membawa anjing bantuan Anda ke dalam kabin
  • Kaki Anda harus tetap dalam posisi horizontal (menggunakan gips), karena alasan medis.

Mempersiapkan bantuan khusus tidak memungkinkan atau tidak perlu

  • Membawa kruk, alat bantu jalan, atau tongkat ke dalam pesawat tanpa biaya dan bisa dilakukan tanpa reservasi.
  • Kami tidak menawarkan bantuan khusus jika Anda takut terbang.

Persiapkan asisten keselamatan atau pendamping perjalanan Anda sendiri

  • Jika Anda bepergian sendiri dan memerlukan bantuan dalam keadaan darurat yang tidak menguntungkan, Anda perlu mempersiapkan seseorang yang dapat membantu, yang disebut 'asisten keselamatan'. Anda dapat mempersiapkannya sendiri atau meminta staf KLM di bandara untuk membantu Anda menemukan seseorang. Tanpa 'asisten keselamatan' yang membantu Anda selama penerbangan, Anda akan ditolak masuk ke dalam pesawat.
  • Jika Anda memerlukan bantuan dalam hal pemberian obat-obatan, menggunakan toilet atau saat makan, Anda perlu mempersiapkan pendamping perjalanan yang akan membantu Anda selama penerbangan.

Cara meminta bantuan khusus

Mintalah bantuan khusus setidaknya 48 jam sebelum keberangkatan:
  • Online: log in ke Perjalanan Saya
  • Melalui email: KLMCARES@KLM.com (dalam bahasa Inggris atau Belanda)
  • Melalui telepon: +800 556 22737 (+800 KLM CARES), di Belanda (bebas pulsa) di 0800 55622737 (antara jam 7.00 dan 22.00) atau di Amerika Serikat dan Kanada di +1 844 7977723.

Bantuan di bandara

Bandara Schiphol Amsterdam dan sebagian besar bandara lainnya memudahkan kebutuhan penumpang akan kursi roda. Di Bandara Schiphol, kursi roda tersedia untuk penumpang yang mengalami kesulitan berjalan. Jika ingin membawa kursi roda sendiri, Anda perlu menghubungi KLM CARES. Kami akan bertanya apakah Anda juga memerlukan bantuan di bandara, di pesawat, maupun keduanya. Setelah meminta bantuan, pastikan untuk tiba di bandara sebelum keberangkatan: setidaknya 30 menit sebelum waktu check-in, atau jika Anda membawa kursi roda listrik setidaknya 1 jam sebelum waktu check-in. Jika Anda berangkat dari Bandara Schiphol Amsterdam, kami ada di sana untuk membantu Anda lebih lanjut setelah melakukan check-in di meja check-in berikut ini:

  • Jika Anda bepergian di Kelas Ekonomi, Anda dapat check-in di meja check-in 8 (negara Schengen) atau di meja check-in 16 (negara non-Schengen).
  • Jika Anda bepergian di Kelas Bisnis, Anda dapat check-in di meja check-in 10 atau 11.

Bepergian dengan kursi roda

Bawa kursi roda Anda sendiri tanpa biaya dan lakukan reservasi setidaknya 48 jam sebelum keberangkatan. Kami akan melihat kemungkinannya dan segera membuat reservasi untuk Anda.

Apa jenis kursi roda yang Anda bawa?

  • Jika kursi roda manual Anda dapat dilipat atau dibongkar pasang, Anda bisa membawanya sebagai bagasi jinjing asalkan tidak melebihi dimensi maksimum 33x92x107 cm (13x36x42 inci).
  • Jenis kursi roda lainnya akan diangkut sebagai bagasi check-in. Setelah check-in, Anda bisa menggunakan salah satu kursi roda yang tersedia bagi Anda di bandara.

Ukuran dan berat maksimum kursi roda menurut jenis pesawat:

Jenis pesawatDimensi maksimum
(t x l x p)
Berat maksimum
Boeing 777, 747, 787, dan Airbus 330

152 x 139 x 149 cm /

59,5 x 54,5 x 58,5 inci

Tanpa berat maksimum
Boeing 737

112 x 113 x 85 cm /

44 x 44,5 x 33 inci

Tanpa berat maksimum
Embraer 175 dan 190

120 x 100 x 70 cm /

47 x 39 x 27,5 inci

150 kg / 331 lbs
Sudahkan Anda melakukan reservasi untuk bepergian dengan kursi roda Anda? Untuk check-in kursi roda listrik Anda, kami meminta Anda untuk hadir di bandara setidaknya 1 jam sebelum waktu check-in; untuk jenis kursi roda lainnya paling tidak 30 menit sebelum waktu check-in.


Fasilitas onboard

  • Kursi roda dalam pesawat yang dapat dilipat: tersedia di semua penerbangan KLM dan pesawat KLM Cityhopper.
  • Fasilitas toilet: toilet yang dapat diakses kursi roda tersedia pada semua pesawat KLM tipe Boeing 777, Boeing 787, dan Airbus A330. Pesawat Boeing 737, Boeing 747, dan Embraer 190 kami mempunyai tirai lipat untuk memperluas ruang toilet. Staf kami akan membantu Anda menuju dan kembali dari toilet. Sayang sekali, kami tidak dapat membantu Anda di area toilet.
  • Gagang toilet: toilet di dalam semua pesawat KLM dilengkapi dengan gagang toilet.
  • Sandaran tangan bergerak: dalam semua pesawat kami terdapat sejumlah lorong dan tempat duduk tengah yang mempunyai sandaran tangan bergerak, sehingga Anda bisa pindah lebih mudah ke kursi Anda. Jumlah dan lokasi tempat duduk dengan sandaran tangan lorong yang bergerak berbeda-beda tergantung jenis pesawatnya.
  • Solusi tempat duduk khusus seperti Perangkat Pemosisian Ortotik akan selalu ditinjau oleh departemen Standar & Kepatuhan Penerbangan kami untuk melihat apakah solusi tempat duduk tersebut mematuhi peraturan keselamatan penerbangan yang berlaku sebagaimana ditetapkan FAA. Jika tidak memenuhi, sayang sekali, tempat duduk khusus itu tidak dapat diterima di atas pesawat. Harap sampaikan permintaan Anda setidaknya 2 hari kerja sebelum keberangkatan dengan menghubungi KLM CARES.

Read the KLM CARES brochure 'Carefree travel'

Download the brochure

POC - Portable Oxygen Concentrator

Hanya POC yang dioperasikan dengan baterai atau POC yang dapat dioperasikan dengan baterai maupun dengan listrik yang diizinkan untuk digunakan di pesawat. Pastikan Anda telah memesan transportasi POC Anda sebelum keberangkatan.

Baterai untuk POC

Sayangnya, kami tidak dapat menjamin pasokan listrik di setiap tempat duduk penumpang di pesawat, sehingga Anda perlu membawa sendiri baterai yang terisi penuh. Berdasarkan estimasi masa pakai baterai dari produsen saat perangkat sedang digunakan dan informasi yang diberikan oleh dokter Anda, baterai harus bertahan setidaknya 150% dari durasi maksimum yang diperkirakan dari penerbangan. Baterai perlu disimpan di bawah tempat duduk Anda. Baterai cadangan hanya diizinkan untuk dibawa dalam bagasi jinjing, dan tidak boleh di dalam bagasi check-in.

Lihat pembatasan baterai litium.

Bepergian bersama anjing bantuan Anda

Jika membawa anjing bantuan ke atas pesawat, kami akan mengaturnya untuk Anda, tanpa biaya:

  • Untuk membawa Anjing Pembimbing ke dalam kabin, silakan unduh dan isi Formulir Permohonan Anjing Pembimbing dan kirim formulir yang sudah dilengkapi ke KLMCARES@KLM.com. Harap membawanya saat check-in di bandara.
  • Untuk membawa seekor anjing Pemberi Dukungan Emosional ke dalam kabin, harap selalu hubungi KLM CARES setidaknya 48 jam sebelum keberangkatan. Unduh dan isi Formulir Permohonan Anjing Pemberi Dukungan Emosional dan buatlah pernyataan yang ditandatangani oleh penyedia layanan kesehatan mental Anda. Silakan kirim formulir yang telah dilengkapi beserta pernyataan yang telah ditandatangani ke KLMCARES@KLM.com dan bawalah bersama Anda saat check-in di bandara.

Baca lebih lanjut tentang membawa anjing bantuan.

Formulir Informasi Kesehatan

Jika salah satu keterangan di bawah ini berlaku bagi Anda, harap berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum perjalanan. Dalam beberapa situasi, Anda atau agen perjalanan harus melengkapi Formulir Informasi Kesehatan A dan dokter Anda harus mengisi dan menandatangani Formulir Informasi Kesehatan B. Semuanya harus dikembalikan ke KLM paling tidak 48 jam sebelum keberangkatan.

  • Penumpang menderita penyakit menular.
  • Penumpang yang akan membutuhkan perawatan kesehatan atau akan bergantung pada peralatan medis tertentu selama penerbangan.
  • Penumpang yang memiliki kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan situasi yang mengancam kehidupan atau dapat mengharuskan ketersediaan perawatan medis khusus untuk keselamatannya selama penerbangan.
  • Penumpang yang tidak dapat menggunakan tempat duduk pesawat secara normal, posisi tegak.

Pertanyaan lainnya

Apakah Anda memiliki pertanyaan atau ada hal yang belum jelas? KLM CARES ada untuk membantu Anda. Anda dapat selalu menghubungi kami:

  • Melalui email: KLMCARES@KLM.com(dalam bahasa Inggris atau Belanda)
  • Melalui telepon: +800 556 22737 (+800 KLM CARES), di Belanda (tanpa biaya) di 0800 55622737 (7.00 - 22.00) atau di Amerika Serikat dan Kanada di +1 844 7977723.

Read the KLM CARES brochure 'Carefree travel'

Download the brochure

Lihat videonya jika Anda ingin tahu lebih jauh mengenai bantuan khusus saat keberangkatan  dan kedatangan serta transfer Anda  di Bandara Schiphol Amsterdam.