Bepergian bersama anjing bantuan Anda

Jika Anda membawa anjing pembimbing atau anjing pemberi dukungan emosional ke pesawat pada penerbangan KLM Anda, harap hubungi KLM CARES dan pastikan Anda mengisi formulir-formulir yang diperlukan.
 

Membawa anjing bantuan Anda

Jika Anda ingin bepergian bersama anjing bantuan Anda, kami akan mengaturkannya untuk Anda, tanpa biaya. Harap pastikan Anda menghubungi KLM CARES setidaknya 48 jam sebelum keberangkatan agar kami memiliki cukup waktu untuk mengaturkannya untuk Anda. Kami tidak mengizinkan hewan bantuan lain selain anjing.

Beberapa negara mungkin memiliki pembatasan tentang membawa hewan. Oleh karena itu, kami sarankan Anda mengambil tindakan pencegahan (seperti memiliki paspor hewan yang valid dan bukti vaksinasi).

Anjing pembimbing
Untuk membawa anjing pembimbing ke dalam kabin, silakan unduh dan isi formulir permohonan anjing pembimbing  dan kirim formulir yang sudah dilengkapi ke KLMCARES. Harap formulir dibawa saat Anda check-in di bandara.

Anjing pemberi dukungan emosional
Per 15 Maret 2019, membawa anjing pemberi dukungan emosional ke dalam kabin hanya diizinkan pada penerbangan langsung ke dan dari Amerika Serikat. Selain itu, setidaknya anjing pemberi dukungan emosional Anda harus berusia 4 bulan. Jika sudah menerima konfirmasi, Anda tetap dapat membawa anjing pemberi dukungan emosional Anda.

Harap unduh dan isi formulir permohonan untuk anjing pemberi dukungan emosional  dan siapkan pernyataan bertanda tangan dari penyedia perawatan kesehatan mental Anda yang menyatakan Anda wajib bepergian bersama anjing pemberi dukungan emosional Anda. Kirim formulir yang telah dilengkapi beserta pernyataan yang telah ditandatangani ke KLMCARES dan bawalah bersama Anda saat check-in di bandara.

Pernyataan bertanda tangan dari penyedia perawatan kesehatan mental Anda
Saat membawa anjing pemberi dukungan emosional, Anda wajib memiliki pernyataan bertanda tangan dari penyedia perawatan kesehatan mental yang diakui, yang menyatakan anjing tersebut wajib diajak sebagai pendamping perjalanan. Dokumentasi ini tidak boleh lebih lama dari 1 tahun dan harus menyertakan pernyataan bertanda tangan dari penyedia perawatan kesehatan mental yang diakui, yang merawat disabilitas mental atau emosional penumpang, yang menyatakan bahwa:

1. Penumpang menderita disabilitas yang berkaitan dengan kesehatan mental yang terdaftar di “Panduan Diagnosis dan Statistik Gangguan Mental (DSM IV)” (KLM tidak diizinkan menanyakan kepada Anda jenis disabilitas mental apa yang Anda derita).
2. Pendampingan anjing tersebut penting bagi kesehatan atau perawatan mental penumpang.
3. Pihak yang melakukan penilaian tentang penumpang adalah penyedia perawatan kesehatan mental yang diakui dan penumpang berada di bawah perawatan profesionalnya.
4. Tanggal dan tipe pendaftaran penyedia perawatan kesehatan yang diakui serta wilayah atau yurisdiksi lainnya tempat pendaftaran diterbitkan.
 

Di bandara

Untuk menerima boarding pass Anda, harap melapor ke meja check-in. Kami sarankan Anda tiba di bandara setidaknya 30 menit sebelum waktu kedatangan reguler yang disarankan di bandara.

Jika anjing Anda tidak bersikap baik di tempat umum, kami tidak akan menganggapnya sebagai anjing bantuan sekalipun ia berperan mendukung penumpang yang mengalami kesulitan fisik atau penting bagi kesehatan emosional penumpang. Dalam situasi ini, anjing Anda akan ditolak. Ketika ragu, staf KLM dapat meminta Anda untuk menyediakan informasi tambahan demi memastikan anjing Anda benar-benar anjing bantuan. Jika Anda tidak dapat memberikan penjelasan lisan yang logis, bukti tertulis tambahan mungkin akan diminta.

Jika segmen penerbangan dijadwalkan berdurasi 8 jam atau lebih, kami mungkin meminta dokumentasi bahwa anjing bantuan Anda tidak akan perlu bersekresi atau dapat bersekresi dalam cara yang tidak menimbulkan masalah kesehatan atau sanitasi di pesawat.

 

Selama penerbangan Anda

Penumpang yang bepergian bersama anjing bantuan dapat duduk di tempat duduk mana pun, kecuali anjingnya mengganggu lorong atau area lain yang harus senantiasa dikosongkan demi alasan keselamatan. Sepanjang penerbangan, anjing Anda wajib menggunakan tali kekang (mobil) dan harus diikat ke sabuk pengaman Anda.

Jika anjing bantuan tidak sesuai untuk lokasi yang ditentukan, Anda akan mendapat tempat duduk lain di kabin, di kelas perjalanan yang sama, di mana anjing Anda dapat duduk di bawah tempat duduk di depan penumpang atau tidak menimbulkan gangguan. Jika diperlukan, kami dapat meminta penumpang lain untuk pindah tempat duduk. Akan tetapi, kami tidak diwajibkan menawarkan ruang tambahan untuk anjing Anda selain ruang yang tersedia dari tempat duduk yang dipesan, menyediakan tempat duduk di kelas perjalanan yang berbeda dari yang telah Anda bayarkan, atau menolak penumpang lain di penerbangan. Jika di kabin tidak tersedia tempat duduk yang dapat mengakomodasi Anda dan anjing Anda tanpa menimbulkan gangguan, kami mungkin akan menawarkan opsi naik penerbangan berikutnya atau mengangkut anjing bantuan Anda di ruang bagasi.