Bantuan khusus selama perjalanan Anda

Apakah Anda membutuhkan bantuan khusus, di bandara atau di pesawat? Baca lebih lanjut tentang bagaimana Anda dapat menggunakan fasilitas dan layanan yang dirancang khusus serta bagaimana kami dapat membantu Anda dalam merencanakan dan memesan penerbangan Anda.
 

Meminta bantuan khusus

Pastikan Anda mengajukan permintaan bantuan khusus seawal mungkin dari penerbangan Anda, tetapi setidaknya 48 jam sebelum keberangkatan agar kami memiliki cukup waktu untuk mengaturkannya untuk Anda. Semakin banyak informasi yang kami miliki tentang kebutuhan khusus Anda, semakin baik kami dapat memenuhinya. Jika kami menerima permintaan Anda dalam tempo 48 jam sebelum keberangkatan, kami akan tetap berusaha sebaik mungkin untuk membantu Anda, tetapi kami tidak dapat menjamin mampu menyediakan bantuan yang Anda perlukan secara tepat waktu.

Ingin meminta bantuan khusus?

Hubungi KLM CARES

Meminta bantuan khusus diperlukan jika:

  • Anda butuh bantuan di bandara atau saat naik, turun, atau transfer pesawat
  • Anda membawa kursi roda (listrik) atau skuter Anda sendiri
  • Anda membawa peralatan medis khusus, sekalipun tidak menggunakannya di pesawat
  • Anda membawa anjing bantuan ke dalam kabin
  • Kaki Anda harus tetap dalam posisi horizontal (menggunakan gips), karena alasan medis
  • Anda butuh bantuan karena gangguan penglihatan atau pendengaran
  • Anda tidak dapat naik tangga atau sama sekali tidak dapat berjalan
  • Anda tidak dapat berjalan jarak jauh (misalnya antara area check-in dan pintu keberangkatan, antara pintu Anda dan ruang kedatangan, atau antar pintu gerbang pada saat transit)
  • Anda perlu menggunakan fasilitas medis di pesawat (misalnya oksigen medis)

Tidak memungkinkan atau tidak perlu meminta bantuan khusus

Persiapkan asisten keselamatan atau pendamping perjalanan Anda sendiri

  • Jika Anda bepergian tanpa pendamping dan tidak dapat melakukan evakuasi sendiri apabila terjadi keadaan darurat, Anda perlu menyiapkan asisten keselamatan yang dapat membantu Anda. Anda dapat mempersiapkannya sendiri atau meminta staf KLM di bandara untuk membantu Anda menemukan seseorang. Tanpa asisten keselamatan yang membantu Anda selama penerbangan, Anda akan ditolak masuk ke dalam pesawat.
  • Jika Anda butuh bantuan dalam hal pemberian obat-obatan, menggunakan toilet, atau makan, Anda perlu menyiapkan pendamping perjalanan pribadi untuk membantu Anda selama penerbangan. Dalam situasi-situasi ini, kami tidak menawarkan bantuan khusus.

Bantuan khusus melalui mitra maskapai penerbangan
Pada penerbangan yang dioperasikan oleh KLM, Anda dapat yakin bahwa seluruh layanan dan fasilitas perawatan khusus tersedia. Akan tetapi, beberapa penerbangan kami dioperasikan oleh mitra maskapai penerbangan. Pada penerbangan-penerbangan tersebut, tidak semua layanan dan fasilitas tersedia. Kami sarankan Anda menghubungi agen perjalanan Anda atau langsung hubungi maskapai penerbangan untuk memastikan fasilitas mana saja yang bisa Anda dapatkan.

 

Di bandara

Keberangkatan dari Bandara Schiphol Amsterdam
Jika Anda berangkat dari Bandara Schiphol Amsterdam, bantuan di bandara disediakan oleh Schiphol. Kursi roda dan bantuan tersedia bagi penumpang yang mengalami keterbatasan gerak di antara area parkir yang berbeda dan ruang keberangkatan. Bantuan ini dapat diminta dengan menghubungi Bandara Schiphol Amsterdam .

Jika Anda telah meminta bantuan, harap check in di meja check-in berikut:

  • Kelas Ekonomi: meja check-in 8 (negara Schengen) atau meja check-in 16 (negara non-Schengen)
  • Kelas Bisnis: meja check-in 10 atau 11

Setelah check-in dan bagasi drop-off, atau jika Anda sudah check in online sebelumnya, lanjutkan ke meja Bantuan di bandara yang terletak di ruang keberangkatan. Asisten Schiphol dengan senang hati akan membimbing Anda dari sana.

Harap pastikan Anda tiba di Bandara Schiphol Amsterdam setidaknya 30 menit sebelum waktu kedatangan reguler yang disarankan di bandara, atau 1 jam jika Anda membawa kursi roda listrik Anda sendiri. Apakah Anda melakukan transfer di Bandara Schiphol Amsterdam? Kami sangat menyarankan agar Anda merencanakan min. 90 menit waktu transfer di selang antara penerbangan Anda.

Lihat videonya untuk mempelajari lebih lanjut tentang bantuan khusus saat keberangkatan , kedatangan, dan transfer Anda  di Bandara Schiphol Amsterdam.

Layanan Medis Bandara  memberikan layanan bantuan medis di Bandara Schiphol Amsterdam. Mereka juga menyediakan layanan ambulans.

Ruang tunggu di Bandara Schiphol Amsterdam
Jika Anda berhak masuk ke ruang tunggu dan waktunya memungkinkan, kami dapat membantu Anda ke dan dari ruang tunggu. Ruang-ruang tunggu KLM kami di Bandara Schiphol Amsterdam dapat diakses oleh penumpang dengan keterbatasan gerak dan memiliki toilet yang diperlengkapi secara khusus untuk mengakomodasi kebutuhan khusus mereka. KLM Crown Lounges tidak diperlengkapi secara khusus dengan pancuran untuk penumpang dengan keterbatasan gerak.

Baca lebih lanjut tentang ruang tunggu dan kebijakan akses ke ruang tunggu kami

Keberangkatan dari bandara lain
Kami sarankan Anda menghubungi agen perjalanan Anda atau langsung hubungi bandara tersebut untuk memastikan fasilitas mana saja yang bisa Anda dapatkan.

 

Naik dan turun pesawat

Staf kami siap membantu Anda naik, turun, dan transfer pesawat jika Anda meminta layanan ini di muka dan mendaftarkan diri Anda di meja bantuan khusus. Untuk meningkatkan keselamatan dan alasan privasi, penumpang dengan keterbatasan gerak dapat menjadi yang pertama naik pesawat. Untuk alasan yang sama, penumpang tersebut diminta untuk menjadi yang terakhir turun dari pesawat pada saat kedatangan.

 

Selama penerbangan Anda

Awak kabin kami berkualifikasi tinggi dalam memastikan keselamatan dan kenyamanan penerbangan bagi seluruh penumpang kami. Anda dapat menyampaikan segala keinginan dan kebutuhan Anda kepada mereka selama penerbangan. Akan tetapi, awak kabin kami tidak diizinkan membantu Anda dalam hal kebersihan pribadi atau makan. Selain itu, mereka tidak diizinkan menjunjung/menggendong penumpang atau menyediakan layanan medis. Jika Anda butuh bantuan dalam hal pemberian obat-obatan, menggunakan toilet, atau makan, Anda perlu menyiapkan pendamping perjalanan pribadi untuk membantu Anda selama penerbangan.

Apakah Anda membutuhkan hidangan khusus karena diet kesehatan? Untuk penerbangan KLM antarbenua, Anda dapat memesan beragam hidangan khusus.

Baca lebih lanjut tentang hidangan khusus