Penumpang dengan kebutuhan medis khusus

Saat terbang, Anda mungkin memerlukan izin medis. Selain itu, pastikan Anda membawa resep dokter untuk seluruh obat-obatan dan peralatan medis yang Anda bawa.
 

Izin medis

Jika salah satu keterangan di bawah ini berlaku bagi Anda, harap berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum perjalanan. Dalam beberapa situasi, Anda atau agen perjalanan harus melengkapi formulir informasi kesehatan A dan dokter Anda harus mengisi dan menandatangani formulir informasi kesehatan B. Harap pastikan formulir-formulir ini Anda kirimkan kepada Layanan Medis Bandara setidaknya 48 jam sebelum keberangkatan agar kami memiliki cukup waktu untuk mengaturkannya untuk Anda.

  • Penumpang menderita penyakit menular.
  • Penumpang yang akan membutuhkan perawatan kesehatan atau akan bergantung pada peralatan medis tertentu selama penerbangan.
  • Penumpang yang memiliki kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan situasi yang mengancam nyawa atau dapat mengharuskan ketersediaan perawatan medis khusus untuk keselamatannya selama penerbangan.
  • Penumpang yang tidak dapat menggunakan tempat duduk pesawat secara normal, posisi tegak.
  • Penumpang yang menderita penyakit atau kondisi fisik yang menyebabkan perilaku tidak lazim yang dapat menimbulkan efek merugikan terhadap kesejahteraan dan kenyamanan penumpang lain/awak, atau yang dapat dipertimbangkan berpotensi membahayakan keselamatan atau ketepatan waktu penerbangan
  • Penumpang hamil dengan komplikasi yang diketahui.
  • Penumpang tanpa pendamping dengan disabilitas psikologis yang membutuhkan bantuan

Kartu Medis Frequent Traveller
Bagi penumpang berkondisi medis yang sering terbang, kami menggunakan FREMEC (Frequent Traveller Medical Card) untuk mencegah pengisian Formulir Informasi Kesehatan setiap kali Anda terbang. Kartu ini valid selama periode yang tertera pada kartu. Kartu FREMEC hanya tersedia jika Anda bepergian setidaknya dua kali per tahun. Memiliki kartu FREMEC memungkinkan kami mempertimbangkan kebutuhan Anda pada setiap kesempatan. Akan tetapi, Anda tetap wajib membuat reservasi setidaknya 48 jam di muka. Untuk informasi lainnya tentang FREMEC, harap hubungi KLM CARES.

 

Membawa obat-obatan dan peralatan medis di pesawat

Pastikan seluruh obat-obatan yang Anda perlukan selama penerbangan tersedia di dalam bagasi jinjing Anda. Peraturan tentang membawa cairan tidak berlaku untuk obat-obatan. Jangan pernah menyimpannya di bagasi check-in karena akan diangkut ke ruang bagasi pesawat dan selama penerbangan Anda tidak akan dapat mengambilnya. Untuk obat-obatan dan jarum suntik yang Anda miliki, harap membawa resep dokter yang ditulis dalam bahasa Inggris, untuk berjaga-jaga jika ditanyakan oleh petugas bea cukai atau keamanan.

Ruang kulkas di pesawat kami terbatas. Jadi, kami sarankan Anda membawa tas pendingin atau botol vakum sendiri. Akan tetapi, obat-obatan dalam wadah kecil dapat disimpan di kulkas pesawat.

Anda dapat membawa peralatan atau alat bantu medis tertentu di pesawat jika barang tersebut dapat disimpan di bawah tempat duduk atau diikatkan ke tempat duduk sebelah. Kami tidak dapat menjamin sumber daya listrik di pesawat. Oleh karena itu Anda perlu membawa baterai yang terisi penuh, dalam jumlah yang cukup, ke pesawat. Baterai-baterai Anda sebaiknya dapat bertahan setidaknya 150% dari durasi maksimum penerbangan Anda. Baterai-baterai tersebut juga wajib disimpan di bawah tempat duduk Anda.

Baca lebih lanjut mengenai pembatasan untuk membawa baterai (litium) bersama Anda ke dalam pesawat

 

Oksigen di pesawat

Pada semua penerbangan KLM, kami dapat menyediakan oksigen tambahan. Awak kabin kami akan membantu Anda menggunakan peralatan ini. Persediaan oksigen ini berfungsi terpisah dari cadangan oksigen yang digunakan pada situasi darurat. Menerima layanan ini dikenai biaya standar dan wajib diminta dengan menyerahkan Formulir Informasi Kesehatan setidaknya 48 jam sebelum keberangkatan.

Kami dapat mengatur persediaan oksigen sejumlah yang memang diperlukan oleh kondisi medis Anda (maksimum 5,2 liter per menit). Fasilitas ini hanya tersedia di pesawat. Jika Anda membutuhkan oksigen di bandara, KLM dapat menyediakannya untuk Anda di Bandara Schiphol Amsterdam, tetapi tidak di bandara lain.

Konsentrator Oksigen Portabel
Konsentrator Oksigen Portabel (Portable Oxygen Concentrator, POC) hanya boleh digunakan di pesawat jika dioperasikan dengan menggunakan baterai atau dengan menggunakan baterai sekaligus tenaga listrik. Harap memesan transportasi POC Anda jauh sebelum keberangkatan. Pastikan Anda menghubungi KLM CARES setidaknya 48 jam sebelum keberangkatan agar kami memiliki cukup waktu untuk mengaturkannya untuk Anda.

Sayangnya, kami tidak dapat menjamin pasokan listrik di setiap tempat duduk penumpang di pesawat sehingga Anda perlu membawa sendiri baterai POC yang terisi penuh. Baterai-baterai Anda sebaiknya dapat bertahan setidaknya 150% dari durasi maksimum penerbangan Anda. Baterai perlu disimpan di bawah tempat duduk Anda. Baterai cadangan hanya diizinkan untuk dibawa dalam bagasi jinjing, dan tidak boleh di dalam bagasi check-in.