Penumpang dengan keterbatasan gerak

Apakah Anda bepergian membawa kursi roda atau alat bantu jalan (listrik) pribadi, atau Anda perlu berbaring dalam posisi horizontal selama penerbangan Anda? Kami berkomitmen menyediakan perjalanan yang nyaman dan menyenangkan kepada semua penumpang dengan keterbatasan gerak.
 

Bepergian dengan kursi roda pribadi

Jika Anda ingin membawa kursi roda pribadi, kami akan mengangkutnya untuk Anda, tanpa biaya.

Apakah Anda membawa kursi roda listrik atau bertenaga baterai? Harap diingat bahwa pembatasan berlaku untuk membawa perangkat elektronik atau baterai. Harap hubungi KLM CARES agar kami dapat membantu menemukan solusi terbaik untuk Anda.

Kursi roda diperbolehkan di kabin
Kursi roda lipat atau yang dapat dibongkar manual diperbolehkan di kabin selama memenuhi persyaratan maksimum ukuran dan berat bagasi jinjing: maks. 55 x 35 x 25 cm (21,5 x 13,5 x 10 inci) dan maks. 12 kg (26 lbs). Untuk penerbangan ke dan dari Amerika Serikat, kursi roda ini diperbolehkan jika ukurannya tidak melebihi 33 x 92 x 107 cm (13 x 36 x 42 inci). Harap diperhatikan bahwa ruang untuk kursi roda di kabin terbatas. Jika ruang sudah tidak tersedia, kami tak akan dapat mengangkut kursi roda Anda di kabin.

Kursi roda sebagai bagasi check-in
Segala tipe kursi roda, baik yang manual maupun listrik, dapat diangkut sebagai bagasi check-in. Ajukan permintaan seawal mungkin dari penerbangan Anda, tetapi setidaknya 48 jam sebelum keberangkatan agar kami memiliki cukup waktu untuk membuat pengaturan bagi Anda. Jumlah kursi roda (listrik) yang dapat kami angkut terbatas dan mungkin bergantung pada ukuran pesawat.

Berikut ini batas ukuran dan berat kursi roda yang diangkut sebagai bagasi check-in per tipe pesawat:

Tipe pesawat

Dimensi maks. 
(p x l x t)

Berat maks.

Boeing 777, 747, 787, dan Airbus 330

152 x 139 x 149 cm /
59,5 x 54,5 x 58,5 inci

Tanpa berat maks.

Boeing 737

112 x 113 x 85 cm /
44 x 44,5 x 33 inci

Tanpa berat maks.

Embraer 175 dan 190

120 x 100 x 70 cm /
47 x 39 x 27,5 inci

150 kg / 331 lbs


Ukuran kursi roda Anda akan diperiksa di bandara. Semua kursi roda yang diangkut sebagai bagasi check-in hanya akan diletakkan secara tegak guna mencegah kerusakan dan menghindari kebocoran baterai selama penerbangan.

Baca lebih lanjut tentang membuat reservasi untuk mengangkut kursi roda Anda

 

Di bandara bersama kursi roda Anda

Tergantung pada tipe kursi roda yang Anda bawa, Anda dapat menggunakannya setelah check-in.

Kursi roda manual
Kami meminta Anda melakukan check-in untuk kursi roda manual Anda setidaknya 30 menit sebelum waktu kedatangan reguler yang disarankan di bandara. Kursi roda bandara tersedia di ruang keberangkatan.

Jika Anda ingin memakai kursi roda Anda sampai di pintu keberangkatan, harap menginformasikannya ketika Anda membuat reservasi. Kursi roda Anda akan dilabeli sebagai bagasi check-in pada saat check in, tetapi akan diangkut ke pesawat di pintu keberangkatan. Pastikan Anda berada di pintu keberangkatan pada waktu naik pesawat lebih awal yang diinformasikan kepada Anda oleh staf darat kami. Staf di pintu keberangkatan akan memastikan Anda dapat naik pesawat lebih awal, pada waktu yang Anda rasa nyaman.

Untuk transfer yang lebih singkat dengan waktu tunggu kurang dari 3 jam, tidak memungkinkan untuk menggunakan kursi roda check-in Anda di bandara. Dalam situasi tersebut, kursi roda Anda akan langsung diangkut ke pesawat selanjutnya di rencana perjalanan Anda. Jika Anda memiliki lebih dari 3 jam untuk transfer, kami akan pastikan kursi roda pribadi Anda siap di pintu, jika Anda meminta layanan ini setidaknya 48 jam di muka dan bandara tempat Anda transfer mengizinkannya.

Di beberapa bandara, kursi roda Anda dapat dikembalikan kepada Anda di pintu, pada saat kedatangan. Jika ini tidak memungkinkan, kursi roda Anda akan dibawa ke ruang kedatangan bersama kursi-kursi roda lain, baik yang manual maupun listrik, serta skuter, dan diletakkan di samping ban berjalan bagasi penerbangan Anda. Dalam situasi itu, kursi roda bandara siap mengantarkan Anda ke ban berjalan bagasi.

Kursi roda listrik atau bertenaga baterai
Apakah Anda membawa kursi roda listrik atau bertenaga baterai sendiri? Kursi-kursi roda ini wajib selalu diangkut sebagai bagasi check-in. Pastikan Anda tiba di bandara setidaknya 1 jam sebelum waktu kedatangan reguler yang disarankan di bandara.

Di bandara, kami tidak menyediakan bahan pembungkus apa pun untuk mengangkut kursi roda Anda. Untuk membantu kami mencegah kerusakan, kami meminta Anda mengangkut seluruh bagian yang dapat dilepas, seperti bantalan dan pijakan kaki, sebagai bagasi jinjing. Barang-barang ini akan dipertimbangkan sebagai bagasi jinjing tambahan yang diperbolehkan. Jika ini tidak memungkinkan, kami meminta Anda untuk merekatkannya ke kursi roda. Tergantung pada tipe kursi roda, kami mungkin juga akan meminta Anda melepas baterai atau kabel daya, lalu membalut terminal demi mencegah korsleting.

Setelah kursi roda di-check-in, Anda dapat menggunakan salah satu kursi roda yang kami siapkan untuk Anda di bandara. Jika Anda bergantung sepenuhnya pada kursi roda pribadi Anda, harap menghubungi KLM CARES agar kami dapat memeriksa, pengaturan tambahan mana yang dapat kami lakukan untuk Anda.

Kursi roda bandara
Di setiap bandara, kursi roda disediakan untuk digunakan di antara check-in dan pintu serta pada saat kedatangan. Berhubung kursi-kursi roda ini tidak cocok untuk digunakan secara manual oleh penumpang, staf atau pendamping perjalanan Anda wajib mendorongkannya untuk Anda. Jika angkutan di antara pintu dan tempat duduk Anda di pesawat dibutuhkan, tipe kursi roda yang lebih kecil akan digunakan.

Di Bandara Schiphol Amsterdam dan beberapa bandara lainnya, kereta listrik mungkin akan digunakan untuk mengangkut penumpang dengan keterbatasan gerak dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Akan tetapi, kami tidak dapat menjamin apakah yang akan digunakan adalah kereta listrik atau kursi roda manual.

Alat alternatif naik pesawat
Di sejumlah lokasi, tangga akan digunakan untuk naik atau meninggalkan pesawat. Jika Anda tidak dapat menaiki atau menuruni tangga dan telah menginformasikannya kepada kami di muka, kami akan menyediakan alat alternatif naik pesawat. Kami mungkin menggunakan truk yang dimodifikasi secara khusus untuk tujuan ini. Alternatif-alternatif ini mungkin bukan solusi yang paling mudah, tetapi percayalah bahwa kami berusaha sebaik mungkin agar keamanan, privasi, dan kenyamanan Anda terjamin.

 

Bepergian bersama alat bantu jalan

Alat bantu jalan Anda dapat di-check-in tanpa biaya. Jika Anda ingin membawa alat bantu jalan sampai di pintu keberangkatan, harap informasikan hal ini pada saat check-in. Alat bantu jalan Anda akan dilabeli sebagai bagasi check-in, tetapi tidak akan diangkut ke pesawat sampai setelah Anda tiba di pintu.

 

Fasilitas selama penerbangan Anda

Untuk penumpang dengan keterbatasan gerak, kami menyediakan fasilitas berikut di pesawat:

  • Kursi roda lipat tersedia di dalam semua pesawat KLM dan KLM Cityhopper. Kursi-kursi roda ini dirancang agar muat di lorong pesawat kami. Jangan sungkan meminta untuk menggunakan kursi roda ini, untuk mengantar Anda ke dan dari toilet. Meski awak kabin kami akan mendampingi Anda dalam menggunakan kursi roda ini, mereka tidak diizinkan untuk menjunjung atau menggendong Anda.
  • Toilet di dalam semua pesawat KLM dilengkapi dengan gagang toilet. Toilet yang dapat diakses kursi roda tersedia pada semua pesawat KLM tipe Boeing 777, Boeing 787, dan Airbus A330. Pesawat Boeing 737, Boeing 747, dan Embraer 190 kami mempunyai tirai lipat untuk memperluas ruang toilet. Awak kabin kami akan mendampingi Anda ke dan dari area toilet, tetapi mereka tidak diizinkan untuk mendampingi Anda di dalam area toilet. Jika Anda membutuhkan bantuan selagi menggunakan toilet, Anda perlu menyiapkan pendamping perjalanan pribadi untuk mendampingi Anda selama penerbangan.
  • Dalam semua pesawat kami terdapat sejumlah lorong dan tempat duduk tengah yang mempunyai sandaran tangan bergerak, sehingga Anda bisa pindah lebih mudah ke kursi Anda. Jumlah dan lokasi tempat duduk lorong yang mempunyai sandaran tangan bergerak dapat berbeda-beda di setiap tipe pesawat. Harap hubungi KLM CARES agar kami dapat menyimpankan tempat duduk yang paling sesuai untuk Anda.


Solusi tempat duduk khusus seperti perangkat pemosisian ortotik akan selalu ditinjau oleh departemen Standar & Kepatuhan Penerbangan kami untuk melihat apakah sudah memenuhi peraturan keselamatan penerbangan. Jika tidak memenuhi, sayang sekali, tempat duduk khusus itu tidak dapat diterima di atas pesawat. Harap pastikan Anda menghubungi KLM CARES setidaknya 48 jam sebelum keberangkatan agar kami memiliki cukup waktu untuk mengaturkannya untuk Anda.

 

Layanan tandu

Jika Anda perlu berbaring dalam posisi horizontal selama penerbangan karena alasan medis, Anda dapat memanfaatkan layanan tandu kami. Untuk layanan ini dikenai biaya tambahan. Dalam situasi yang sering terjadi, layanan ini akan dipesankan untuk Anda oleh organisasi yang sesuai, yang bertanggung jawab dalam mengaturkan angkutan Anda.

Di pesawat, Anda akan ditempatkan di bagian kabin yang terpisah supaya tidak terganggu oleh penumpang lain dan dapat bepergian dengan nyaman serta mendapat privasi. Akan tetapi, Anda akan perlu ditemani oleh seseorang yang dapat memberi Anda bantuan medis.

Untuk memesan layanan tandu kami, harap hubungi KLM CARES.