Bepergian ke dan dari Amerika Serikat

Bila Anda terbang ke atau dari Amerika Serikat, ketentuan khusus berlaku. Jika Visa tidak diwajibkan bagi Anda, Anda akan membutuhkan izin perjalanan ESTA.

Ketika memesan penerbangan Anda

‘Program Penerbangan Aman’ pemerintah Amerika Serikat mewajibkan semua maskapai penerbangan untuk mendaftarkan beberapa data pribadi pada saat Anda melakukan pemesanan penerbangan. ‘Data Penerbangan Aman’ ini mencakup jenis kelamin, tanggal kelahiran Anda serta nama depan dan nama keluarga Anda persis seperti yang tertera di paspor Anda.

Kami wajib menyerahkan informasi dari semua penumpang kami ini ke Administrasi Keamanan Transportasi Amerika Serikat (United States’ Transportation Security Administration atau TSA) setidaknya 72 jam sebelum keberangkatan. Jika Anda memesan penerbangan dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan, kami akan mengirimkan informasi ‘Penerbangan Aman' pada saat pemesanan.

TSA Pre Check

KLM berpartisipasi dalam program TSA Pre✓® (TSA Pre Check) Administrasi Keamanan Transportasi AS. Program ini dapat diakses bagi penumpang yang berangkat dari atau bepergian di dalam kawasan Amerika Serikat. Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan dari TSA Pre Check pada penerbangan lanjutan Anda di dalam kawasan Amerika Serikat, Anda harus selalu mencetak ulang boarding pass setibanya di bandara AS yang pertama.

Setelah Anda mengajukan permohonan dan disetujui untuk menjadi anggota program TSA Pre Check, logo TSA Pre Check atau teks "TSA PRE" akan muncul di boarding pass Anda. Anda masih harus menjalani pemeriksaan keamanan cepat di jalur TSA khusus, yang saat ini tersedia di 200 bandara AS. Namun, Anda tidak perlu melepas atau menyingkirkan sepatu, perangkat elektronik, cairan, ikat pinggang dan jaket tipis Anda.

Daftar dan baca lebih lanjut tentang TSA Pre✓®

Saat ini belum bisa memasukkan Nomor Identitas Pelancong TSA secara online. Silakan hubungi Pusat Layanan KLM untuk menambahkan nomor pada pemesanan Anda.

Advance Passenger Information

Jika Anda bepergian ke Amerika Serikat, kami wajib mengumpulkan berbagai data pribadi. Kami menyarankan agar Anda memberikan Advance Passenger Information (API) ini sedini mungkin:

  • kepada agen perjalanan Anda
  • melalui Perjalanan Saya
  • sewaktu check-in online, mulai dari 24 jam hingga 1 jam sebelum keberangkatan
  • di kios di bandara. Jika Anda berangkat dari bandara di mana check-in hanya dapat dilakukan di konter, staf kami akan mendaftarkan data tersebut dari paspor Anda.


Data API mencakup:

  • Nama keluarga dan nama depan
  • Tanggal kelahiran dan jenis kelamin
  • Nomor paspor
  • Negara yang mengeluarkan paspor
  • Tanggal kedaluwarsa paspor
  • Kewarganegaraan
  • Negara tempat tinggal
  • Alamat sementara tempat Anda akan menginap. Alamat ini harus mencakup nomor rumah, jalan, kota, singkatan negara bagian dan kode pos.


Izin perjalanan ESTA

Warga dari negara-negara yang berada di bawah Program Bepergian Tanpa Visa bisa terbang ke Amerika Serikat tanpa perlu mengajukan permohonan visa. Namun, mereka harus mengajukan permohonan izin perjalanan tambahan (ESTA). Tanpa izin perjalanan ESTA, mereka tidak akan diperbolehkan naik ke pesawat menuju Amerika Serikat.

Para penumpang dari semua negara harus memiliki izin perjalanan ESTA agar dapat melakukan check in online atau melalui kios di bandara untuk penerbangan ke Amerika Serikat.

Anda dapat mengajukan permohonan secara langsung, di situs resmi US Customs and Border Protection atau membiarkan mitra kami CIBT menangani semuanya untuk Anda dengan biaya tertentu.

Baca lebih lanjut tentang ESTA dan negara-negara dengan Program Bepergian Tanpa Visa

Bagasi ke/dari Amerika Serikat

  • Karena akan dilakukan inspeksi bagasi, Anda tidak diizinkan mengunci bagasi jinjing Anda kecuali dengan kunci yang disetujui TSA. Anda dapat membeli kunci ini pada banyak toko koper.